Quantcast
KomputerLaptopNewsProduct News

Spacetop G1: PC Inovatif dengan Kacamata AR untuk Produktivitas

Sebuah startup bernama Sightful memperkenalkan PC inovatif bernama Spacetop G1. Perangkat unik ini adalah sebuah laptop tapi tidak dilengkapi panel layar.

Spacetop G1

Spesifikasi Spacetop G1

Sebagai gantinya tersedia kacamata AR khusus bernama XREAL Air 2 Pro. Kacamata AR ini membawa sepasang panel layar OLED yang resolusinya Full HD dengan refresh rate 90 Hz. Anda bisa mendapatkan layar virtual dengan ukuran hingga 100 inci. Selain itu, tersedia juga sepasang speaker dengan output 6W. Spacetop G1

Konsepnya ini mirip dengan Apple Vision Pro. Tapi, Jika dibutuhkan pengguna masih diijinkan untuk menggunakan layar portabel atau monitor tambahan. Layar portabel atau monitor tersebut bisa disambungkan lewat port USB Type-C 3.2 Gen 2 yang tersedia.

Seperti laptop pada umumnya Spacetop G1 sudah dilengkapi keyboard dan touchpad. Performanya dipercayakan pada prosesor Qualcomm Snapdragon QCS8550 dengan RAM 16GB, dan ruang penyimpanan UFS 3.1 yang kapasitasnya 128GB. Cukup disayangkan ruang penyimpanannya belum menggunakan SSD.

Spacetop G1

Dengan spesifikasi tersebut Spacetop G1 menjalankan sistem operasi SpaceOS. Sistem operasi khusus besutan Sightful ini berbasis pada ChromiumOS dari Google. Jadi, perlu dimaklumi akan ada kompromi untuk dukungan aplikasi yang tidak sebanyak sistem operasi Windows dan MacOS.

Spacetop G1

Untuk fitur lain sudah tersedia dukungan WiFi 7, Bluetooth 4.3, dan tersedia slot kartu SIM yang bisa berjalan di jaringan 5G atau 4G. Perangkat ini menyediakan dua slot kartu SIM yang terdiri dari eSIM dan SIM Nano. Hadir juga kamera 5 megapixel yang bisa digunakan untuk mendukung konferensi video.

Harga Spacetop G1

Jika berminat Spacetop G1 dijual dengan harga US$1900 atau sekitar 30 jutaan Rupiah. Harga yang relatif mahal untuk sebuah sistem PC non Windows atau MacOS.  Perangkat ini akan tersedia di pasaran akhir tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button