Quantcast
Foto & VideoLensaNewsProduct News

Panasonic Lumix 26mm F/8: Lensa Full Frame dengan Focus Manual Paling Tipis dan Ringan

Bersamaan dengan diumumkannya Lumix S9, Panasonic juga merilis lensa Lumix 26mm F/8. Dirancang sebagai pasangan sempurna Lumix S9 lensa ini mengadopsi desain pancake yang sangat ringkas dan ringan.

Panasonic Lumix 26mm F/8

Spesifikasi Panasonic Lumix 26mm F/8

Lumix 26mm hadir dengan bodi yang hanya setebal 18.1 mm. Bobotnya hanya sekitar 58 gram saja. Lebih tipis dan ringan dari Nikkor Z 26mm F/2.8 yang bodinya setebal 23.5 mm dengan bobot 125 gram.

panasonic Lumix S9

Rahasianya, Lumix 26mm F/8 tidak dilengkapi dengan sistem autofocus. Memang unik dan tidak biasa. Mengingat cukup jarang pabrikan kamera yang merilis lensa dengan kendali fokus manual di era kamera digital yang semakin canggih saat ini. Lensa dengan kendali fokus manual sebelumya bisa dengan mudah ditemukan dari pabrikan lensa pihak ketiga seperti misalnya 7Artisan, TTArtisan, Meike, dll.

Panasonic Lumix 26mm F8 1

Selain untuk mengejar rancangan bodi yang tipis dan ringan ada alasan lain absennya sistem autofocus di Lumix 26mm F/8. Menurut Panasonic, tanpa autofocus diharapkan pengguna bisa mendapatkan kendali penuh dan kebebasan saat memotret dengan Lumix S9.

Di balik rancangan bodinya yang sangat tipis dan ringan Lumix 26mm F/8 membawa rancangan optik lima elemen dalam lima grup. Termasuk, satu elemen lensa UED. Lensa ini menawarkan jarak fokus minimum sekitar 25 cm dan diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar yang tajam di resolusi tinggi.

Harga Panasonic Lumix 26mm F/8

Lumix 26mm F/8 akan tersedia di pasaran akhir Juni 2024 dengan harga US$199.99 atau sekitar 3 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button