Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

Tips : Cara Memotret Pemandangan yang Instagramable dengan Redmi Note 13 Pro+ 5G

Kamera smartphone saat ini sudah memadai untuk mengabadikan momen liburan. Beberapa waktu lalu, kami berkesempatan mencoba kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G untuk melepas penat sejenak ke daerah Sentul.

Redmi Note 13 Pro+ 5G

Pemandangan alam di sini masih asri. Ideal untuk foto lanskap. Mulai dari area persawahan yang hijau, aliran sungai yang bersih, hingga air terjun yang cantik sangat memanjakan mata. Menarik untuk diabadikan dan dibagikan di media sosial. Hasil foto Redmi Note 13 Pro+ 5G sebagai berikut

IMG_20240315_002137

1710068417278

1710068417241

Semua foto tersebut diambil dari kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G. Smartphone ini membawa kamera utama dengan OIS yang sensornya 200 megapixel. Selain itu, tersedia kamera ultra wide 8 megapixel dan kamera makro 2 megapixel. Sistem kameranya juga dilengkapi beragam mode untuk menghasilkan jepretan foto yang keren. Berikut tips kami untuk memotret lanskap yang Instagramable dengan Redmi Note 13 Pro+ 5G.

Tips memotret lanskap yang Instagramable dengan Redmi Note 13 Pro+ 5G

1. Manfaatkan mode 200 megapixel
Redmi Note 13 Pro+ 5G menyediakan mode 200 megapixel. Di mode ini Anda bisa memotret dengan memanfaatkan seluruh potensi sensor gambarnya yang memiliki resolusi 200 megapixel.

IMG 20240315 005017

Memotret di resolusi 200 megapixel punya beberapa keuntungan. Pertama, Anda bisa melakukan croping saat penyuntingan pada area tertentu setelah foto diambil dengan hasil yang tetap terjaga ketajamannya.

Ini Bisa jadi solusi untuk melakukan pembesaran atau zoom di area yang diinginkan. Foto di bawah adalah hasil crop dari area kotak merah di foto pertama yang kami ambil menggunakan mode 200 megapixel.

1710068417247

Kedua, di resolusi 200 megapixel tonal warna terlihat lebih natural. Namun, kami cermati data warna yang terekam dari sensornya tergolong kaya untuk sekelasnya. Ini sangat mempermudah saat proses penyuntingan warna. Hanya dengan sedikit memoles saturasi, warna, dan kontras Anda bisa mendapatkan hasil jepretan foto dengan warna yang mendekati aslinya.

2. Membuat efek foto aliran air yang tampak halus
Redmi Note 13 Pro+ 5G menyediakan beragam mode pemotretan. Salah satunya adalah Mode Long Exposure. Long exposure adalah salah satu teknik fotografi yang kuncinya pada pengaturan kecepatan rana kamera yang lambat. Teknik ini bisa menghasilkan foto yang sangat menarik karena akan menangkap jejak subyek yang bergerak.

1710068417259

Di skenario memotret lanskap dengan subyek air terjun atau aliran air misalnya aliran air akan tampak lebih halus. Jika memotret subyek yang menghasilkan cahaya seperti lampu kendaraan yang bergerak hasil foto akan terlihat hanya garis-garis cahayaa

Kabar baiknya, mode Long Exposure di smartphone ini sangat mudah digunakan. Tidak perlu juga repot membawa tripod. Pasalnya, sistem penstabil OIS-nya cukup memadai untuk memastikan jepretan foto yang tajam.

Mode Long Exposure Redmi Note 13 Pro+ 5G menyediakan empat opsi pengambilan gambar dengan efek berbeda. Mulai dari Moving Crowd, Neon Trails, Oil Painting, Light Painting, Starry Sky dan Star Trail. Semuanya bisa dipilih sesuai skenario pemotretan.

Untuk menghasilkan jepretan foto aliran sungai yang tampak halus Anda bisa memilih mode Oil Painting. Apabila pencahayaan terlalu terang, jika ada kaca mata hitam bisa juga dimanfaatkan untuk memangkas eksposur agar hasil foto tidak over expose.

3. Manfaatkan fitur In sensor Zoom 2x atau 4x
1710068417256

Sistem kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G memang belum dilengkapi kamera dengan lensa telefoto. Namun, memanfaatkan resolusi sensor gambarnya yang tinggi Xiaomi menghadirkan fitur In Sensor Zoom 2x dan 4x. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan zoom digital dengan cara crop langsung pada area sensor.

1710068417273
Hasilnya, jepretan foto terlihat tetap tajam dan detil. Selain ideal untuk memotret dari jarak yang cukup jauh, di opsi 4x juga sangat mumpuni memotret subyek berukuran kecil untuk foto makro.

4. Gunakan kamera wide angleĀ 
1710068417250
Jangan dilupakan juga di Redmi Note 13 Pro+ 5G tersedia kamera wide angle. Di resolusi 8 megapixel kamera ultar wide-nya cukup lebar dan memadai untuk memotret lanskap pemandangan.

5. Tools penyuntingan komplit
Xiaomi melengkapi Redmi Note 13 Pro+ 5G dengan tools penyuntingan yang cukup komplit. Dari yang dasar seperti tools untuk crop, mengatur tingkat kecerahan, saturasi, warna, ketajaman dll sudah tersedia. Beragam opsi bingkai, watermark, dan filter warna juga ada.

Selain itu, hadir tools yang didukung kecerdasan buatan atau AI. Seperti misalnya Erase bisa digunakan untuk menghilangkan subyek-subyek yang menggangu pada jepretan foto hanya dengan sekali klik. Kemudian, Sky untuk menambah efek langit biru atau senja, opsi efek bokeh, stiker dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button