Quantcast
NewsFuture TechTech News

Mengenal Lumiere, Model AI Generatif Canggih dari Google untuk Membuat Video dari Teks

Google baru-baru ini mengumumkan Lumiere. Model AI generatif ini diciptakan untuk mempermudah pengguna membuat video hanya dari input teks. Penasaran dengan kecanggihan teknologi AI ini?

Google Lumiere

Tiga hal menarik dari teknologi AI Google Lumiere

Mengadopsi teknologi difusi baru
Sebagai model AI generatif untuk video Google membangun Lumiere dengan teknologi difusi baru. Jadi, berbeda dengan model AI Imagen sebelumnya. Imagen yang rilis tahun 2023 lalu diciptakan untuk membuat foto dari input teks.

Google Lumiere

Lumiere mengusung teknologi difusi dengan arsitektur Space-Time-U-N-Net. Teknologi ini sangat pintar. Bisa mengetahui letak benda-benda dalam video. Kemudian, mampu menganalisa bagaimana benda-benda tersebut bergerak dan berubah secara bersamaan.

Dengan teknologi ini Lumiere memiliki cara kerja yang berbeda dengan AI Generatif video pada umumnya. Lumiere bisa langsung membuat video hanya dalam satu proses. Sementara, mode AI generatif video yang lain bekerja dengan menyatukan beberapa frame gambar bersamaan.

Bisa hasilkan video dengan frame rate lebih tinggi
Teknologi Lumiere menjanjikan video yang dihasilkan bisa di frame rate lebih tinggi hingga 80 frame per detik.

Sementara, model AI video generatif yang lain umumnya terbatas di 14 dan 25 frame per detik. Perlu diingat semakin banyak frame maka gerakan pada video akan terlihat lebih mulus.

Fitur Lumiere
Lalu apa saja fitur yang ditawarkan Lumiere? Pertama, adalah Text-to-Video atau Video generatif. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat video apa saja langsung dari input teks.

Google Lumiere

Fitur kedua adalah Image-to-Video. Lewat fitur ini Lumiere bisa mengkonversi gambar atau foto menjadi sebuah video dengan beragam efek gerakan.

Google Lumiere

Fitur ketiga Stylized Generation. Fitur ini memungkinkan Lumiere untuk membuat video dari referensi gambar yang diinput.

Google Lumiere

Fitur keempat Cinemagraph. Dengan fitur ini Anda bisa menyeleksi area pada sebuah foto untuk membuat efek gerakan animasi.

Google Lumiere

Terakhir Video Stylization dan Inpainting. Fitur ini memungkinkan Anda menyeleksi area dan menggantinya pada sebuah video dengan konsisten. Misalnya, mengubah kostum atau warna kostum pada subyek di video. Atau, bisa juga mengganti subyek pada video dengan apapun yang Anda inginkan.

Google Lumiere Google Lumiere

Kehadiran Lumiere memang berhasil menaikkan standar model AI video generatif yang telah ada saat ini. Dengan kecanggihannya tersebut dunia kreatif kedepannya akan semakin dipermudah. Namun, meski sudah diumumkan belum ada informasi lebih lanjut kapan teknologi AI canggih ini akan dibuka ke publik.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button