NewsFoto & VideoKamera sakuProduct News

Pentax 17: Kamera Saku Analog Half-Frame untuk Para Pemula

Di era kamera digital yang semakin canggih, Ricoh mengumumkan kamera saku analog Pentax 17. Kamera ini disiapkan untuk para pemula yang ingin mencoba memotret dengan rol film.

Pentax 17

Spesifikasi Pentax 17

Pentax 17 tampil dengan desain retro. Inspirasi desain bodinya dari beberapa kamera Pentax yang sudah rilis sebelumnya. Di bagian flash dan tombol shutter sama seperti di kamera Pentax KP. Tuas pemutar rol film sama seperti di Pentax Auto 110. Lensa yang dibawanya sama seperti di kamera Espio Mini yang rilis di tahun 1994. Sementara, untuk kelir warna bodinya sama dengan warna Pentax LX Titan 75-Tahun Edisi Khusus.

Pentax 17

Seperti kamera analog lain belum ada sistem autofocus di kamera ini. Lensa 25mm F/3.5 yang dibawanya mendukung sistem fokus berbasis zona atau zone-focus. Ada 6 zona fokus yang tersedia dari jarak 0.25 meter (makro) hingga infinity yang bisa dipilih di bagian cincin lensa.

Pentax 17

Satu hal yang menarik Pentax 17 mengadopsi format half-size. Artinya, satu jepretan foto di frame 35mm bisa menghasilkan dua gambar dengan format 17mm x 24 mm. Uniknya lagi, jepretan foto yang dihasilkan langsung dalam posisi vertikal. Sama seperti di smartphone. Jadi, bisa lebih mudah dibagikan ke jejaring sosial setelah diubah ke format digital.

Pentax 17

Kemudahan lain Pentax 17 menyediakan 7 mode pengambilan gambar. Termasuk, Full Auto, Slow-speed sync, dan Bulb. Untuk fitur lain tersedia opsi pengaturan ISO mulai dari ISO 50 hingga 3200, mendukung penggunaan filter lensa 40.5mm, dan dilengkapi jendela bidik. Untuk asupan tenaganya mengandalkan baterai litium CR2 3V.

Harga Pentax 17

Pentax 17 dijadwalkan akan tersedia di pasaran akhir Juni 2024 dengan harga US$499.95.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button