Quantcast
NewsFoto & VideoKamera MirrorlessProduct News

Sony a9 III: Mirrorless Full Frame Pertama di Dunia dengan Sensor Global Shutter

Sony kembali mendobrak dunia fotografi. Sony a9 III resmi diumumkan dan menjadi mirrorless full frame pertama di dunia dengan sensor global shutter.

Sony a9 III

Spesifikasi Sony a9 III

Sebelum membahas spesifikasi a9 III lebih lanjut Anda wajib mengetahui apa itu sensor global shutter. Global shutter merujuk pada metode sensor dalam memproses gambar.

Perlu diketahui sensor gambar punya dua metode dalam memproses gambar yakni global shutter dan rolling shutter. Sensor dengan global shutter memproses gambar yang ditangkap dengan mengekspos dan membaca semua piksel pada sensor secara serentak. Sementara, metode rolling shutter yang umum digunakan sensor gambar saat ini membaca setiap piksel secara baris per baris.

rolling shutter vs global shutter 1

Imbasnya, sensor dengan metode global shutter mampu menyajikan pengalaman memotret tanpa henti yang tanpa jeda. Kemampuan sinkronisasi dengan flash juga bisa di semua kecepatan rana kamera. Paling penting metode ini memungkinkan tangkapan gambar yang bebas distorsi dan flicker di modus foto dan video.

Sony a9 III

a9 III hadir dengan sensor global shutter full frame stacked CMOS yang resolusinya 24.6 megapixel. Sensornya tersebut ditopang teknologi prosesor BIONZ XR generasi terbaru. Prosesor ini menawarkan kemampuan memproses gambar delapan kali lebih kencang jika dibandingkan prosesor BIONZ XR di a9 II.

Dengan spesifikasinya tersebut a9 III sanggup memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 120 fps tanpa jeda. Menjadikannya sangat ideal untuk mengabadikan momen dengan aksi-aksi sangat cepat seperti misalnya foto olahraga.

Sony a9 III

Teknologi kecerdasan buatan juga didukungnya. a9 III membawa AI processing unit tambahan untuk menunjang fitur autofocus. Jadi, sistem autofocus 759 titik yang mencakup 95.6% area sensornya ini sangat pintar, cepat dan presisi.

Di modus video a9 III bisa menghasilkan video 4K/60p oversampling dari video 6K tanpa crop. Beragam fitur perekaman video kelas profesional juga tersedia. Mulai dari kemampuan merekam 10-bit 4:2:2 All-I, 16-bit RAW output, S-Cinetone, S-Log3 dan dynamic active mode stabilization. a9 III juga menjadi mirrorless Sony pertama yang bisa merekam video 4K/120p tanpa crop.

Sony a9 III

Untuk menstabilkan pengambilan gambar kamera ini sudah dilengkapi fitur penstabil lima-axis di bodinya. Kemampuan stabilisasinya bisa hingga sekitar 8 stop. Jadi, sangat mumpuni untuk penggunaan tanpa tripod atau gimbal kamera.

Untuk fitur lain a9 III sudah membawa layar sentuh fleksibel berukuran 3.2 inci dengan cakupan warna DCI-P3, jendela bidik OLED, dan mendukung voice memo seperti a9 II. Selain itu, a9 III juga menjanjikan pengalaman transfer data yang dua kali lebih cepat dan stabil dari a9 II lewat kabel Ethernet atau WiFi.

Harga Sony a9 III

Dengan semua kecanggihannya tersebut a9 III dijual dengan harga US$5999 atau sekitar 93 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button