Quantcast
Mobile GadgetAksesoris GadgetGadget GuideNewsProduct News

Samsung SmartTag2 dan Apple AirTag, Pilih Mana? [Gadget Guide]

Generasi kedua smart tracker dari Samsung, SmartTag2, resmi diumumkan bulan Oktober lalu. Aksesoris ini akan kembali bersaing dengan AirTag dari Apple yang menawarkan fungsi sejenis. Berikut panduan singkat dalam memilih SmartTag2 dan AirTag.

smarttag2 feature m 950x385 1

Desain Samsung SmartTag2 dilengkapi lubang

SmartTag2 dan AirTag hadir dengan desain yang sama-sama ringkas. Tapi, SmartTag2 desainnya lebih praktis dengan tambahan lubang. Dengan begitu bisa langsung dipasang ke kunci atau benda lain. Tidak perlu aksesoris tambahan.

Samsung SmartTag2

SmartTag2 tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih. Samsung juga menyediakan aksesoris case silikon dengan beragam pilihan warna.

Apple AirTags

Sementara, AirTag hadir dengan desain yang mirip koin. Bisa langsung diselipkan ke dompet atau tas. Tapi, untuk terpasang ke kunci AirTag wajib dipasang ke aksesoris yang sudah disediakan Apple yakni Polyurethane Loop, Leather Loop, dan Leather Key Ring.

Apple AirTags aksesori

Tombol pintas serbaguna

Samsung SmartTag2 1

Satu keunggulan SmartTag2 yang tidak dimiliki AirTag adalah hadirnya tombol pintas. SmartTag2 punya tombol pintas yang bisa diatur. Lewat aplikasinya di smartphone Anda bisa mengatur fungsi tombol tersebut. Misalnya, diatur untuk menyalakan lampu pintar atau perangkat pintar lain di rumah yang masuk di ekosistem SmartThings Samsung.

Teknologi Ultra-Wideband (UWB)

SmartTag2 dan AirTag sama-sama mengusung teknologi chip ultra-wideband. Teknologi ini memungkinkan pelacakan yang lebih presisi dengan dukungan fitur AR (Augmented Reality).

SmartTag2 3

Kendati demikian, untuk SmartTag2 fitur ini hanya kompatibel dengan ponsel Samsung yang mendukung UWB seperti Galaxy S23 Ultra atau Galaxy Z Fold 5. Sementara, fitur UWB AirTag kompatibel dengan semua iPhone mulai dari generasi iPhone 11 dan di atasnya.

Apple AirTags 3

Daya tahan baterai

SmartTag2 dan AirTag menggunakan baterai koin CR2023 yang sama sebagai sumber tenaga. Tapi, ketahanan baterai SmartTag2 lebih tahan lama. Di mode Normal bisa hingga 500 hari dan di mode Power Saving bisa hingga 700 hari. AirTag ketahanan baterainya sekitar 365 hari.

Harga

SmartTag2 dijual dengan harga US$29.99 dan AirTag di US$29. Harga jual keduanya cukup bersaing. Kedua smart tracker ini bekerja secara eksklusif dengan ekosistemnya masing-masing. Namun, Galaxy SmartTag2 dengan ketahanan baterai lebih lama dan tombol pintas serbaguna menjadikannya lebih unggul dari AirTag.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button