Tips: Menggunakan Wireless Tethering di Android

Mungkin sebagian dari Anda belum mengenal apa itu wireless tethering. Jika ponsel Anda memiliki kemampuan wireless tethering itu berarti ponsel Anda dapat menjadi access point untuk perangkat WiFi Anda sehingga dapat mengakses Internet melalui jaringan ponsel Anda. Simpelnya, Anda dapat membagikan koneksi internet ponsel Anda ke perangkat WiFi Anda misalnya laptop Anda. Kurang lebih ponsel Anda menjadi sebuah ‘modem’ yang bisa diakses secara nirkabel melalui WiFi.

Untuk tips kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk mengaktifkan fitur wireless tethering pada ponsel Samsung Galaxy S Anda dan cara mengakses Access Point dari laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Silahkan Anda menyimak langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan fitur wireless tethering terlebih dahulu pada Galaxy S Anda. Tekan tombol menu pada Galaxy S Anda dan tekan Settings.

2. Pada menu Settings, pilih Wireless and network.

3. Pilih Mobile AP.

4. Lalu centang atau aktifkan pilihan  Mobile AP.

5. Anda juga dapat mengubah Mobile AP Settings untuk mengatur SSID (nama Access Point) dan Security (untuk memberi password Access Point Anda sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain). Anda juga dapat menyembunyikan Access Point Anda agar tidak dapat dilihat oleh umum dengan mencentang pilihan Hide my device. Jika Anda tidak ingin mengatur Mobile AP Settings, Anda dapat melewatkan langkah ini.

Oke, Anda sudah berhasil mengaktifkan Wireless Tethering pada ponsel Android Anda. Sekarang Anda tinggal menghubungkan laptop Anda ke ponsel Anda:

1. Aktifkan WiFi pada laptop Anda.

2. Klik ikon WiFi di status bar yang terletak di kanan bawah atau ujung kanan taskbar.

3. Klik Access Point Anda dengan nama yang sudah Anda tentukan (misal Android-AP).

svg%3E

4. Klik tombol Connect.

svg%3E

5. Tunggu beberapa saat…

svg%3E

6. Lalu akan ada Window yang menanyakan jenis Access Point, pilih saja Public Network.

svg%3E

6. Perhatikan ikon WiFi di status bar, Jika tidak terlihat tanda seru kuning di ikon-nya berarti koneksi sudah berhasil dan tidak ada masalah.

svg%3E

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mengakses internet melalui ponsel Galaxy S Anda. Perlu Anda perhatikan kecepatan koneksi bervariasi tergantung provider dan jaringan yang sedang digunakan (misal jaringan Edge atau HSDPA). Koneksi tercepat dapat Anda peroleh dari jaringan HSDPA tergantung dari coverage area masing-masing provider.

Verified by MonsterInsights