NewsFuture TechOtomotifProduct News

Mengenal Xiaomi SU7, Mobil Listrik Sporty dengan Sederet Fitur Canggih

Xiaomi resmi melebarkan sayap ke industri otomotif. Mobil listrik pertamanya, Xiaomi SU7, resmi diumumkan. Tampil dengan desain sporty mobil listrik pintar ini menawarkan performa, jarak tempuh dan standar keselamatan baru di industri kendaraan listrik. Seperti apa?

Xiaomi SU7

Segala hal tentang Xiaomi SU7

1. Bagian dari ekosistem pintar Human x Car x Home
Di bulan Oktober lalu Xiaomi resmi mengumumkan strategi grup baru yakni ekosistem pintar Human x Car x Home. Menggantikan strategi Smartphone x AIoT yang selama ini digunakan.

Xiaomi SU7

Human x Car x Home adalah ekosistem pintar yang mengintegrasikan skenario melibatkan orang, mobil dan rumah. Ekosistem ini akan memfasilitasi konektivitas perangkat yang mulus dan koordinasi secara real-time antar individu dengan perangkat. Bahkan, ekosistem ini diharapkan bisa mendorong kolaborasi antar mitra industri.

Lewat strategi Human x Car x Home ini mobil menjadi salah satu komponen yang menjadi fokus utama. Nah, dengan dirilisnya mobil listrik SU7 artinya ekosistem pintar Human x Car x Home sudah resmi komplit.

2. Kecerdasan Buatan dan sistem operasi Xiaomi HyperOS ikut ambil peran
Ekosistem Human x Car x Home memungkinkan kolaborasi dan evolusi bersama antara individu, perangkat, dan layanan cerdas di dalamnya.

Xiaomi SU7 3

Memanfaatkan konektivitas lintas perangkat HyperConnect, sistem operasi terbarunya, HyperOS, dengan mulus mengintegrasikan lebih dari 200 kategori produk, termasuk mobil listrik. Cakupan ekosistem Human x Car x Home juga meluas ke lebih dari 95% skenario harian pengguna. Memungkinkan kecerdasan bisa melayani setiap individu.

Oleh karena itu ekosistem ini turut memberdayakan kecerdasan buatan Xiaomi HyperMind. Teknologi kecerdasan buatan canggih ini akan bertugas sebagai sebagai pusat penalaran cerdas, dan dapat memahami serta belajar dari kebiasaan pengguna, serta bisa memberikan solusi otomatis dan proaktif kepada pengguna.

3. Lima pilar teknologi kendaraan listrik inovatif

Xiaomi SU7 4Menjadi pendatang baru di industri otomotif SU7 mengadopsi sejumlah teknologi kendaraan listrik yang canggih. Pengembangan mobil listrik ini mengusung lima pilar utama yakni: E-Motor (motor listrik), Teknologi baterai inovatif, Xiaomi Die-Casting, Xiaomi Pilot Autonomous Driving, dan Smart Cabin.

Xiaomi SU7 5

Inovasi motor elektrik HyperEngine V6/V6s dan HyperEngine V8s diklaim memiliki kinerja setara mesin V6 dan V8 tradisional. Baterai yang menjadi komponen utama mobil listrik dikembangkan menggunakan teknologi Inverted Cell Technology. Hasilnya, baterai SU7 bisa lebih ramping dan efisien dengan kapasitas lebih besar, sekaligus mampu menawarkan jarak tempuh hingga 1.200 Km.

Xiaomi SU7 6

Kemudian, lewat Xiaomi Die-Casting T9100 cluster Xiaomi berhasil menggabungkan 72 komponen di bagian bawah belakang menjadi satu unit. Dengan begitu bisa mengurangi sambungan pengelasan sebanyak 840, mengurangi berat total mobil sebesar 17%, dan mengurangi waktu produksi secara signifikan sebanyak 45%. T9100 cluster juga mengusung materaial alloy eksklusif Xiaomi Titans Metal. Material alloy yang dikembangkan Xiaomi ini memiliki ketahanan tinggi, elastisitas, dan tahan terhadap panas.

Xiaomi SU7 7

Kecanggihan SU7 semakin menonjol lewat teknologi Xiaomi Pilot Autonomous Driving . Sistem kemudi otonom mutakhir ini didukung teknologi Adaptive BEV yang revolusioner untuk mengenali dan memetakan kondisi jalanan, serta menghindari rintangan secara real time. Kecerdasan buatan yang diusungnya bahkan mampu mendukung fitur parkir otomatis sekalipun di skenario yang sulit.

Xiaomi SU7 9

Terakhir, Smart Cabin menghadirkan pengalaman interaktif dan imersif di dalam kabin. Di area kokpit bisa ditemukan konsol tengah 16,1 inci dengan resolusi 3K, layar proyeksi HUD 56 inci, dan dasbor yang dapat berputar berukuran 7,1 inci.  Sistem OS dalam kendaraan juga bisa terhubung ke hampir semua perangkat IoT. Selain itu, interior mobil juga dirancang lebih fleksibel dengan konektivitas yang lengkap.

4. Masuk lima besar produsen mobil teratas

Xiaomi SU7 10
Mobil listrik ini dan strategi Human x Car x Home menjadi bukti keseriusan Xiaomi masuk ke dalam industri otomotif. Investasi yang digelontorkan lebih dari 10 miliar CNY untuk penelitian dan pengembangan, serta didukung tim yang terdiri dari 3.400 engineer dan tenaga ahli. Dengan strategi, dukungan tim dan investasi bernilai sangat besar tersebut dalam 15 hingga 20 tahun ke depan Xiaomi bertekad menjadi salah satu dari lima produsen mobil global teratas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button