TipsMobile GadgetSmartphone

[Tips] Cara Menghemat Baterai Smartphone Realme dengan realme UI 4.0

Smartphone realme selalu dibekali baterai dengan kapasitas besar dan efisiensi daya yang baik untuk menemani aktivitas seharian penuh. Namun bagi para heavy user, ada kalanya daya tahan baterai tidak cukup dan masih harus membawa power bank.

Melalui siaran persnya, Senin (30/10), realme membagikan sedikit tips tentang cara menghemat baterai smartphone garapannya. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak!

Cara menghemat baterai smartphone realme

Agar baterai bisa lebih tahan lama, berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Atur tingkat kecerahan layar secara otomatis

Layar dikenal sebagai salah satu komponen yang rakus daya. Semakin tinggi kecerahan, semakin boros daya yang digunakan. Sebaliknya, semakin rendah kecerahannya, semakin hemat daya.

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Oleh karena itu, dengan menetapkan kecerahan layar ke penyesuaian otomatis atau mengurangi kecerahan secara manual, pengguna dapat memperpanjang masa pakai baterai. Selain itu, langkah ini juga dapat melindungi mata dari bahaya cahaya terang yang membuat mata cepat lelah.

2. Atur refresh rate

Refresh rate tinggi lebih boros daya dibanding yang rendah. Walaupun mampu menampilkan visual dengan lebih mulus, Anda wajib menurunkan refresh rate jika ingin masa pakai baterai yang lebih lama.

3. Mode Power Saving pada Always-On Display

Smart Always-on Display pada realme UI 4.0 dapat menampilkan waktu dan desain yang stylish, serta menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi. Meski begitu, konsekuensinya adalah konsumsi daya yang lebih tinggi.

Cara menghemat baterai smartphone realme bisa melalui fitur Power Saving pada Always-on Display. Fitur ini dapat mendeteksi secara pintar smartphone saat sedang disimpan untuk beberapa waktu dan mematikan layar serta tampilan Always-on Display secara otomatis untuk menghemat daya baterai secara efektif.

realme 11 Pro 5G 1

4. Mengoptimalkan penggunaan baterai

Di realme UI 4.0, Anda bisa masuk ke menu ‘Baterai > Pengaturan Lainnya’ dan aktifkan ‘Optimalkan penggunaan baterai’. Atur aplikasi ke ‘Pengoptimalan Otomatis’, dan sistem akan secara otomatis mengoptimalkan aplikasi apa pun yang menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan di latar belakang.

5. Power Saving Mode

Cara menghemat baterai smartphone yang satu ini bisa Anda lakukan jika daya sudah mau habis. Cukup klik ‘Power Saving Mode’ untuk mengatasi masalah konsumsi daya dengan cepat dan mengoptimalkan pengaturan hemat daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button