Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Oculus Rift VR: Serasa Berada di Dalam Game

Dalam dunia game teknologi 3D dimanfaatkan untuk membangun atmosfer bermain game yang lebih nyata. Beberapa judul game juga telah ada yang khusus dirancang untuk kompatibel dengan teknologi 3D namun tetap dibutuhkan layar dan kacamata khusus untuk menikmati efek 3D tersebut.

Kecanggihan teknologi 3D inilah yang mengilhami Palmer Luckey untuk merancang Oculus Rift, sebuah perangkat untuk menikmati efek 3D tanpa memerlukan layar dan kacamata khusus.

oculus rift 3

Lalu apa rahasianya? Oculus Rift dibuat dengan konsep virtual Reality (VR). Dengan menggunakan alat ini gamer akan diajak seolah-olah masuk ke dalam game. Anda bisa merasakan ketegangan dan keasyikan sesungguhnya saat berhadapan dengan musuh. Intinya pengalaman bermain game akan terasa lebih mantap dan nyata jika dibandingkan saat menggunakan layar monitor.

Sebenarnya ada beberapa produk di pasaran yang mirip seperti Oculus Rift, seperti Zeiss Cinemizer. Namun hanya Oculus Rift yang khusus dirancang untuk kebutuhan bermain game. Jadi tak heran jika teknologi yang diadopsinya sedikit berbeda dan lebih canggih. Di dalam Oculus Rift terdapat dua panel layar stereoscopic berukuran 7-inci. Kedua panel layar ini sanggup memproyeksikan gambar diagonal dengan sudut penglihatan yang luas yaitu 110?. Juga tersedia sensor yang berguna untuk mengikuti pergerakan kepala Anda. Sensornya ini akan menyesuaikan gambar yang diproyeksikan tanpa terjadi lag atau penurunan frame rate ketika game sedang berlangsung. Ini menjadikan Anda seolah-olah akan berada di dalam lingkungan game tersebut tanpa perlu khawatir untuk menggerakkan kepala Anda.

Jika penasaran ingin menikmati kecanggihan Oculus Rift, Anda perlu bersabar. Pasalnya, saat ini Oculus Rift belum diproduksi secara massal namun dapat dipesan untuk versi developer kitnya dengan harga US$ 300. Pada versi developer Kit ini, Oculus Rift akan dijual bersama dengan Oculus SDK yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan game produksi mereka agar dapat dimainkan dengan Oculus Rift. Untuk game yang telah kompatibel dengan Oculus Rift saat ini hanya Doom 3.

Artikel terkait

2 komentar

  1. wah, hebat.. Macam-macam ya sekarang.. hmm jadi pengen ngerasain nge Game dengan alat ini.. hohohohoh, ada gak ya di Tanah Air tercinta Ini…..

Back to top button