Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review iQOO 12

iQOO memang belum serajin brand lain dalam meluncurkan produk terbaru. Namun beberapa smartphone yang diboyong ke Indonesia punya banyak keunggulan yang membuatnya terlihat lebih menonjol, terutama pada sektor performa.

iQOO 12 sempat menjadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3 di Tanah Air. Kini, lewat beberapa bulan sejak jadwal rilisnya, perangkat ini masih menjadi salah satu opsi paling menarik di kelas harganya.

Penasaran seperti apa kecanggihan dari iQOO 12? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain keren

Ada perbedaan yang lumayan kentara antara iQOO 12 dengan generasi sebelumnya. Anda yang sempat menggenggam iQOO 11 pasti akan langsung menyadari frame kameranya yang kini dibuat lebih besar dengan sudut-sudut bulat sehingga terlihat tidak kaku.

iQOO 12

Bodinya punya tepian yang agak melengkung di belakang, serta bagian frame datar yang memakai material metal. Terlihat dari banyaknya garis antena diberbagai sisinya. Untuk dimensi buat kami pas, tidak terlalu besar dan bobotnya pun tidak berlebihan. Masih aman dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan maupun dimasukkan ke saku celana.

iQOO 12 datang dengan dua pilihan warna. Yang paling unik adalah versi Legend BMW M Motorsport, sedangkan yang hadir di meja pengujian kami adalah varian Alpha dengan warna hitam gelap yang kalem dan maskulin.

Menurut kami desain smartphone ini cukup sederhana, apalagi yang warna hitam. Meski minimalis, finishing-nya mampu membuatnya terlihat lebih stylish. Untuk sebuah smartphone flagship yang mengedepankan sektor performa, iQOO 12 punya tampilan yang bagus dan premium.

iQOO 12 Indonesia 4

Di bagian depan terdapat layar besar berukuran 6,78 inci dengan punch hole di tengah. Bezel layarnya sudah cukup tipis pada semua sisinya. Perlu diketahui bahwa smartphone ini punya rating IP64, yang artinya tahan debu dan percikan air.

Pada bagian bawah Anda akan menemukan port USB-C, lubang mikrofon, speaker, dan SIM-Tray yang dapat menampung dua nano SIM-Card. Sementara di sebelah kanan ada tombol power bersama pengaturan volume. Sensor sidik jari ada di balik layar. Di atas, hanya ada lubang mikrofon dan speaker.

iQOO 12 masih menyertakan charger lengkap dalam paket penjualannya yang bagi kami termasuk lengkap. Anda juga dapat softcase bening, lumayan untuk awal pemakaian. Selain itu layarnya sudah terpasang anti gores.

Layar kencang 144Hz

Untuk memberikan pengalaman penggunaan yang maksimal, iQOO membenamkan layar LTPO 8T AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1260 x 2800 pixel, dan refresh rate adaptif hingga 144Hz. Penawaran yang menurut kami cukup istimewa di kelasnya.

iQOO 12 3

Selain mampu menyajikan gambar tajam dengan warna menawan khas AMOLED, layar ini juga punya tingkat kecerahan tinggi hingga 3000 nits. Melihat konten di bawah sinar matahari yang terik jelas bukan masalah. Ada juga teknologi 2160Hz PWM agar layar bebas flicker, dan dukungan HDR10+.

Secara keseluruhan, layar iQOO 12 bagi kami amat memuaskan. Untuk pemakaian sehari-hari, menonton film, main game, atau bahkan editing foto dan video ringan dapat terfasilitas dengan baik. Refresh rate-nya sudah di atas sebagian besar flagship yang ada di pasaran.

Sedikit membahas audionya, smartphone ini memiliki speaker stereo dengan kualitas suara yang lantang dan jernih. Ideal untuk sekadar menemani Anda menonton video dari TikTok, YouTube, atau saat mabar bersama teman.

Kamera bagus, ada lensa periskop

iQOO 12 2

Sektor fotogrfi biasanya tidak menjadi andalan dari smartphone yang fokus ke performa. Tapi iQOO ternyata serius menggarap kamera ponsel ini. Sekilas bisa Anda lihat dari konfigurasi yang membuatnya cukup bisa bersaing dengan flagship lain.

Kamera belakang mengandalkan sensor utama 50 MP f/1.7 dengan OIS yang ditemani kamera telefoto periskop 64 MP OIS dengan 3x optical zoom, dan kamera ultrawide 50 MP. Di depan, terdapat kamera selfie 16 MP.

IMG_20240401_135542

IMG_20240418_151616

Portrait Zoom

Portrait 3x Zoom

Keberadaan lensa telefoto dengan sistem periskop memberi keleluasaan bagi kami dalam mengatur framing dan komposisi foto. Objek yang agak jauh bisa ditangkap secara baik, tanpa perlu maju lebih dekat. Dan yang patut diapresiasi adalah hasil foto zoom-nya yang menurut kami cukup bagus.

IMG_20240324_192728

10x Zoom

Perpaduan setup kamera mumpuni dengan ISP milik Snapdragon 8 Gen 3 memang terbukti oke untuk memotret di segala kondisi. Pada pencahayaan yang terang, foto yang disajikan selalu tajam dan warnanya pun relatif konsisten.

Untuk indoor atau low light juga sudah oke. Sesekali kami mendapati warna dan exposure yang kurang pas, walaupun masih ideal untuk sekadar Anda bagikan di media sosial.

IMG_20240324_192932

IMG_20240403_190048

IMG_20240324_192655

Beralih ke videografi, iQOO 12 dapat merekam hingga resolusi 8K 30fps atau 4K 60fps. Jika Anda mengaktifkan mode Ultra Steady, resolusi maksimalnya menjadi 1080p 60fps. Sayangnya untuk kamera depan masih 1080p 30fps saja. Kurang memuaskan untuk ukuran smartphone di atas 10 juta.

Performa super kencang

iQOO 12 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, yang ditemani RAM hingga 16 GB LPDDR5 dan memori internal UFS 4.0 dengan kapasitas 512 GB. Perpaduan yang tentu bakal memberikan kinerja super cepat.

GPU Adreno yang ditanamkan hadir dengan fitur seperti Real-time Hardware-Accelerated Ray Tracing with Global Illumination, dukungan untuk Unreal Engine 5 Lumen Global Illumination and Reflections System, Snapdragon Game Super Resolution, dan sebagainya.

Performanya sesuai ekspektasi kami. Sangat mulus untuk semua kebutuhan. Gaming pun lancar, bahkan pada judul-judul yang menuntut kinerja berat seperti Genshin Impact. Setting grafis Highest 60fps berjalan stabil.

Smartphone ini diperkuat oleh Supercomputing Chip Q1 sehingga memungkinkan tampilan yang disesuaikan lewat fitur Game Super Resolution dan Game Super Frame Rate hingga 144Hz. Dengan satu sentuhan, Anda dapat mengaktifkan Game Frame Interpolation yang meningkatkan FPS dalam game.

iQOO turut membekalinya dengan fitur Game Super Touch Control yang bakal meningkatkan akurasi dan respon layar saat jari kita berkeringat sewaktu bermain game.

Untuk baterai, smartphone ini menawarkan kapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 120W yang cepat. Dengan gaya pemakaian normal, baterai tersebut dapat menemani kami seharian penuh. Mengisi daya pun hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja sampai penuh.

Wireless charging? Tidak tersedia. Namun bagi sebagian besar pengguna fitur ini memang belum menjadi kebutuhan utama. Buat kami sendiri tidak masalah tanpa wireless charging.

iQOO 12 Indonesia 2

Kesimpulan

iQOO 12 merupakan smartphone yang bagus tidak hanya untuk Anda yang mencari performa kencang untuk main game, tapi juga cocok untuk yang gemar bikin konten foto maupun video. iQOO terbukti cukup berhasil memberikan upgrade pada beberapa sektor yang sebelumnya menjadi kelemahan dari iQOO 11.

Bagi yang berminat, iQOO 12 dijual dengan harga Rp10.999.000.

Kelebihan iQOO 12:

  • Desain bagus
  • Performa sangat kencang untuk gaming
  • Kamera utama mampu menghasilkan foto yang baik di segala kondisi
  • Ada kamera tele dengan lensa periskop, hasil fotonya pun oke
  • Charging cepat
  • Layar 144Hz
  • Speaker stereo dengan kualitas yang mantap
  • Paket penjualan komplit

Kekurangan iQOO 12:

  • Kamera depan masih kalah dari kebanyakan smartphone flagship
  • Perekaman video dengan kamera depan hanya sampai 1080p 30fps
  • Rating ketahanan air belum sebaik pesaingnya
  • Tidak ada wireless charging
iQOO 12 2
iQOO 12
8.9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button