NewsFoto & VideoKamera MirrorlessTech News

Mengenal Sensor Global Shutter di Sony a9 III

Sony a9 III menjadi mirrorless pertama di dunia dengan sensor global shutter. Satu fitur yang menjadi sorotan dari teknologi sensor ini adalah kemampuan memotret tanpa henti yang luar biasa cepat.

Sony a9 III

a9 III mampu memotret dengan kecepatan hingga 120 fps. Menjadikannya standar baru kamera mirrorless full frame untuk memotret aksi-aksi yang cepat. Berikut segala hal yang wajib Anda ketahui tentang sensor global shutter.

Mengenal sensor global shutter di Sony a9 III

Global shutter merujuk pada metode sensor dalam memproses gambar. Sensor pada kamera memproses gambar dengan dua metode. Di antaranya rolling shutter dan global shutter. Metode rolling shutter yang umum digunakan hampir semua sensor kamera.

rolling shutter vs global shutter 1

Sensor dengan metode rolling shutter memproses gambar dengan memindai setiap baris per baris pixel pada sensor dari atas ke bawah.

Dengan metode ini memang masih ada kekurangan. Misalnya, di skenario saat memotret tanpa henti dengan kecepatan tinggi akan terjadi sedikit jeda.

Memotret dengan flash metode rolling shutter memerlukan sinkronisasi antara flash dan kecepatan rana kamera. Selain itu, di modus foto dan video rolling shutter juga bisa mengakibatkan efek distorsi dan flicker.

Nah, dengan metode global shutter inilah semua kekurangan rolling shutter bisa diatasi. Global shutter memproses gambar dengan mengekspos dan membaca semua piksel pada sensor secara serentak. Tidak baris per baris seperti metode rolling shutter. Perbandingannya bisa dilihat pada video berikut:

Imbasnya, di skenario memotret tanpa henti Anda bisa merasakan pengalaman memotret dengan kecepatan tinggi yang mulus dan tanpa jeda.

sony a9 III 5

Saat memotret dengan flash, sensor global shutter dapat melakukan sinkronisasi dengan flash di hampir semua kecepatan rana kamera. Klaim Sony, a9 III bisa melakukan sinkronisasi dengan kecepatan rana kamera hingga 1/80,000 detik. Di modus foto dan video sensor global shutter juga dijamin tidak akan ada distorsi dan bebas flicker.

Mudahnya perbandingan antara rolling shutter dan global shutter bisa dilihat pada baling-baling helikopter di video berikut:

Pada akhirnya, dengan menjadi yang pertama mengusung sensor global shutter a9 III memang menyalip semua kompetitornya. a9 III menjadi bukti Sony tidak berhenti melakukan inovasi.

Sederet fitur canggih yang dibawa kamera ini menjadikannya unggul untuk memotret aksi-aksi cepat yang belum pernah dicapai kamera mirrorless full frame manapun sebelumnya. Apakah penggunaan sensor global shutter akan diadopsi juga oleh kamera full frame dari pabrikan lain? Mari kita tunggu tanggal mainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button