Quantcast
Home GadgetHome ApplianceNews

Samsung SmartExchange Tawarkan Solusi Buang Sampah Elektronik, Bisa Ditukar Mesin Cuci Baru

Samsung Indonesia memperkenalkan program bernama Samsung SmartExchange, sebuah solusi mudah untuk membuang sampah elektronik. Bahkan, bukan cuma titip buang saja, tetapi konsumen juga bisa titip jual lalu ditukar dengan mesin cuci pintar baru dari Samsung.

Samsung SmartExchange

Samsung SmartExchange

Dalam siaran persnya, Senin (5/2), Samsung menjelaskan bahwa sampah elektronik (e-waste) membutuhkan penanganan yang spesifik karena dapat mencemari dan membahayakan lingkungan apabila dibuang sembarangan. Data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebut timbunan sampah elektronik mencapai 2 juta ton.

Solusi dari masalah inilah yang coba dihadirkan Samsung melalui SmartExchange. Melalui program ini, konsumen dapat menitip buang atau titip jual barang elektronik lama, lalu ditukar tambah (trade-in) dengan produk terbaru dari Samsung ditambah lagi dengan gratis pemasangan.

“Dengan kehadiran program SmartExchange dari Samsung, kita kini memiliki solusi cerdas untuk membuang ataupun menjual barang lama. Program ini turut membantu mengatasi tantangan seputar sampah elektronik, karena barang yang tidak terpakai tidak sekadar dibuang, melainkan didaur ulang untuk penggunaan berkelanjutan,” kata Joseph Martius, Head of Home Appliances Business, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung SmartExchange adalah program tukar tambah khusus untuk pelanggan yang membeli produk Samsung berupa mesin cuci, kulkas, microwave, TV, ataupun monitor di website samsung.com/id. Program ini menawarkan sistem tukar tambah dengan jaminan harga untuk pembelian produk lama sesuai dengan kondisi.

Bukan cuma itu, konsumen juga dapat titip jual produk atau titip buang (e-waste disposal) produk elektronik bekas mereka. Nantinya sampah ini akan didaur ulang oleh lembaga yang kompeten, sehingga konsumen bisa ikut serta melindungi kelestarian lingkungan dari bahaya sampah elektronik.

Nah, yang lebih menarik, melalui Samsung SmartExchange, konsumen bisa menukarkan produk lama mereka dengan produk terbaru dari Samsung seperti mesin cuci BESPOKE AI Washer+Dryer Combo yang memiliki kapasitas 13 dan 8kg, serta Laundry Front Load Washer & Dryer Ecobubble yang punya kapasitas besar hingga 21kg.

BESPOKE AI WasherDryer Combo 2

Cara melakukan SmartExchange dan persyaratannya

Bagi yang berminat mengikuti program Samsung SmartExchange, berikut langkah-langkah dan persyaratannya:

  1. Kunjungi dan beli produk consumer electronics di samsung.com/id bertanda khusus SmartExchange.
  2. Pada saat proses pembayaran, pilih opsi pengiriman “SmartExchange + Free Installation” pada bagian halaman alamat pengiriman.
  3. Produk baru akan diantar ke alamat pelanggan dan produk lama dapat diserahkan untuk dititip jual atau dititip buang.
  4. Tersedia gratis jasa instalasi produk untuk pelanggan program SmartExchange oleh tim yang berpengalaman.
  5. Setelah produk lama berhasil terjual, pelanggan akan mendapatkan hasil penjualan.

Persyaratan untuk produk elektronik yang bisa ditukar tambah dalam program SmartExchange ini antara lain: produk masih menyala dan berfungsi normal, kondisi layar dan panel (pada TV dan monitor) atau gear, mesin, saluran air (pada mesin cuci), kompresor dan freon (pada refrigerator), pemanas dan grill (pada microwave), semua masih dalam kondisi normal dan tidak terdapat kerusakan.

Begitu juga dengan kondisi tombol-tombol dan knob masih lengkap dan berfungsi normal, termasuk untuk remote control (untuk produk TV dan Monitor). Kondisi fisik barang elektronik lama wajib terbilang cukup baik, seperti masih mulus atau terdapat lecet, baret, atau penyok maksimal di 4 titik.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button