Review: Sony VAIO S-Series

Saat ini laptop merupakan alat yang paling dibutuhkan bagi mereka yang sering bermobilitas untuk bekerja. Laptop tersedia dalam berbagai macam ukuran dengan berbagai spesifikasi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Untuk membantu Anda dalam memilih laptop, kami mengulas sebuah laptop cantik dari pabrikan Sony yang termasuk dalam jajaran S-Series.

Konsep & Desain

svg%3E

Ringan, stylish dan sangat fashionable itulah kesan saya pertama kali melakukan unboxing pada laptop ini. Seluruh bodynya hadir dalam balutan warna coklat bronze yang elegan dipadukan dengan cover berwarna coklat tua berlogo Sony VAIO.

svg%3E
svg%3E

Sony Vaio VPC-SA26GG hadir dengan layar LCD dengan LED backlight berukuran 13,3 inci yang memiliki resolusi 1600×900 pixel. Tampilannya ini juga didukung teknologi VAIO Display Plus untuk menghasilkan gambar dengan tingkat kontras yang baik. Pada bagian atas layarnya ini, Anda akan menemukan sebuah webcam yang dapat digunakan untuk video chat.

svg%3E

svg%3E

Bagian dalam laptop ini dilapisi dengan permukaan bertesktur dan membuatnya tidak akan mudah kotor akibat bercak jari tangan. Keyboardnya telah mengusung keyboard bergaya chicklet, dengan desain tombol-tombol yang cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Pada bagian trackpad diwarnai dengan pola yang sama dengan tombol trackpad yang dilapisi warna alumunium bronze yang mengkilap.

svg%3E

svg%3E

Dengan body yang lumayan langsing, pada bagian samping kirinya Anda akan menemukan sebuah port jack 3.5mm dan Optical Disc Drive bertipe DVD SuperMulti Drive yang dapat digunakan untuk membakar data-data Anda atau dapat juga digunakan sebagai pembaca file multimedia yang berasal dari media CD atau DVD.

svg%3E

svg%3E

Bagian kanan Anda akan menemukan beberapa port seperti port mini-Dsub, HDMI, 2xport USB 2.0 , 1 port USB 3.0, port RJ-45, port adapter, slot memori SD card, Slot Memory Stick dan satu port Extend baterai connector

svg%3E

Bagian depan terdapat indikator untuk koneksi wireless, baterai dan penanda peringatan saat baterai sedang diisi

[tab:Fitur]

svg%3E

svg%3E

Sony Vaio VPC-SA26GG mungkin saja hadir dengan spesifikasi yang mungkin dapat Anda temukan pada laptop dari produsen lain di kelasnya, namun tetap ada beberapa fitur istimewa yang telah Sony sertakan pada laptop cantik ini. Beberapa fitur menarik yang dapat Anda temui pada laptop ini misalnya, fitur pengaturan performa dengan opsi Stamina atau Speed. Fitur ini merupakan bagian dari teknologi Dynamic Hybrid Graphics System dari Sony. Dynamic Hybrid Graphics System merupakan suatu teknologi dimana penggunaan kartu grafis eksternal dan kartu grafis onboard dapat dikendalikan sesuai dengan kebutuhan penguna.

Mode ini dapat Anda akses dengan mudah melalui tombol shortcut yang berada pada bagian atas keyboard. Untuk menggunakannya sehari-hari saat bermobiltas dapat saya sarankan Anda menggunakannya pada mode stamina karena memang pada mode ini baterai akan menjadi lebih hemat karena kartu grafis eksternal tidak akan berkerja pada mode ini.

svg%3E

Untuk mempermudah Anda terhubung ke dunia maya, Sony juga telah menyediakan tombol Web yang dapat digunakan ketika Anda ingin menjelajah Internet. Tersedia juga tombol shortcut Vaio yang dapat digunakan untuk mengakses Vaio gate. Ini merupakan fitur yang terdiri dari beberapa shortcut yang dapat memudahkan untuk mengoperasikan laptop ini. Vaio Gate dapat diakses dengan menekan tombol Vaio diatas keyboard atau dengan cara mengarahkan pointer mouse ke atas layar laptop dan seketika akan muncul tampilan dock icon dengan efek animasi yang menarik. Vaio Gate terdiri dari beberapa fitur misalnya VAIO Care, Media Gallery, panduan umum menggunakan laptop VAIO, shortcut Internet Explore, shortcut untuk webcam dan fitur PMB VAIO edition yang dapat digunakan untuk memudahkan Anda melakukan pencarian dan penyuntingan foto.

svg%3E
svg%3E

Bagi yang ingin berbagi koneksi dengan teman-teman atau perangkat lain, dapat melakukannya melalui koneksi Ad-hoc. Tersedia juga Fitur Intel MyWifi technology yang akan membnatu Anda membuat koneksi ad-hoc menjadi lebih mudah. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini melalui taskbar windows di pojok kanan bawah monitor, Anda langsung dapat berbagi internet dengan teman-teman.

Performa

Sony Vaio VPC-SA26GG hadir dengan spesifikasi yang tergolong mumpuni untuk sebuah laptop multimedia. Dengan mengandalkan prosesor Intel generasi kedua Intel Core i7-2620M 2.70 GHz dan memori SDRAM DDR3 sebesar 8GB, Sony Vaio VPC-SA26GG terbukti mampu memberikan performa yang baik untuk berkerja, menonton file multimedia dalam format HD atau memainkan game yang membutuhkan kinerja grafis ekstra. Ini cukup menarik, mengingat laptop ini bukanlah dirancang khusus sebagai laptop gaming.

Satu hal yang membuat laptop ini menarik adalah kecepatan startup-nya yang membuat saya terkesan. Sony Vaio VPC-SA26GG memilki kecepatan booting startup yang tergolong cepat dibandingkan dengan laptop lain di kelasnya yaitu sekitar 25 detik. Semua itu tidak lepas dari penggunaan ruang penyimpanan bertipe SSD yang memiliki kecepatan pemrosesan data lebih cepat dari hardisk pada umumnya. Sony sendiri memasukkan 4 modul SSD berukuran 64GB, sehingga Anda mendapatkan total kapasitas penyimpanan 256GB.

Untuk melihat lebih jauh performa dari laptop ini, Anda dapat melihat hasil benchmark Sony Vaio VPC-SA26GG yang dilakukan pada dua mode yang berbeda yaitu pada mode speed dan mode stamina. Hasil test benchmark menggunakan Cinebench yaitu sebagai berikut:

svg%3E
Hasil benchmark pada mode stamina dengan Intel HD Graphics

 

svg%3E
Hasil benchmark pada mode speed dengan AMD Radeon 6630M

Dalam hal performa rendering, pada mode speed dapat terlihat performa rendering gambar menggunakan kartu grafis AMD Radeon HD6630M menjadi lebih meningkat. Hal tersebut membuat laptop ini masih dapat diandalkan untuk bermain game, meski pada saat saya coba untuk bermain game Crysis 2 harus puas bermain pada setting minimum untuk mendapatkan gameplay yang baik.

Daya tahan baterai dari mode stamina jika digunakan hanya untuk sekedar browsing sambil menjalankan aplikasi yang ringan seperti word untuk mengetik dapat digunakan sekitar 4 jam. Namun apabila Anda mengunakannya pada mode speed untuk bermain game atau menonton file multimedia beresolusi full HD, daya tahan baterainya menjadi jauh berkurang.

Kesimpulan & Spesifikasi

Sony Vaio VPC-SA26GG hadir sebagai laptop multimedia dalam kemasan yang cantik dan elegan. Memang harga yang dibanderol terhitung relatif mahal meski tampilan dan performa yang ditawarkan sangat menjanjikan. Daya tahan baterai, kinerja prosesor Intel Core i7-2620M 2.70 GHz yang ditunjang dengan memori RAM sebesar 8GB membuatnya memiliki performa yang sangat baik dalam hal multitasking serta menangani aplikasi yang membutuhkan kinerja memori ekstra. Tersedianya fitur performa dan speed yang dapat dipindahkan dengan cukup mudah membuatnya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Perlu diingat, Sony VAIO VPC-SA26GG yang kami ulas ini merupakan salah satu tipe yang paling teratas. Bagi yang memiliki dana pas-pasan tapi telanjur jatuh cinta pada desainnya, dapat memilih Sony VAIO S-Series dengan spesifikasi lebih rendah (prosesor lebih lambat, menggunakan hard-disk sebagai ganti SSD) yang harganya jauh lebih terjangkau. Jadi, pastikan tipe yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet Anda. Selamat memilih!

Spesifikasi
Prosesor: Intel? Core™ i7-2620M Processor 2.70 GHz with Turbo Boost up to 3.40 GHz
Sistem operasi: Genuine Windows? 7 Professional 64-bit
Display: 13.3 inch wide (WXGA++: 1600×900) TFT colour display (VAIO Display Plus, LED backlight)
Fitur: Performance Switch: Dynamic Hybrid Graphics System for STAMINA mode dan SPEED mode
Ruang penyimpanan: SSD in RAID 0: (256 GB (64 GB x 4; Serial ATA))

Verified by MonsterInsights