Quantcast
KomputerNewsTech News

Apple M3, M3 Pro dan M3 Max: Chipset PC 3nm Pertama di Industri dan Paling Canggih

Chipset Apple M3 Series resmi diumumkan. Memasuki generasi ketiganya, untuk pertama kali Apple langsung mengumumkan tiga chipset sekaligus yakni M3, M3 Pro dan M3 Max.

Apple M3 Series

Spesifikasi Apple M3, M3 Pro dan M3 Max

Ketiga chipset ini akan menjadi standar baru di industri. Pasalnya, Apple M3, M3 Pro dan M3 Max adalah chipset pertama untuk PC yang mengusung fabrikasi 3nm.

Apple M3 Series

Ini memungkinkan ketiga chipset tersebut mampu membawa lebih banyak transistor dalam ukuran yang lebih kecil. Imbasnya, ketiganya membawa lompatan performa dan efisiensi daya yang signifikan sejak debut chip Apple M1 diperkenalkan.

Menurut Apple, secara keseluruhan ada empat fokus utama peningkatan yang ditawarkan ketiga chip ini dibandingkan dua generasi sebelumnya. Peningkatannya tersebut antara lain:

  • Performace Core 15% lebih cepat dari chip M2 dan 30% lebih cepat dari M1.
  • Efficiency Core 30% lebih cepat dari chip M2 dan 50% lebih cepat dari M1.
  • Neural Engine lebih cepat 15% dari M2 dan 60% dari M1.
  • Performa GPU lebih kencang dan efisien. Untuk rendering kecepatannya 2.5X lebih cepat jika dibandingkan M1.

Pertama mendukung teknologi dynamic Caching pada GPU

Rahasia GPU ketiga chip ini lebih kencang dan efisien ada di teknologi bernama Dynamic caching.

Apple M3 Series

Teknologi ini adalah yang pertama dan akan menjadi standar baru di industri GPU. Cara kerja GPU pada umumnya dengan mengalokasikan penggunaan memori lokal pada hardware secara real time.

Nah, cara kerja Dynamic Caching berbeda. Dengan Caching Dynamic alokasi memori hanya diambil sesuai yang dibutuhkan saja untuk menjalankan tugas. Imbasnya, secara keseluruhan ini akan meningkatkan pemanfaatan GPU rata-rata. Secara signifikan akan meningkatkan performa pada saat menjalankan aplikasi berat seperti aplikasi penyuntingan video dan game.

Keunggulan lain ketiganya juga menjadi yang pertama mendukung teknologi Ray Tracing dan Mesh shading berbasis hardware. Fitur ini memungkinkan pemrosesan seperti cahaya, geometri dan visual secara keseluruhan pada game dan aplikasi yang membutuhakan banyak grafis bisa dilakukan sangat cepat dan tetap efisien.

Terakhir, ketiganya juga menjadi yang pertama mendukung codec video AV1. Codec ini memungkinkan penggunaan daya yang lebih hemat saat streaming video lewat internet.

Ketersediaan Apple M3, M3 Pro dan M3 Max

Apple M3, M3 Pro dan M3 Max memulai debut perdana di MacBook Pro dan iMac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button