Quantcast
KomputerLaptop GamingNews

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition: Laptop Gaming AMD Advantage dengan Bodi Berstandar Militer

ASUS mengumumkan kehadiran laptop gaming ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition. Yang menarik, perangkat ini diklaim sebagai laptop gaming dengan standar militer pertama di dunia yang dipersenjatai CPU dan GPU dari AMD. Seperti apa spesifikasinya?

Spesifikasi ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, dijelaskan bahwa TUF Gaming A16 Advantage Edition hadir dengan CPU AMD Ryzen 7 7735HS (Zen 3+) 8 core dan 16 thread TDP 35W, serta GPU AMD Radeon RX7600S (VRAM 8GB). Kombinasi yang tentunya bisa diandalkan untuk menjalankan game AAA masa kini.

Gamer juga disuguhkan RAM DDR5 serta storage NVME PCIe SSD yang kencang. Fitur eksklusif yang hanya tersedia pada perangkat dengan perpaduan CPU dan GPU AMD tentu juga bisa ditemukan di sini, seperti SmartShift, Smart Access Memory, hingga teknologi FreeSync.

Bagi yang belum tahu, SmartShift memungkinkan CPU dan GPU untuk saling berbagi tenaga tergantung pada beban kerja yang digunakan. SmartShift juga memungkinkan TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) memiliki TGP hingga 120W. Tidak ketinggalan, ada juga MUX Switch yang membuat laptop ini bisa diandalkan oleh gamer maupun konten kreator.

Bagaimana dengan sistem pendingin? ASUS mengandalkan dua kipas Arc Flow, lima heatpipe tembaga, serta heatsink dengan fin 0,1mm. Heatpipe pada laptop tidak hanya mendinginkan CPU dan GPU, tapi juga VRM dan VRAM. Dengan sistem seperti ini, TUF Gaming A16 Advantage Edition diklaim memiliki thermal coverage 45%.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition tampil dengan desain minimalis modern, serta tersedia dalam dua opsi warna yaitu Off Black dan Sandstorm. Layar IPS-nya berukuran 16 inci FHD+ 165Hz atau QHD+ 240Hz dengan 100% sRGB, punya keyboard full-size lengkap dengan tombol numerik, serta empat hot key.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition 2

Laptop ini sudah berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Artinya, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketahanan fisik dari benturan dan getaran, hingga uji operasional di kondisi ekstrem seperti pada suhu dan kelembapan tinggi.

“TUF Gaming A16 Advantage Edition kali ini menawarkan semua yang dibutuhkan oleh gamers, mulai dari desain yang tangguh, performa andal, serta efisiensi daya terbaik di kelasnya. Tidak ada laptop seperti ini di dunia!,” kata Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Soal ketersediaan port, gamer disuguhkan USB 4.0 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 dan USB Power Delivery hingga 100W, port HDMI, USB 3.2 Gen1 Type-A, serta 3.5mm combo audio jack. Sementara konektivitas nirkabel menawarkan WiFi 6.

Harga ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

Bagi yang berminat, ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition dijual dengan harga Rp20.299.000 untuk model dengan layar FHD+ 165Hz, dan Rp22.990.000 untuk model dengan layar QHD+ 240Hz. Laptop ini dilindungi 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button