Quantcast
Mobile GadgetReviewWearable

Review Huawei Watch GT 4

Memasuki generasinya yang keempat Huawei Watch GT 4 kembali mencuri perhatian. Jam tangan pintar ini membawa pembaruan yang cukup signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Penasaran bagaimana kebolehan jam tangan pintar ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Huawei Watch GT 4

Kelebihan Huawei Watch GT 4

+ Desain Dial Oktagonal yang keren dan tidak pasaran
+ Opsi model dan strap beragam
+ Layar cemerlang
+ Fitur pelacakan kebugaran komplit
+ Fitur pelacakan pola tidur lebih canggih
+ Mode Olahraga lebih dari 100+
+ Opsi watchface banyak
+ Baterai tahan lama

Kekurangan Huawei Watch GT 4

– Dukungan aplikasi masih terbatas
– Fitur NFC nyaris tidak berguna

Desain stylish untuk beragam gaya

Huawei Watch GT 4 tersedia dalam dua pilihan ukuran yakni 46mm dan 41mm. Keduanya punya desain yang berbeda. Untuk model yang kami ulas berikut ini adalah yang berukuran 46mm dengan strap kulit.

Desainnya sangat keren dan tidak pasaran. Watch GT 4 adalah jam tangan pintar pertama Huawei dengan desain dial oktagonal. Unik sekaligus memberi kesan premium dan tetap serbaguna. Bisa untuk pengunaan sehari-hari, teman olahraga, hingga acara resmi.

Huawei Watch GT 4 Launch 6

Satu daya tariknya di generasi Watch GT 4 opsinya paling komplit. Untuk pertama kalinya Huawei juga memberikan empat model dengan warna yang berbeda.

Ada warna hitam dengan strap hitam fluoroelastomer yang tampil sporty, warna cokelat dengan strap berbahan kulit untuk tampilan klasik yang stylish, warna abu-abu yang memiliki strap stainless untuk gaya formal dan warna hijau yang hadir dengan strap berbahan dasar daur ulang dari 70% nylon dan polyester botol plastik yang cocok untuk bergaya maupun berolahraga.

Huawei Watch GT 4 VS GT 3-

Menurut kami Huawei juga sangat cermat merancang Watch GT 4. Ini terlihat dari desain crown di posisi jam 2 yang kini sedikit lebih tipis jika dibandingkan crown di Watch GT 3 sebelumnya. Alhasil, saat olahraga menggunakan sarung tangan ataupun bersepeda, di posisi telapak tangan menekuk tombol crown tersebut tidak akan mudah tertekan.

Soal ketahanan Watch GT 4 sudah dirancang tahan air dengan standar 5 ATM. Jadi, tidak perlu khawatir menggunakannya di kondisi cuaca tidak menentu atau terkena keringat saat olahraga.

Selama kami gunakan bobot Watch GT 4 memang sedikit lebih berat jika dibandingkan Watch GT 3. Rancangan bodi Watch GT 4 yang terbuat dari stainlees steel juga lebih ramping dari Watch GT 3. Secara keseluruhan jam tangan pintar ini tetap sangat nyaman digunakan untuk menemani kami aktivitas sehari-hari dan olahraga.

Layar AMOLED yang cemerlang

Dengan ukuran 46 mm jam tangan pintar ini memuat layar sentuh AMOLED berukuran 1.43 inci yang dikelilingi bezel. Ukuran panel layarnya sama dengan Watch GT 3 sebelumnya.

Huawei Watch GT 4 2

Layarnya sangat cemerlang. Tampilan di layar terlihat tajam dan kaya warna. Saat digunakan respon layarnya dengan sentuhan jari sangat baik. Navigasi di layarnya dengan sapuan jari juga terasa sangat mulus. Alternatif navigasi yang lain Anda bisa memanfaatkan crown dan tombol di samping bodinya.

Tingkat kecerahan juga amat baik. Dengan pengaturan tingkat kecerahan layar maksimum, layarnya masih bisa tetap terlihat jelas di kondisi pencahayaan luar ruangan yang terik.

Selain itu, layar tersebut sudah mendukung fitur Always-On-Display (AOD). Untuk menyesuaikan gaya Anda Huawei menyediakan beragam opsi watch face. Dari model elegan, sporty, klasik semua tersedia. Tercatat ada hingga 25000 opsi Watch Face yang bisa dipilih sesuai selera lewat aplikasi Huawei Health di smartphone.

Fitur serupa tapi lebih canggih

Fitur Watch GT 3 dan Watch GT 4 masih terlihat mirip. Fungsi pemantau kebugaran, aktivitas dan pola tidur masih tersedia. Watch GT 4 juga tetap membawa sederet sensor Watch GT 3 seperti sensor pemantau detak jantung, SpO2, akselorometer, giroskop, temperatur, baromoter, magnetometer, hingga GPS.

Huawei Watch GT 4 8

Perbedaannya, GT 4 kini didukung teknologi TruSeen 5.5+. Menggantikan teknologi TruSeen 5.0 di GT 3 sebelumnya. Menurut Huawei, teknologi TruSeen 5.5+ lebih pintar dengan AI yang telah ditingkatan. Algoritma TruSeen 5.5+ kini mampu memantau detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) secara berkala dengan lebih akurat.

Huawei Watch GT 4 5

Pada prakteknya, untuk penggunaan sehari-hari peningkatan ini memang tidak terlalu terasa signifikan jika kami bandingkan dengan Watch GT 3. Baik untuk pemantau kebugaran ataupun aktivitas olahraga.

Perbedaan baru terlihat dengan hadirnya fitur Pulse Wave Arrhythmia Analysis di Watch GT 4. Fitur ini secara berkala bisa mendeteksi irama jantung lewat berbagai indikator. Alhasil, jam tangan pintar ini mampu mendeteksi risiko aritmia dengan tepat dan mudah. Selain itu, fitur TruSleep 3.0 juga diperbarui dengan kemampuan pelacakan pola tidur yang lebih akurat.

Khusus untuk para wanita di Watch GT 4 kini tersedia teknologi Intelligent Menstrual Cycle Tracking 3.0. Teknologi ini bisa membantu pengguna perempuan mengawal siklus menstruasi dan memperkirakan masa ovulasi dengan berbagai indikator dengan lebih akurat.

Untuk teman Olahraga di Watch GT 4 tersedia hingga lebih dari 100 mode olahraga. Informasi yang ditampilkan terkait nilai dan kualitas tidur juga bisa dilihat di aplikasi Huawei Health. Ulasannya sangat detil, informatif dan sangat mudah dipahami.

Performa Huawei Watch GT 4

Huawei Watch GT 4 tetap menjalankan sistem operasi HarmonyOS seperti Watch GT 3 sebelumnya. Antarmukanya menurut kami sangat sederhana. Mudah digunakan sekalipun untuk para pengguna yang belum pernah menggunakan jam tangan pintar sebelumnya. Seluruh efek animasi yang tampil di layarnya juga terlihat sangat mulus.

Jam tangan pintar ini bisa kompatibel ke hampir semua smartphone. Termasuk, smartphone Android dengan minimum sistem operasi Android 8.0 atau lebih baru dan iPhone minimum iOS 13.

Dari pengujian kami performa Watch GT 4 sangat memuaskan. Tidak terasa lag sama sekali. Di pengujian olahraga kami menggunakan Huawei Watch GT 4 untuk Gym. Hasilnya, jam tangan pintar ini bisa melacak aktvitas olahraga kami dengan sangat komprehensif.

Huawei Watch GT 4 Huawei Health 7

Durasi olahraga, jumlah kalori yang terbakar, denyut jantung, zona denyut jantung, semua bisa dipantau dengan sangat baik. Informasi ini bisa ditampilkan langsung di layarnya. Atau, bisa juga dilihat di ponsel melalui aplikasi Huawei Health setelah olahraga selesai.

Fitur pelacakan pola tidurnya juga tetap jempolan. Watch GT 4 mampu melakukan pelacakan pola tidur dengan konsisten dan akurat berkat algoritme pelacakan pola tidur yang telah ditingkatkan.

Informasi yang ditampilkan terkait nilai dan kualitas tidur juga bisa dilihat di aplikasi Huawei Health. Ulasannya sangat detil dan informatif. Kemampuan pelacakan pola tidurnya juga didukung fitur Sleep breathing awareness yang bisa mendeteksi pernapasan abnormal saat Anda tidur. Fitur ini tidak didukung di Watch GT 3.

Baterai Huawei Watch GT 4

Untuk daya tahan baterainya Watch GT 4 tetap menjanjikan ketahanan baterai hingga 14 hari seperti Watch GT 3. Selama seminggu setiap hari kami gunakan jam tangan pintar ini, untuk aktivitas olahraga selama tiga hari, pengaturan kecerahan layar 50%, dan tidak mengaktifkan fitur Always-On-Display, dalam seminggu baterainya masih tersisa sekitar 40%. Termasuk hemat daya untuk sebuah jam tangan pintar kekinian.

Kesimpulan

Pembaruan desain Huawei Watch GT 4 menjadi daya tarik utama. Tidak pasaran dan berbeda dengan jam tangan pintar lain di pasaran. Beragam model bisa dipilih menyesuaikan selera dan gaya masing-masing pengguna.

Peningkatan pada fitur-fiturnya juga patut diacungi jempol. Semakin cerdas dan akurat. Bisa diandalkan untuk teman olahraga ataupun bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat dan aktif. Paling penting, peningkatan pada fitur tersebut tidak berdampak signifikan pada daya tahan baterai. Konsumsi dayanya tetap termasuk irit dengan menjanjikan waktu guna hingga 14 hari.

Huawei Watch GT 4 dijual dengan harga 3,499 Juta Rupiah. Dengan desain yang keren dan tidak pasaran, fitur komplit, dan baterai tahan lama, Huawei Watch GT 4 adalah jam tangan pintar terbaik Huawei saat ini.

Dengan desain yang keren dan tidak pasaran, fitur komplit, dan baterai tahan lama, Huawei Watch GT 4 adalah jam tangan pintar terbaik Huawei saat ini.
9

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button