Review: Samsung Galaxy Mini

Samsung Galaxy Mini merupakan produk andalan Samsung untuk menembus kelas entry level pasar smartphone berbasis Android. Dengan harga di kisaran 1.6 juta rupiah, memang ini merupakan salah satu pilihan perangkat Android murah yang bukan buatan Cina. Jika asal negara bukan masalah, memang Android entry level buatan Cina tetap yang termurah, misalnya Nexian Journey yang secara spesifikasi bahkan lebih tinggi ketimbang Galaxy Mini, hanya saja minat terhadap smartphone ini sangat besar sehingga relatif sulit dicari di pasaran.

Sebenarnya ada perangkat Android lain di kisaran harga yang sama, yaitu LG Optimus ME, harga resminya adalah 1.55 juta rupiah. Saat promosi tanggal 26-27 Maret 2011, LG Optimus ME ini dibandrol hanya 999 ribu rupiah, mirip seperti Nexian Journey, namun hanya untuk 200 pembeli pertama.

Konsep & Desain

samsung galaxy mini: box

Seperti umumnya kotak smartphone saat ini, kotaknya kecil saja ukurannya.

Samsung Galaxy Mini: isi

Isinya juga minimalis:

  1. Handset
  2. MicroSD 2 GB dengan adapter ke SD
  3. 3 buah leaflet: quick start guide, petunjuk penggunaan, dan daftar tempat servis resmi
  4. 2 keping mini CD berisi aplikasi KIES
  5. Charger
  6. Handsfree

Hal yang menarik perhatian saya adalah tidak diberikannya kabel micro USB, membuat aplikasi KIES ini seperti percuma saja dipaketkan.

bentuk kecil

Bentuknya yang lumayan mungil membuatnya mudah digenggam oleh tangan. Layarnya berukuran 3.14″ diagonal, dengan resolusi QVGA alias 320 x 240, resolusi yang sama dengan Sony Ericsson X10 Mini Pro. Ada 3 tombol yang ada di bawah layar: menu, home dan back.

belakang bawah

Di bagian bawahnya terlihat lubang mikrofon, dan di belakangnya terlihat lubang loudspeaker. Suara yang dihasilkan dari loudspeaker ini lumayan juga, hanya sedikit di bawah kualitas suara Sony Ericsson X10 Mini Pro.

atas depan

Di bagian atas seperti biasa adalah lokasi speaker telinga, lalu colokan standar 3.5 mm untuk handsfree/headset, serta colokan micro USB dengan penutupnya.

kiri depan

Di bagian sisi kiri cuma ada tombol pengatur volume suara.

kanan depan

Di sisi kanan terdapat tombol power serta slot microSD, lengkap dengan penutupnya.

Dengan tutup batere terbuka

Tutup batere relatif mudah dibuka, dan Samsung Galaxy Mini ini dilengkapi dengan batere berkapasitas 1200 mAH.

[tab: TouchWiz UI]

home screen

Resolusi QVGA menurut saya pribadi termasuk pas-pasan untuk dipergunakan di Android. Saya yang telah menggunakan Sony Ericsson X10 Mini Pro sangat merasakan hal ini, pilihan aplikasi, terutama game, dibatasi akibat resolusi yang pas-pasan. Aplikasi yang tidak didesain untuk resolusi QVGA akan mengalami distorsi atau layar yang terpotong, sehingga tidak bisa dipergunakan dengan utuh.

Samsung Galaxy Mini menggunakan home screen buatan Samsung sendiri yang dinamakan TouchWiz, yang bisa dibilang memanfaatkan resolusi QVGA dengan baik. Secara default di dasar layar ada 4 buah icon yang selalu muncul, apakah sedang di home screen ataupun sedang menampilkan seluruh aplikasi.

Modifikasi home screen

Home screen bisa dimodifikasi baik melalui tombol menu ataupun dengan menekan layar agak lama. Home screen bisa dibuat hanya satu, dan bisa ditambah sampai maksimum 7 buah home screen yang bisa diisi dengan shortcut, folder maupun widget.

Notification screen

Notification screen dari TouchWiz UI juga mengalami penambahan fungsi ketimbang standar Froyo. Selain menampilkan notifikasi, dari layar ini bisa langsung mengatur WiFi, Bluetooth, GPS, Silent dan Auto rotation. Sebuah penambahan kecil yang membuat penggunaan Samsung Galaxy Mini terasa lebih praktis.

Keyboard QWERTY portrait

Walaupun resolusi layar cuma QVGA, Samsung berhasil membuat keyboard virtual QWERTY yang mudah dipergunakan dan hanya memakan setengah layar kurang dalam posisi portrait. Jika harus dicari kekurangannya, tampaknya hanya tombol spasi yang terlalu kecil.

svg%3E

Keyboard QWERTY landscape

Dalam posisi landscape, lebar tombol keyboard QWERTY menjadi sedikit lebih lega. Tombol spasi juga kini setidaknya sama lebarnya dengan tombol “.com”. Hanya saja dalam posisi landscape, keyboard virtual ini memakan lebih dari setengah layar.

[tab: Aplikasi Standar]

Aplikasi standar

Aplikasi standar termasuk lumayan lengkap, mulai dari kamera, kalkulator, perekam suara, sampai dengan Quickoffice, walaupun cuma bisa untuk membuka berkas dokumen office, bukan untuk membuat baru. Peramban standar Froyo yang tersedia di Samsung Galaxy Mini tidak mendukung Flash dari Adobe, yang tampaknya lebih merupakan limitasi pada CPU 600 MHz-nya.

Akun standar

Akun standar yang tersedia seperti biasa adalah Google account dan Microsoft Exchange ActiveSync. Lalu ada 3 buah akun standar dari jejaring sosial Facebook, Twitter dan MySpace.

Social Network Status

Samsung mengintegrasikan Contacts dengan SNS, Social Network Services (Layanan Jejaring Sosial) seperti Facebook, Twitter dan MySpace, dan melakukan sinkronisasi paling sering 3 jam sekali dan paling lambat sehari sekali. Hasil dari sinkronisasi ini akan ditampilkan pada kolom Activities pada Contacts, sehingga kita bisa melihat update status dari kontak kita pada Samsung Galaxy Mini tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu klien Facebook, Twitter ataupun MySpace. Hanya saja memang status kontak kita ini paling sering akan diperbarui selama 3 jam sekali.

gmail

Hal lain yang menarik adalah perbedaan kecil antarmuka Gmail di Samsung Galaxy Mini ini ketimbang Gmail standar di Android lain. Jika pada Gmail standar untuk melihat label lain harus menekan tombol menu, pada Gmail Galaxy Mini ini tinggal menyentuh label di kiri atas layar, maka akan langsung muncul pilihan label yang ada. Perbedaan yang walaupun sepintas terlihat kecil ini, terasa sangat praktis karena mengurangi satu langkah menekan tombol menu.

gallery

Pada aplikasi Gallery, dia akan otomatis mengindeks isi dari MicroSD, dan juga akan menampilkan thumbnail foto dari akun Picasa maupun Buzz yang melekat pada akun Google yang dipergunakan. Foto ataupun video yang terindeks dalam Gallery bisa dibagi ke orang lain melalui Bluetooth, Gmail, MMS ataupun Picasa.

Performa & Kesimpulan

Mie Ayam Erasmus Huis

Walaupun hanya fixed focus, kamera 3.15 megapiksel dari Samsung Galaxy Mini ini mampu mengambil foto yang lumayan bagus, jauh lebih bagus ketimbang Acer Liquid Metal misalnya.

Mie Ayam Birrul Amin Cipete

Hasil foto malam hari/low light juga tidak mengecewakan. Untuk harganya yang bisa dibilang kelas entry level, hasil foto Samsung Galaxy Mini termasuk bagus.

Video yang dihasilkan langsung dalam format MP4, dengan resolusi QVGA 15 fps. Seperti yang bisa dilihat sendiri, video yang dihasilkannya tidaklah terlalu bagus hasilnya, cenderung di bawah rata-rata.

resolusi QVGA di 3.14 inci

Resolusi QVGA di layar yang relatif besar, 3.14″, membuat huruf terlihat kasar. Memang inilah konsekuensi resolusi kecil dari layar yang besar dan lega ini. Sebagai perbandingan, LG Optimus One yang memiliki layar sedikit lebih besar 3.2″ tidak mengalami problem yang sama karena memiliki resolusi dua kali lipatnya, yaitu HVGA alias 320 x 480.

Samsung Galaxy Mini terasa gegas saat dipergunakan dan jarang sekali tersendat, tidak seperti yang sering saya alami pada saat menggunakan Sony Ericsson X10 Mini Pro, padahal keduanya memiliki resolusi layar yang sama persis.

slot micro USB

Satu hal lain yang dirasa mengganggu adalah slot micro USB yang terletak di dalam ceruk yang sempit. Karena kabel micro USB tidak disediakan di dalam paket Samsung Galaxy Mini, saya terpaksa menggunakan kabel micro USB yang saya dapatkan dari paket Nokia N97 Mini, dan ternyata ceruk sempit ini menghalangi kabel micro USB bisa masuk menancap seluruhnya, sehingga kabel mudah copot.

Satu hal yang berlaku pada umumnya pada perangkat Android adalah daya tahan batere yang pendek. Sangat jarang ada perangkat Android dengan batere standar mampu dipakai seharian, dan Galaxy Mini bukanlah perkecualian. Walaupun dengan resolusi QVGA dan dilengkapi batere 1200 mAH, dengan pemakaian percakapan setengah jam, berinternet selama 2 jam dan menggunakan SMS seperlunya, batere Galaxy Mini tidak bisa bertahan lebih dari satu hari satu malam; dari kondisi full charge di pagi hari, baterenya sudah kritis di sore hari.

Kelebihan:

  • Samsung berhasil memaksimalkan TouchWiz UI pada resolusi QVGA; implementasinya terasa lebih baik ketimbang Sony Ericsson X10 Mini Pro
  • Aplikasi standar lumayan lengkap dan sudah bisa mendukung pekerjaan normal sehari-hari
  • Hasil foto baik siang hari maupun malam hari yang lumayan bagus

Kekurangan:

  • Kabel micro USB tidak termasuk dalam paket
  • Hasil video yang kurang bagus
  • Resolusi QVGA pada layar 3.14″ membuat huruf terlihat kasar
  • Slot micro USB yang terletak terlalu dalam membuat kabel USB gampang lepas

Dengan harga dan fiturnya, Samsung Galaxy Mini merupakan produk yang menarik bagi konsumen terutama kelas entry-level . Samsung juga berusaha mengkompensasi layar QVGA dengan TouchWiz dan aplikasi yang disesuaikan dengan layar resolusi rendah ini, bahkan bisa menampilkan keyboard virtual full QWERTY. Jika belum pernah memiliki perangkat Android sebelumnya, serta tidak terlalu mementingkan hasil rekaman video, Galaxy Mini merupakan pilihan yang cocok sebagai smartphone Android pertama Anda. Namun bagi yang pernah memiliki perangkat Android sebelumnya, perlu mempertimbangkan keterbatasan resolusi Galaxy Mini yang kurang tajam.

  1. Mas, gimana cara merubah tampilan home screen, saya ingin menghapusnya untuk digantikan foto saja tanpa tampilan menu

  2. mas mau tanya nih,, kan di dekstop galaxymini ada 4 menu tuh yang di bawah nya, ,

    trus menu contak di hp ku hilang dari dekstopnya,,, cara munculin ke dekstopnya gimana ya??

    1. microSD-nya sudah dipasang di galaxy mininya? masalahnya saya tidak pegang lagi galaxy mininya, coba cari dari menu notifikasi yang mirip dengan melakukan mount sdcard.

  3. Maf Pa, mo nanya di galaxi mini ada fitur auto answer atau ga’ pengennya setiap kita pasang handsfree lg denger musik klo ada telpon masuk bisa lanmgsung jawab tanpa harus tekan tombol answer di LCD atau di handfree-nya klo ada minta tolong cara setingnya gimana?

    Thanks

  4. oo..thx
    nanya lg (ampun dah nanya mulu,dimaklumin ya masih pemula)kalau saya colokin kabel data ke laptop kan jadi charging,nah terus saya ke pengaturan»wireless dan jaringan»tethering dan portable hotspot nah terus sya klik USB apalah itu,trus udh ada kata2 menambatkn.trus sya copy file dilaptop yang mau saya msukin ke hp,eh pas sya cek ke my computer gk ada software nya samsung GM.itu gimna ya supaya bisa memasukkan file dr laptop k hp sedangkan software samsung GM nya aj gk ada? ?
    thx before
    mudah2an saya gk nanya lg ya..:-)

    1. rupanya saya salah mengerti apa maksud pertanyaan anda. yang anda lakukan itu cuma USB tethering, bukan mount SD card ke komputer. untuk mount, anda colokkan kabel USB, lalu pull down notification bar – connect your phone – connect memory card.

  5. saya sudh download tango voice&video calls,tetapi itu hanya bisa untuk handphone yang sudah menginstall tango ya ?
    thanks :-)

    1. Tango itu untuk video call, tapi bukan 3G video call ya, melainkan murni internet video call. Jadi hanya bisa untuk sesama pengguna Tango. App lain yang bisa video call (tapi bukan 3G video call juga) adalah Skype.

  6. maaf mau tanya:
    1.CD kecil KIES itu di laptop naruhnya dimana ya ? kok di laptop saya tidak ada yng kecil begitu? adanya untuk CD yang besar…
    2.karena tidak disediakan kabel data,jadi saya menggunakan kabel data dari nokia 3600 slide.Tapi saat saya colok di laptop kenapa jadinya malah mengisi baterai ya ?
    3.Samsung galaxy mini itu 3G tidak? kalau iya,ada kamera depannya tidak? jika iya,bagaimana car mensetting video call?
    kalau bisa dijawab semua ya..maaf kalau banyak nanya…

    1. CD-nya memang ukuran kecil, jadi harus pakai cd drive menggunakan tray yang ada dudukan khusus untuk cd kecil.

      kabel micro USB memang berfungsi ganda, menjadi kabel data sekaligus charging.

      SG Mini itu 3G, dan tidak ada kamera depan. Video call mungkin bisa pakai Tango, tapi ya gak bisa pakai kamera depan.

  7. MAS…
    PUNYA NGGA CARA2 PENGGUNAAN FITUR SEMUA DI SAMSUNG GALAXY MINI??
    TERUTAMA CARA SETTING DAN DAN MENGGUNAKAN GPS , DAN VIDEO MEREKAM DAN MEMOTO OUTDORR.
    KIRIM DI EMAIL SAYA?
    MATUR NUWUN

  8. mau tanya dong,kan udah instal aplikasi fb dan twitter dari marketnya. tapi pas update status dll kok ga ada tampilan via andoridnya ya, supaya bisa nampilinnya gimna ya?apa ada aplikasi lain.thanks before

  9. mau tanya,di galaxy mini saya waktu lagi mau sms,kepencet pengaturan yang ada di keyboard,agak lama dan muncul mau keyboard apa buat nulis sms,ada skype,tombol samsung sama satu lagi lupa..saya pencet skype…nah mw balikin lg ke tombol samsung biasa gimana ya ??

  10. kok ga bs login di twidroyd, seesmic,tweetcaster ya pake SG Mini? solusinya gmn nih?

    1. @maliani
      Untuk Android, langsung dari ponsel menggunakan aplikasi Android Market.

  11. tanya,keyboard virtual yg tadinya QWERTY,bisa gak diubah jadi ABC….tombol biasa sebelum QWERTY muncul..
    thx :)

  12. Mas…klo pasang yahoo messenger bisa gak? gmn ya crnya? gak tabrakan sm gmail kah? trims

  13. Aku udah bisa hapus home screen yg berlebih. Dan emang home screen minimal harus 4 buah, lalu gak bisa dihapus. Tapi gimana cara ilangin icon shortcut yg nyantol di home scrren, padahal aplikasi udah di uninstall. tapi shortcut gak mau ilang… Makacih bang…

  14. Mas Eko, ane ijin copy gambar hasil kamera galaxy mini ya buat ikutan My Galaxy Review di Fanspage nya Samsung Galaxy

  15. dapet notifikasi pesan multimedia tapi ga bisa buka nich. gimana ya caranya?? mohon bantuannya.

  16. tanya lagi mas,kenapa ya kalau mau download gambar kok gak ada reaksi,padahal saya pernah sukses pas saya coba lagi gak mau tapi kalau lagu kok lancar-lancar aja?? dan satu lagi saya baru nyadar kalau samsung mini emang gak ada games-nya ya?

  17. udh saya cb menghapus homescreen nya tp gak bisa, saya pilih edit di bwh layar ada tulisan hapus tp tetap gak mau ngapus apa ada cara yg lain? ato hp saya yg salah?

    1. coba homescreen yang mau dihapus ditarik kearah delete karena saya dulu juga mikir hp saya yang error

  18. udah beli kemaren, dapet warna putih.
    Overall, gampang dipake tapi ya kalo keseringan screen jadi cepet kotor, mungkin harus beli screen protector. Memang resolusi pas2an, tapi text dan graphic masih jelas karena bisa diperbesar dengan sentuhan gampang. Kalau belum terbiasa dgn touch screen memang lumayan kagok.
    Betul banget yang menganggu adalah colokan charger via mini USB, jangan coba2 operasikan ini waktu sedang di-charge karena listrik putus sambung, peringatan suaranya jadi bawel…:-P(kaya mie tek2 lewat depan rumah…)
    apps yang seru tetep angry bird, tapi versi RIO agak susah dimainkan karena response lambat, ada lag, jadi antara video & audio ga sinkron. Suaranya udah muncul, manuknya diem…eh tiba2 muncul udah ditengah screen….(burung hantu ya…)xixixi.

    thanks ya buat reviewnya yg bagus, saran saya beli aja warna putih..lebih elegan…:-D

  19. homescreen~nya bisa dibuang gak ya?saya sdh edit tapi malah jadi nambah halaman pdhal hal 2 n 3 masih bnyk yg kosong.
    trus lagu2 yg di playlis bgmn cara mendelete tapi tetep tersimpan di sdcard?
    maaf pertanyaannya bnyk maklum masih pemula.trima kasih

    1. Untuk menghapus homescreen, buka halaman yang kosong, lalu klik tombol menu, klik edit, lalu klik icon Remove di dasar layar, homescreen-nya akan dihapus. Soal lagu di playlist, sepertinya susah ya untuk tidak muncul di playlist Music app, karena dia akan otomatis mengindeks SD card. kalau dihapus dari playlist, dia juga akan menghapus lagu di SD card.

  20. Review yang bagus! :D

    Ga pa-pa kalo dipost di Kaskus koq. Walau gua liat ada yang komplain kalo TSnya re-post lah, promosi web lah tapi gua rasa post review yang dikerjakan sendiri jutru lebih bagus! :thumbsup:

    Btw, foto produknya pake kamera apa ya kalo boleh tau. Bagus bener gambarnya. ;)

        1. Thanks to you udah postingin hari ini gua dah beli Samsung Galaxy Mini tanpa was-was soalnya infonya lengkap. :D

          Sekarang lagi di-charge 8 jam dulu. Besok baru test drive, huehehe… :p

  21. memang ada update gmail di market jadi versi 2.3.4.1.
    tulisan inbox di kiri atas sekalian jadi tombol akses ke daftar label, seperti halnya nama akun yg jadi tombol akses ke daftar akun.

    1. ternyata setelah update ke Froyo 2.2.2 (v10f), Gmail client di LG Optimus One sudah bisa tombol label onscreen. penasaran karena ada firmware v10h, cuma kayaknya untuk jatah eropa, bukan asia.

      1. lupa-lupa ingat, apa updatenya waktu itu pake market access atau nggak. yg pasti bisa diupdate ke 2.3.4.1 saat pake froyo 2.2.2 dan 2.2 (sebelum upgrade, dan setelah balik lagi ke 2.2 dari 2.2.2).

Comments are closed.

Verified by MonsterInsights