Kelas Hijau Esia-Baca Bercerita: Demi Meningkatkan Kegemaran Membaca Pada Anak

svg%3E

Bakrie Telecom lewat Kelas Hijau Esia kembali menggelar program CSR atau Corporate Social Responsibility mereka. Kali ini dengan tajuk Baca Bercerita, operator CDMA tersebut berupaya untuk menumbuhkan dan menggairahkan minat baca, khususnya bagi generasi muda, dengan cara mendorong para orang tua untuk bercerita atau mendongeng pada anak-anak mereka. Menggandeng komunitas Reading Bugs, Bakrie Telecom telah menggelar worskshop ‘Read Aloud’ di 5 kota di Indonesia.

Dijelaskan Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services Bakrie Telecom pada acara peluncuran program ini di Jakarta beberapa waktu lalu, hasil survey mengatakan bahwa hanya 2 sampai 3 persen saja penduduk Indonesia yang gemar membaca karena mereka pada umumnya lebih suka mendengar. Sejauh ini, workshop Read Aloud sudah digelar di Surabaya, Malang, Semarang, Jogja, dan Bandung dengan total 500 guru telah diajak untuk berpartisipasi. Diharapkan, jika 1 guru bisa menggerakkan minat baca pada 5 murid saja, maka akan ada 2.500 murid yang bisa ditumbuhkan minat bacanya.

svg%3E
svg%3E
Rakhmat Junaidi

Dari hasil kampanye Read Aloud tersebut, Bakrie Telecom berhasil menerbitkan buku berjudul Read Alound Magic karya Susan Frankenberg yang telah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia. Sejauh ini sudah hampir 3000 eksemplar buku telah dibagikan gratis kepada para guru dan orang tua.

“Melalui sebuah kampanye BacaBercerita ini, kami berharap dapat menjadi sumbangsih kecil bagi masyarakat agar tumbuh minat membaca dan meluasnya pengetahuan anak Indonesia,” tutup Juanedi.