Quantcast
Mobile GadgetConsoleNewsProduct News

ASUS ROG Ally X: Standar Baru Konsol Genggam dengan Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme

ASUS resmi mengumumkan kehadiran ROG Ally X. Generasi kedua ROG Ally ini adalah versi penyempurnaan dari generasi sebelumnya dengan pembaruan di beberapa sektor. Bisa jadi ROG Ally X akan jadi standar baru konsol genggam dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme.

ASUS ROG Ally X

Spesifikasi ASUS ROG Ally X

Pertama, ASUS merancang ulang desain ROG Ally X. Tampilannya masih identik. Tapi, jika dicermati setiap sisi bodinya kini lebih membulat. Bagian handgrip dibuat lebih dalam. Beberapa tombol dan penempatannya juga diperbarui agar lebih mudah dijangkau. Secara keseluruhan pembaruan desainnya menjadikan ROG Ally X bisa lebih nyaman digenggam.

Pembaruan kedua yang menjadi sorotan adalah sistem pendingin. ROG Ally X membawa sistem pendingin baru dengan kipas pendingin yang lebih tipis. Alhasil, aliran udara diklaim mampu meningkat hingga 10%.

ASUS ROG Ally X

Rancangan sistem pendingin barunya juga memungkinkan aliran udara ke panel layar. Jadi, panel layar tidak terasa hangat saat bermain game. Selain itu, posisi slot microSD juga dipindahkan. Ini penting untuk mencegah problem malfungsi seperti di generasi pertamanya.

Selanjutnya, pembaruan terlihat di sektor RAM dan ruang penyimpanan. ROG Ally X kini menggunakan RAM LPDDR5 7500MHz dengan besaran 24GB. Menggantikan RAM LPDDR5 6400MHz 16GB di generasi sebelumnya. Untuk ruang penyimpanan kini mendukung SSD dengan kapasitas hingga 1TB. Kabar baiknya, ROG Ally X tidak lagi menggunakan SSD M.2 2242. Gantinya, ASUS menggunakan SSD M.2 2280 yang lebih mudah didapatkan dan murah jika dibandingkan M.2 2242.

Pembaruan yang paling menarik ada di baterai. ROG Ally X kini membawa baterai dengan kapasitas 80 Wh. Dua kali lebih besar dari generasi pertamanya yang hanya 40 Wh. Jadi, ketahanan baterai dipastikan bisa lebih lama jika dibandingkan ROG Ally sebelumnya.

ASUS ROG Ally X

Untuk konektivitas ROG Ally X menyediakan satu port Thunderbolt 4 dan satu port USB-C 3.2 Gen 2. Jadi, tidak lagi tersedia port ROG XG Mobile seperti di generasi pertamanya.

Dua sektor yang tidak mendapat pembaruan ada di layar dan prosesor. ROG Ally X masih membawa panel layar IPS 7 inci yang resolusinya Full HD 1080p. Layarnya ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan fitur AMD FreeSync Premium. Untuk prosesor ROG Ally X ditenagai prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Tidak ada opsi dengan AMD Ryzen Z1.

Satu kompromi dari semua pembaruan ROG Ally X ada di bobot. Bobotnya 678 gram. 70 gram lebih berat jika dibandingkan ROG Ally yang hanya 608 gram saja.

Harga ASUS ROG Ally X

ROG Ally X rencananya akan teredia di bulan Juli 2024 dengan harga US$800 atau sekitar 12 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button