Tips: 10 Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Anda

Menggunakan smartphone Android sangat menyenangkan karena kecanggihannya. Namun ‘penyakit’ dari semua smartphone terutama Android adalah borosnya penggunaan sumber daya baterai. Apalagi jika anda mengaktifkan hampir semua fitur-fiturnya terlepas dari efektivitas kegunaannya bagi Anda. Sudah tentu sangat menjengkelkan apabila baru sekitar 5 jam melakukan aktifitas di luar, Android anda sudah low batt. Kami memiliki tips-tips singkat untuk mencegah pemborosan baterai dan membuat pengalaman menggunakan Android semakin nyaman dan menyenangkan.

  1. Gunakan Power Control Widget untuk memudahkan Anda untuk mematikan fungsi yang sedang tidak Anda pakai dan menghidupkan fungsi yang Anda butuhkan tanpa harus keluar masuk menu pengaturan.
  2. Aktifkan Auto Brightness dengan cara mengaturnya di Settings > Sounds & Display > Brightness. Turunkan tingkat kecerahan ke kiri atau aktifkan Auto Brightness.
  3. Matikan fitur-fitur pelengkap seperti phone vibrate, audible selection, haptic feedback, orientation, serta animation pada Settings > Sounds & Display. Tanpa fitur-fitur tersebut, Anda masih bisa menggunakan Android.
  4. Matikan auto-sync account yang pengaturannya bisa ditemukan dalam Settings > Account & Sync.
  5. Jangan gunakan live wallpaper, sebisa mungkin pilih wallpaper yang berwarna gelap. Hindari wallpaper berwarna putih atau terang karena akan memboroskan baterai .
  6. Ubah screen timeout menjadi yang tersingkat dan yang ternyaman menurut Anda (terkadang 15 detik terasa terlalu cepat, dan justru malah mengganggu).
  7. Hindari penggunaan Wi-Fi berkepanjangan apabila Anda tidak sambil men-charge. Karena akan menyedot penggunaan baterai lebih cepat dari yang Anda duga.
  8. Jangan aktifkan GPS apabila tidak begitu perlu. Apalagi membiarkannya selalu menyala.
  9. Gunakan Advanced Task Killer untuk ‘membunuh’ aplikasi secara otomatis apabila tidak digunakan.
  10. Kurangi penggunaan widget yang berlebihan terutama yang memiliki fungsi auto update seperti Twitter, Facebook, dsb. Lebih baik menggunakan Aplikasinya saat Anda membutuhkan.
Widget untuk Informasi Baterai
Android Battery Usage
Verified by MonsterInsights