Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessTips

[Tips] Cara Menggunakan Nikon Snapbridge untuk Memindahkan Foto dari Kamera ke Smartphone

Nikon Snapbridge adalah aplikasi khusus untuk pengguna kamera digital Nikon. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS.

Nikon Snapbridge

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan mengirim gambar dari kamera ke perangkat smartphone atau tablet secara cepat dan efisien. Selain itu, untuk kamera Nikon yang kompatibel Snapbridge juga bisa mengubah smartphone atau tablet menjadi remot untuk kendali dari jarak jauh.

Di artikel berikut kami akan memberikan tips cara menggunakan Snapbridge untuk memindahkan foto dari kamera Nikon ke smartphone atau tablet. Di tips ini kami menggunakan kamera mirrorless full frame Nikon Zf. Bisa juga diikuti untuk pengguna kamera mirrorless atau DSLR Nikon lain.

Dengan begitu tidak perlu repot menggunakan laptop atau PC untuk sekedar ingin berbagi hasil jepretan foto Anda di jejaring sosial.

Cara menggunakan Nikon Snapbridge untuk memindahkan foto dari kamera ke smartphone

1. Langkah pertama pastikan kamera Nikon Anda sudah mendukung Snapbdrige. Berikut daftar kamera Nikon yang kompatibel.

Nikon snapbridge 1

2. Jika salah satu kamera Anda termasuk di daftar tersebut selanjutnya unduh dan install aplikasi Snapbridge di ponsel atau tablet. Untuk pengguna Android Snapbridge bisa didapatkan di Play Store dan App Store untuk pengguna iOS.

3. Konektivitas Bluetooth dan WiFi pada smartphone atau tablet Anda wajib aktif. Kemudian, pastikan juga sudah aktifkan Bluetooth dan WiFi di kamera.

Nikon snapbridge

Untuk mengaktifkan WiFi dan Bluetooth di kamera bisa ke Settings lalu pilih SETUP MENU. Kemudian, pilih tab Connected to Smart Device dan aktifkan opsi koneksi Bluetooth serta WiFi.

4. Setelah semua konektivitas aktif proses pairing bisa dilakukan dengan mudah. Di kamera pilih opsi Pairing (Bluetooth) dan klik start pairing.

Nikon snapbridge

Kemudian, buka aplikasi Snapbridge di smartphone atau tablet. Klik icon gear di pojok kanan atas, pilih add camera, lalu pilih tipe kamera Nikon yang Anda miliki. Setelah itu, di smartphone secara otomatis kamera Anda akan terdeteksi, klik dan tunggu proses pairing hingga selesai.

5. Untuk memindahkan foto dari kamera ke smartphone pilih opsi Download Picture. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk terhubung ke WiFi kamera.

Pilih WiFi Kamera dan setelah terhubung file foto yang ada di kamera akan langsung tampil di smartphone. Pilih foto dan klik download untuk menyimpanan foto ke kamera.

Untuk menghemat ruang penyimpanan Smartphone file foto yang terkirim juga bisa dipilih ukurannya mulai dari 2 megapixel, 8 megapixel dan format original.

Nikon snapbridge 6

Tips tambahan sebelum memindahkan foto ada baiknya waktu stanby kamera dibuat sedikit lama. Memang ini akan lebih menguras baterai. Namun, Anda bisa lebih leluasa saat memilih foto dan memindahkan foto.

Untuk memperpanjag waktu stand by kamera pilih menu Custom Settings. Di bagian C “Timers/AE lock, pilih C3 Power Off Delay. Di opsi ini pilih Stanby Timer dan ubah ke 1 menit. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button