Quantcast
KomputerMobile GadgetNewsTech News

Mediatek Luncurkan Chip Filogic 860 dan Filogic 360 untuk Sambut Era Wi-Fi 7

Era Wi-Fi 7 sebentar lagi akan dimulai. Menyambut kehadiran teknologi Wi-Fi teranyar ini Mediatek meluncurkan dua chip Wi-Fi 7 terbaru yakni Filogic 860 dan Filogic 360.

Mediatek Filogic

Mediatek Filogic 860

Mediatek Filogic 860

Kehadiran chip ini menjadikan Mediatek salah satu pabrikan dengan portfolio Wi-Fi 7 terlengkap di industri. Filogic 860 dan Filogic 360 adalah chip Wi-Fi 7 generasi kedua dari Mediatek. Keduanya menyasar segmen yang berbeda.

Filogic 860 menyasar segmen perusahaan dan ritel. Chip ini diperuntukkan untuk perangkat jaringan. Seperti misalnya untuk perangkat router, access point dual-band, dan mesh node.

Filogic 860 membawa CPU triple-core Arm Cortex-A73. Jadi, bisa mendukung akselerasi perangkat keras untuk tunneling dan fitur keamanan canggih guna memenuhi permintaan perusahaan dan penyedia layanan.

Paling menarik rancangannya mengusung fabrikasi 6nm. Dengan begitu bisa menawarkan efisiensi daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dari rilis resmi yang kami terima, secara teori Filogic 860 diklaim mampu menawarkan kecepatan Wi-Fi 7 hingga 7,2Gbps. Tercepat saat ini di industri.

Chip ini juga sudah mendukung MLO MAC tunggal, 4096-QAM dan MRU, Dual Band, dan mendukunga antena penerima tambahan. Selain itu, tersedia juga dukungan teknologi Filogic Xtra untuk memperluas cakupan area jangkauan menggunakan antena tambahan.

Mediatek Filogic 360

Mediatek Filogic 360

Chip Filogic 360 disiapkan untuk menyasar segmen end-user atau pengguna. Jadi, chip ini diperuntukkan untuk perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, set-top boxes dan masih banyak lagi.

Filogic 360 dilengkapi dukungan Wi-Fi 7 2×2 dan dual Bluetooth 5.4. Chip ini menawarkan semua kecanggihan fitur Wi-Fi 7. Mulai dari 4096 QAM, MU-MIMO (multi-user, multiple input, multiple output), dan kecepatan hingga 2.9 Gbps.

Filogic 360 juga mendukung channel bandwith hingga 160MHz, dan teknologi Filogic Xtra untuk menghadirkan konektivitas yang lebih baik saat pengguna berada lebih jauh dari titik akses.

Untuk konektivitas Bluetooth, Filogic 360 membawa tambahan dukungan untuk Bluetooth LE Audio dengan DSP terintegrasi yang mendukung codec LC3.

Satu hal yang menarik MediaTek juga mengadopsi teknologi koeksistensi canggih. Berakt teknologi ini sinyal Wi-Fi 7 dan Bluetooth dipastikan tidak akan mengganggu satu sama lain. Sekalipun saat keduanya beroperasi pada pita 2.4GHz yang sama.

Ketersediaan Mediatek Filogic 860 dan Filogic 360

Filogic 860 dan Filogic 360 akan diujicobakan kepada pelanggan dan produksi massal sekitar medio 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button