Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

[Hands On] Kesan Pertama Mencoba Kecanggihan Fitur AI di Kamera realme 13 Pro Series 5G

realme 13 Pro Series 5G adalah smartphone pertama di dunia yang mengusung teknologi Ultra Clear Camera with AI. Di gelaran acara “The Future is Here: AI is Revolutionizing Mobile Imaging yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Yangcanggih.com berkesempatan bisa langsung mencoba inovasi Ultra Clear Camera with AI realme 13 Pro Series 5G.

realme 13 Pro Series 5G

Perlu dicatat unit realme 13 Pro Series 5G yang kami coba berikut adalah demo unit. Pihak realme membatasi akses seluruh perangkat. Hanya aplikasi kamera dan galeri yang bisa digunakan. Bahkan, unit demo yang kami terima juga dibungkus dengan casing serba hitam yang tidak bisa dibuka. Menandakan desain realme 13 Pro Series 5G masih dirahasiakan.

realme 13 Pro Series 5G

Di artikel ini kami akan fokus mengulas fitur AI yang hadir di departemen kamera realme 13 Pro Series 5G. Untuk pengujian kamera dan hasil foto realme 13 Pro Series 5G selengkapnya akan kami bahas di artikel terpisah.

Mencoba Kecanggihan Fitur AI di Kamera realme 13 Pro Series 5G

1. AI Ultra Clarity
Diposisikan sebagai smartphone dengan “Ultra Clear Camera with AI” realme 13 Pro Series 5G dilengkapi sederet fitur pintar berbasis AI pada departemen kamera langsung di perangkat.

realme 13 pro ai photo
Contoh aplikasi realme AI

Pertama adalah AI Ultra Clarity. AI Ultra Clarity mampu meningkatkan kualitas gambar foto beresolusi rendah secara signifikan dalam sekejap memanfaatkan teknologi AI.

Dari pengujian kami fitur penyuntingan gambar berbasis cloud ini sangat berguna untuk mendongkrak hasil foto di skenario memotret dengan kamera telefoto. Terutama, saat di mode zoom digital yang umum mengakibatkan kualitas gambar menurun mulai dari warna dan tingkat ketajamannya.

Dengan begitu, menurut kami AI Ultra Clarity akan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan yang mendasar dari hardware kamera. Perbandingannya sebagai berikut.

Kiri-sebelum dan Kanan-sesudah diperbaiki AI Ultra Clarity. Hasilnya terlihat lebih jernih dan tajam.

2. AI Pure Bokeh
Seperti generasi sebelumnya, realme 12 Pro Series 5G, fitur Portrait masih menjadi unggulan. Namun, dengan fitur AI Pure Bokeh realme berhasil membawa kemampuan foto portrait realme 13 Pro Series 5G ke tingkat yang lebih tinggi.

AI Pure Bokeh

AI Pure Bokeh mampu mengidentifikasi elemen latar depan, tengah, dan latar belakang secara akurat dalam sebuah adegan, termasuk subjek yang difoto, yang kemudian digunakan untuk melakukan segmentasi objek pada tingkat piksel dan menerapkan optimalisasi algoritmik dan pemrosesan yang ditargetkan hingga menciptakan foto portrait sinematik realistis dalam hitungan detik.

AI Pure Bokeh 10

Pada prakteknya hasil foto di mode Portrait 3x realme 13 Pro Series 5G memang meningkat signifikan dari generasi sebelumnya. Efek bokeh di sekitar subyek semakin rapih dan terlihat lebih natural. Bahkan, pemisahan latar dengan subyek yang rapih bisa dilakukan hingga tingkat helaian rambut.

AI Pure Bokeh 7

Paling membuat kami terkesan adalah kemampuan foto Portrait di mode low light atau minim cahaya yang sangat baik. Algoritma AI secara cerdas mampu mendeteksi warna kontras hitam secara akurat untuk memisahkan subyek dan latar di skenario malam hari atau ruangan yang gelap.

AI Pure Bokeh 2

Secara keseluruhan kemampuan mode Portrait smartphone ini patut diacungi jempol. Sangat impresif dan menjanjikan di segala kondisi pencahayaan.

3. AI Natural Skin Tone
Fitur pintar selanjutnya adalah AI Natural Skin Tone. Fitur ini menyempurnakan tampilan alami berbagai warna kulit menggunakan pemrosesan AI pada perangkat.

Skin tone 1

Satu hal yang kami yakini memang warna adalah soal selera masing-masing pengguna. Namun, kami cermati lewat fitur AI Natural Skin Tone ini algoritma AI di smartphone ini terbukti mampu menghasilkan tonal warna kulit yang sedekat mungkin dengan warna aslinya.

Skin tone 6

Berikut hasil foto dengan berbagai model yang memiliki warna tonal warna kulit berbeda-beda.

Untuk semua hasil foto realme 13 Pro Series 5G resolusi tinggi tanpa penyuntingan di artikel ini bisa dilihat di akun FLICKR resmi Yangcanggih.com di sini. 

Kesan pertama yangcanggih.com
Teknologi AI mengubah segalanya. Impresi awal kami memotret dengan smartphone ini sangat memuaskan. Meski unit yang kami coba masih versi demo, kameranya terbukti mampu menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang sangat menjanjikan di segala skenario dan kondisi pencahayaan.

Mode Portrait dan tonal warna khususnya skin tone atau warna kulit juga meningkat signifikan dari generasi sebelumnya. Semoga saja realme terus menyempurnakan smartphone ini hingga versi final di waktu rilisnya yang dijadwalkan di bulan Juli ini. Prediksi kami realme 13 Pro Series 5G layak menjadi standar baru kamera smartphone di kelas harganya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button