Quantcast
Audio VideoMobile GadgetReview

Review: Samsung Galaxy S 5.0 WiFi

Menuju kuartal keempat tahun 2011, Samsung telah tercatat merilis beberapa produk unggulan guna memenuhi kebutuhan para pecinta gadget bersistem operasi Android di tanah air. Jika sebelumnya Samsung hanya memiliki satu gadget berbasis Android di luar tablet PC yang tidak memiliki fungsi telefoni, kini ada dua lagi produk non smartphone yang berbasis Android, yaitu Samsung Galaxy S WiFi.

Konsep dan Desain

MG 1713

Samsung Galaxy S WiFi tersedia dalam dua ukuran yaitu 4-inci dan 5-inci yang dihadirkan dengan spesifikasi yang sama dengan perbedaan pada ukuran dan teknologi layar. Jika pada Samsung Galaxy S Wifi 4-inci menggunakan layar berteknologi SLCD, pada yang 5-inci menggunakan layar berteknologi WVGA dengan tingkat kerapatan 800×480 pixel. Dan yang kami ulas kali ini adalah Samsung Galaxy S Wi-Fi dengan layar 5 inci.

package

Dalam paket penjualannya Anda akan mendapatkan satu unit Samsung Galaxy S, sebuah charger, kabel micro USB, Headphone bermodel in-ear, dan sebuah buku manual berbahasa Indonesia.

Dari segi desain, perangkat ini memang menyerupai ponsel Samsung Galaxy S, hanya saja hadir dengan body yang lebih besar dan fungsi telepon yang ditiadakan.

front

Bagian depannya terdiri dari sebuah layar WVGA berukuran 5-inci yang dilengkapi dengan 1 tombol fisik di bagian tengah dan 2 tombol sentuh untuk bernavigasi serta tidak lupa sebuah kamera sekunder beresolusi VGA.

MG 1726

Bagian atasnya terdapat sebuah slot microSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanannya hingga 32GB.

MG 1734

Di bagian kiri tidak terdapat tombol apapun dan bagian kanan terdapat tombol power dan tombol pengaturan volume suara.

MG 1728

Bagian bawah terdapat port microUSB, mic, dan port jack 3.5mm.

MG 1736

Bagian belakangnya tersedia sebuah kamera 3.2 megapixel yang dilengkapi dengan sebuah flash.

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy S 5.0 WiFi mengandalkan sistem operasi Android 2.2.2 Froyo lengkap dengan interface Samsung Touchwiz UI yang menjadi andalan Samsung di setiap perangkat Android keluarannya. Tersedia berbagai aplikasi unggulan yang dibenamkan Samsung pada perangkat ini, salah satunya adalah AllShare. Fasilitas ini dapat digunakan untuk terhubung dan berbagi file ke seluruh perangkat Samsung lain seperti Galaxy Tab hingga ke Smart TV Samsung yang memiliki fitur AllShare yang sama. Sebagai sebuah media player perangkat ini telah mendukung berbagai jenis file-file multimedia yang membuatnya unggul dari perangkat media player yang lain. Dan berkat sistem operasi Android yang diusungnya tersebut Anda juga dapat menjejalinya dengan berbagai apllikasi Android yang menarik dari games, hingga aplikasi yang dapat mempermudah Anda untuk berkerja seperti Docs2go dan PDF Reader serta aplikasi GMAIL, GTALK dan Skype yang dapat digunakan untuk mengecek email dan melakukan chatting dengan teman Anda.

Untuk melihat performa Galaxy S 5.0 WiFi, bisa dicermati dari uji test benchmark yang dilakukan menggunakan aplikasi benchmark seperti Quardant Standard atau CF-Bench. Untuk kali ini, saya melakukan uji coba benchmark menggunakan aplikasi Quardant Standard dengan hasil sebagai berikut.

benchmark test

Multimedia dan Baterai

Gaming dan Multitasking:

gameplay

Performa gaming dari Samsung galaxy S 5.0 WiFi dapat dikatakan sangat baik. Untuk bermain game seperti Angry Birds, dan aplikasi game yang membutuhkan performa grafis yang lebih berat seperti game Asphalt 5, perangkat ini masih dapat menjalankannya dengan sempurna tanpa terasa adanya lag. Dari segi multitasking, membuka banyak program secara bersamaan memang terkadang dapat membuat perangkat Anda menjadi terbebani. Akibatnya aplikasi yang sedang Anda jalankan akan terasa lag, namun dengan Samsung Galaxy S Wifi hal tersebut dapat di tangani dengan cukup baik karena walaupun pada saat uji coba saya membuka beberapa aplikasi secara sekaligus, perangkat ini masih dapat berjalan dengan cukup sempurna.

Audio dan Video:

auvi

Dukungan file multimedia yang banyak, menjadi point plus tersendiri bagi perangkat ini. Anda dapat memainkan file video berformat mkv, avi, mp4, 3gp, wmv, asf dan flv. Sedangkan pilihan audionya mulai dari MP3, WMA, Ogg, AAC, WAV dan FLAC.

Untuk uji coba video, Saya mencoba memainkan file .mkv dengan format 720p. Secara keseluruhan, perangkat ini dapat menayangkan film HD dengan cukup baik. Gambar yang ditampilkan sangat baik dengan tingkat kontras warna yang sempurna. Jika Anda menggunakannya untuk menonton sambil menggunakan headphone, tersedia opsi efek pengaturan suara yang dapat Anda pilih untuk menghasilkan tata suara yang lebih baik saat menonton film.

Pengujian kualitas audio dilakukan menggunakan file audio berformat .mp3 dan menggunakan in-ear headphone standard Samsung dengan earbud bertipe paling kecil pada posisi EQ normal.

File MP3 yang digunakan adalah koleksi lagu Jazz dari Sierra Sutedjo dan Album Dear Agony dari band bernuansa rock Breaking Benjamin dengan kualitas bitrate 320kbps. Pada lagu-lagu bernuansa jazz, saya cukup terkesan dengan suara yang dihasilkan dari in-ear headphone bawaannya ini. Pada track pertama lagu Sierra yang berjudul The Only One, kombinasi kualitas Audio dan In-ear Headphonenya dapat menyajikan komposisi suara yang sangat baik dari segi staging, vocal ataupun instrumen pengiringnya. Suara vocal Sierra yang agak tipis pada nada-nada tinggi dapat terdengar sangat jelas, tidak menyakitkan telinga dan terasa seolah berada di depan dengan musik-musik pengiring pada bagian belakang. Pada track lagu berjudul Save The last dance dengan beat yang tergolong cepat, Samsung Galaxy S 5.0 Wifi masih dapat menunjukkan performa yang memukau. Suara bass yang dihasilkan in-ear headphone bawaan Samsung ini dapat menyajikan nada rendah yang cukup “nendang” serta dapat mengimbangi instrumen lainnya seperti petikan gitar, suara piano, gebukan drum dan tidak menutupi suara vokal dari Sierra.

Pada lagu bernuansa rock dari Breaking Benjamin, saya mencoba lagu I Will Not Bow. Pada bagian intro lagu ini Anda akan disambut dengan suara distorsi gitar, namun sekali lagi perangkat ini dapat menyajikan suara distorsi gitar yang terdengar sangat nyaman di telinga dan tidak menyakitkan. Sepanjang lagu ini, dapat saya katakan walaupun penuh dengan teriakan-teriakan bernada tinggi dari sang vokalis serta alunan suara distorsi efek gitar dan gebukan drum yang sangat cepat, Samsung Galaxy S 5-inci dapat menyajikan suara yang sangat jelas, baik dari segi vokal maupun seluruh instrumen pengiringnya.

Kelebihan Samsung Galaxy S 5.0 WiFi di bidang audio diperkuat dengan adanya fitur EQ yang dapat diatur-atur. Selain itu juga ada fitur audio lain yang dinamakan Soundalive yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa suara perangkat ini. Fitur SoundAlive dapat dikatakan sebagai preset EQ yang dapat dipilih karena memang tersedia berbagai opsi pada fitur ini seperti Auto, normal, vocal, instrument, tweeter, big bass, cafe, concert dan opsi custom user 1 dan user 2.

Pengaturan custom dapat diskotumisasi sesuai dengan keinginan Anda. Uji coba kostumisasi yang saya lakukan terbukti dapat meningkatkan performa suara baik dari segi vocal, staging, maupun separasi instrumen alat musik menjadi jauh lebih baik dan dapat disesuaikan dengan karakter musik yang sedang didengarkan.

Performa kamera

MG 1735

Meski hanya dibekali dengan kamera beresolusi 3.2 megapixel, namun hasil foto yang dihasilkan lensa kamera ini sudah tergolong baik. Walau dalam kondisi pemotretan tertentu Anda akan mendapatkan hasil foto dengan tingkat kontras warna yang kurang akurat, namun Anda tidak perlu khawatir sebab sudah banyak tersedia aplikasi foto pada Android Market yang dapat digunakan untuk mengolah hasil foto atau aplikasi fotografi lain yang dapat digunakan untuk membuat kegiatan fotografi Anda lebih menyenangkan. Hasil foto dapat Anda lihat pada bagian Hasil Foto.


Performa Baterai

Dari Segi baterai, dapat dikatakan perangkat ini memiliki baterai yang tergolong tangguh. Dengan baterai Li-Polymer berkapasitas 2,500mAh perangkat ini dapat digunakan dengan lebih lama dibandingkan dengan perangkat lain. Pada saat terhubung ke koneksi wifi selama seharian pada saat review, menonton film dan mendengarkan musik, perangkat ini baru saya isi ulang pada siang hari keesokan harinya.

[tab:Hasil Foto dan Kesimpulan]

Berikut hasil foto yang diambil menggunakan Samsung Galaxy S 5.0 Wi-Fi. Foto dalam ukuran resize dan tidak melalui proses editing.

2011 09 05 18.50.482011 09 16 19.55.122011 09 16 19.56.452011 09 26 16.03.292011 09 26 16.04.192011 09 26 16.06.02

review samsung Galaxy S 5.0 Wifi

Kesimpulan

Dukungan file multimedia yang lengkap, penggunaan OS Android dan ukuran body yang relatif ideal membuat perangkat ini sangat cocok untuk diajak bermobilitas. Walaupun layarnya hanya sebatas berkualitas WVGA, namun gambar yang disajikan tetap patut mendapat pujian. Daya tahan baterai yang tangguh, performa gaming, multitasking serta kualitas audio dan videonya layak diacungi jempol. Dari kedua jenis musik yang berbeda pada saat pengujian dan banyaknya instrumen pengiring yang mewarnai kedua jenis musik tersebut, dapat disimpulkan performa audio dan In-Ear headphone standardnya dapat diandalkan untuk segala jenis musik. Terutama apabila Anda adalah seorang penikmat musik dengan kualitas rekaman Audiophile, Samsung Galaxy S Wifi 5.0 tentu juga dapat dijadikan pilihan karena sanggup digunakan untuk memutar file audio loseless seperti .Flac.

Dengan harga jual Rp 2.99 Juta (sudah termasuk modem MiFi serta paket Internet dari Smartfren), Samsung Galaxy S 5.0 WiFi patut dimiliki jika Anda sedang mencari sebuah perangkat multimedia portabel dengan kemampuan yang nyaris menyamai sebuah Tablet PC, tapi ukuran yang lebih mungil. Jika 5 inci masih terlalu besar, Anda bisa memilih Samsung Galaxy S 4.0 yang lebih kecil dan sedikit lebih murah, yaitu di kisaran Rp 2,499 juta.

Spesifikasi

Ukuran: 141.3 x 78.2 x 11.9 mm

Layar : LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Resolusi dan ukuran layar: 480 x 800 pixels, 5.0 inches (~187 ppi pixel density)

Koneksi: WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 + HS, USB 2.0 (micro USB)

Kamera: (utama) 3.15 MP, 2048×1536 pixels, autofocus, LED flash, (depan) VGA.

OS Android OS, v2.2 (Froyo)

CPU 1 GHz

Messaging Email, Push Mail, IM

Browser HTML

Radio Stereo FM radio dengan RDS

GPS dengan dukungan A-GPS

Java via Java MIDP emulator

Fitur lain:

– TouchWiz UI
– Multi-touch input method
– Accelerometer sensor for UI auto-rotate
– Optical trackpad
– Touch-sensitive controls
– Speaker stereo dengan jack 3.5mm

– SNS integration
– Digital compass
– 8h video playback
– MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
– Organizer
– Image/video editor
– ThinkFree document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
– Adobe Flash 10.1 support
– Voice memo
– Predictive text input (Swype)

Baterai: Li-Ion 2500 mAh

 

Artikel terkait

2 komentar

  1. cara internetnya bgm?? bisa pakai modem biasa di connect langsung ke gadgetnya. apa harus pakai wifii aja??

Back to top button