Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series

Pada peluncuran Samsung Galaxy S24 Series beberapa waktu yang lalu, Samsung sekaligus mengumumkan kehadiran fitur baru bernama Galaxy AI. Menurut Samsung, fitur tersebut dapat membuka berbagai kemungkinan baru dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel kali ini, YANGCANGGIH.com ingin mengajak Anda memahami semua hal yang perlu diketahui tentang Galaxy AI, mulai dari fungsinya hingga teknologi yang digunakan. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak!

1. Apa itu Galaxy AI?

Galaxy S24 Series dl1

Galaxy AI merupakan fitur berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI), yang diimplementasikan pada perangkat Samsung khususnya Galaxy S24 Series. AI di sini dioptimalkan lebih jauh lagi. Bukan hanya sekadar untuk urusan fotografi dan videografi saja, tetapi juga diterapkan pada fungsi lainnya untuk menunjang keseharian.

2. Apa fungsinya?

Secara garis besar, Galaxy AI dirancang untuk membuat setiap aspek kehidupan penggunanya lebih baik lagi, terutama terkait peran smartphone yang paling fundamental yaitu komunikasi. Dengan teknologi ini Samsung dapat menghadirkan segudang fitur yang dapat membuat skenario tertentu menjadi lebih praktis dan mudah.

3. Bagaimana contoh penggunaan Galaxy AI?

Misalnya saat Anda sedang berbicara dengan seseorang dari negara lain melalui telepon dan terkendala bahasa dalam berkomunikasi. Galaxy AI pada Galaxy S24 Series mempunyai fitur Live Translate yang dapat menerjemahkan suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional dan pastinya aman. Anda tidak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya.

Transcript assist Galaxy S24
Transcript Assist

4. Apakah fungsi penerjemah ini bisa dipakai pada percakapan langsung?

Ya, jangan khawatir ketika Anda sedang terlibat dalam percakapan langsung dan kurang paham bahasanya. Fitur Interpreter dapat menerjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, kita bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

 

5. Adakah fitur AI untuk chatting?

Ada. Namanya Chat Assist. Dengan fitur ini, perangkat akan membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial. Pengguna pun bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard.

Galaxy AI Chat Assist Galaxy S24 2
Chat Assist

6. Bagaimana dengan fitur penunjang produktivitas?

Anda bisa lebih produktif dengan Note Assist di Samsung Notes. Fitur tersebut didukung AI untuk membuat ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali.

Ada juga Transcript Assist yang turut hadir dengan teknologi AI, serta fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

Note Assist Galaxy S24
Note Assist

7. Adakah fitur AI untuk pengendara mobil?

Ketika terhubung dengan Android Auto di mobil, AI bisa secara otomatis merangkum pesan-pesan yang masuk ke smartphone serta memberi saran balasan dan tindakan yang tepat, misalnya mengirim perkiraan waktu sampai di tujuan. Dengan begitu, Anda dapat tetap fokus menyetir.

8. Galaxy AI punya fitu Circle to Search, apa itu?

Circle to Search dirancang untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian online. Fitur hasil kolaborasi dengan Google ini merupakan platform pencarian online untuk menghasilkan temuan baru berbekal gestur sederhana.

Galaxy AI Galaxy S24 Series dl2

Ketika tombol Beranda ditekan lama, Anda bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

Contohnya saat melihat landmark yang indah di latar belakang post media sosial, melihat barang menarik yang dibawa oleh teman, mencari tahu tipe mobil keren yang Anda temukan di parkiran mall, dan sebagainya. Tinggal ambil gambarnya, lalu gunakan Circle to Search untuk mendapatkan informasi yang sesuai.

9. Seperti apa teknologi Galaxy AI untuk editing foto?

Samsung Galaxy S24 Series hadir dengan ProVisual Engine, yang berisikan tools berbasis AI. Fitur ini dapat membantu Anda mulai dari membidik objek hingga membagikannya di media sosial.

Berkat Galaxy AI editing tools, Anda bisa mengakses beragam fitur penyunting foto seperti menghapus objek, recompose, dan remaster. Untuk optimalisasi yang lebih mudah dan efisien, Anda bisa memanfaatkan Edit Suggestion untuk memberi saran penyesuaian yang sempurna untuk setiap foto.

Sementara fitur berbasis AI lainnya, yaitu Generative Edit, mampu mengisi bagian latar belakang gambar dengan AI generatif.

Samsung Galaxy S24 Ultra 2

10. Bagaimana dengan fitur AI untuk video?

Menurut kemampuan AI untuk urusan video merupakan salah satu teknologi yang paling inovatif di Galaxy S24 Series. Lewat fitur bernama Instant Slow-mo, perangkat bisa menghasilkan frame tambahan berdasarkan pergerakan pada video yang diedit. Hasilnya adalah video slow motion yang smooth meskipun Anda merekamnya di 30fps, bahkan pada gerakan yang cepat sekalipun.

11. Bisa upload ke Instagram dengan kualitas tinggi?

Ya, aplikasi media sosial pihak ketiga bisa mendapatkan keunggulan sistem kamera berbasis teknologi AI dari Samsung Galaxy secara maksimal. Saat mencari foto di Gallery atau Instagram feed dan reels, gambar dan video juga akan tampil dalam mode Super HDR untuk rentang kecerahan, warna, dan kontras yang lebih hidup sebagai hasil analisis dari bagian yang disorot pada gambar.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button