Quantcast
KomputerLaptopNewsProduct News

MediaTek Kompanio 838: Chipset untuk Chromebook Premium dengan Peningkatan Performa dan Efisiensi Daya

Prosesor MediaTek Kompanio 838 resmi diumumkan di ajang Computex 2024. Prosesor ini disiapkan untuk perangkat Chromebook kelas premium dengan menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi daya.

MediaTek Kompanio 838

Spesifikasi MediaTek Kompanio 838

Kompanio 838 adalah prosesor octa-core. Konfigurasinya terdiri dari dua core performa tinggi ARM Cortex-A78 @2.6GHz dan enam core efisiensi ARM Cortex-A55 @2.0 GHz. Prosesor dengan fabrikasi 6nm ini mendukung penggunaan RAM LPDDR4x dan ruang penyimnpanan eMMC 5.1. Untuk sektor grafisnya dipercayakan pada GPU Mali-G57 MC3.

Menurut Mediatek, prosesor ini menawarkan peningkatan performa CPU dan GPU yang cukup signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Performa CPU lebih cepat 66%. Sementara, GPU meningkat hingga 76%. Jadi, kini bisa streaming konten di resolusi 4K serta mendukung output ke dua monitor 4K bersamaan untuk produktivitas dan hiburan.

MediaTek Kompanio 838 2

Menyambut tren AI di perangkat PC Kompanio 838 turut didukung NPU (Neural Processing Unit). NPU 650 yang dibawanya ini menawarkan performa komputasi AI 4 TOPS. Cukup untuk mengakomodir pengalaman komputasi ke tingkat berikutnya dengan AI. Seperti misalnya meningkatkan pemrosesan data yang lebih cepat atau mempercepat penyelesaian tugas komputasi yang kompleks pada perangkat Chromebook.

Fitur lain Kompanio 838 mendukung ISP Imagiq 7 series dengan kemampuan pemrosesan kelas profesional dan mendukung sistem kamera ganda. Chip ini juga mendukung konektivitas WiFi 6 dan WiFi 6E dengan teknologi MediaTek Filogic untuk memastikan koneksi ke jaringan yang lebih cepat dan stabil. Selain itu, konsumsi dayanya juga lebih irit dengan menjanjikan waktu guna yang bisa hingga seharian.

Ketersediaan MediaTek Kompanio 838

Belum ada informasi lebih lanjut kapan Chromebook dengan chipset ini akan tersedia di pasaran. Kendati demikian, dari rilis yang kami terima Lenovo akan menjadi pabrikan pertama yang mengadopsi chip ini pada perangkat Chromebook yang ditujukan untuk segmen edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button