Quantcast
AndroidAplikasi

Update Google Docs untuk Android: Semakin Mudah Menyisipkan Gambar

Jika Anda mengambil foto di smartphone atau tablet Android, lalu ingin memasukkannya ke dalam dokumen, bagaimana biasanya Anda melakukannya? Biasanya proses tersebut melibatkan beberapa langkah, tetapi Aplikasi Google Docs untuk Android sekarang telah di-update dengan fitur yang akan memudahkan Anda menyelesaikan persoalan di atas, selain berbagai fungsi lainnya.

Pertama adalah pada widget Google Docs menyediakan fungsi kamera. Tap tombol kamera di widget akan membuka aplikasi kamera sehingga Anda dapat langsung mengambil gambar. Kemudian Anda akan melihat pilihan Upload Foto ke Documents di mana Anda dapat memberikan judul untuk gambar tersebut. Kemudian pilih salah satu dari tiga pilihan konversi: mengunggah tanpa konversi, mengonversi ke dokumen atau mengirimnya ke clipboard web. Pilihan ketiga akan mengirim foto ke clipboard-nya Google. Selanjutnya, buka sebuah dokumen Google Docs pada PC Anda, klik tombol paste pada toolbar, dan Anda akan melihat menu drop-down yang mencakup nama dari foto yang Anda unggah ke clipboard. Klik foto tersebut untuk memasukkannya ke dalam dokumen.

godoc

Fitur baru lainnya dalam Google Docs adalah kemampuan untuk mengirimkan salinan dari setiap dokumen Anda menggunakan fungsi berbagi yang terdapat pada Android. Anda dapat menggunakan fungsi baru yakni mengirim Dokumen Google sebagai lampiran e-mail dalam versi PDF, meskipun fungsi kirim tidak menambahkan ekstensi PDF ke file. Namun yang pasti Google Docs tetap bisa Anda dapatkan dengan gratis di Market.

Back to top button