Quantcast
AINews

Google Umumkan Ask Photos, Fitur Berbasis AI Gemini untuk Mudahkan Pencarian Foto

Pada ajang Google I/O, Google mengumumkan kehadiran fitur barunya yang diberi nama Ask Photos. Lewat aplikasi ini, pengguna akan lebih mudah mencari foto yang diinginkan di Google Photos, dengan bantuan AI Gemini.

Fitur Ask Photos di Google Photos

Google Ask Photos

Dalam blog resmi Google, dijelaskan bahwa saat ini ada lebih dari 6 miliar foto yang diunggah ke Google Photos setiap harinya. Pengguna pun terkadang kesulitan untuk menemukan foto yang mereka cari dengan cara scrolling halaman.

Dengan Ask Photos, pengguna dapat langsung memberi perintah ke Gemini untuk mencari foto-foto secara spesifik. Caranya pun mudah, misalnya, “tunjukkan foto terbaik dari setiap Taman Nasional yang saya kunjungi”, lalu Google Photos akan memberikan foto-foto yang dicari.

Karena mengandalkan Gemini yang berbasis AI, Ask Photos dapat mengenali foto berdasarkan tema. Fitur ini akan memahami pertanyaan penggunanya melalui kata kunci yang relevan seperti nama tempat, orang, tanggal, maupun bahasa sehari-hari.

Menurut Google, Gemini mampu mengerti secara tepat apa yang terjadi pada setiap foto, bahkan membaca teks yang ada pada foto jika dibutuhkan. Dengan begitu, respon yang diberikan terhadap perintah pengguna akan lebih akurat.

Google Ask Photos 2

Google menerapkan beberapa lapis perlindungan dan model AI untuk membantu memastikan respon yang diberikan aman. Jika pengguna mengoreksi jawaban yang diberikan oleh Ask Photos atau menambahkan informasi, fitur ini akan mengingatnya untuk meningkatkan kualitas pencariannya di masa depan.

Meluncur dalam waktu dekat

Ask Photos adalah sebuah fitur yang sifatnya masih eksperimental. Google berencana merilis fitur ini dalam waktu dekat, dengan lebih banyak fungsi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button