Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Leica M11-P: Kamera Pertama di Dunia dengan Fitur Content Credentials untuk Memerangi Foto Hasil AI

Leica mengumumkan kamera rangefinder M11-P. Kamera ini menjadi yang pertama di dunia yang dilengkapi fitur Content Credentials atau kredensial konten.

Leica M11-P

Spesifikasi Leica M11-P

Lalu apa itu Content Credentials? Content Credentials adalah label digital dan standar industri yang paling banyak diadopsi untuk semua jenis konten. Ini berarti kredensial konten bisa digunakan untuk menjadi pedoman melakukan verifikasi keaslian sebuah konten.

Leica M11-P

Hadirnya teknologi Content Credentials dari Leica di M11-P artinya semua jepretan foto dari M11-P memiliki tanda tangan digital yang sudah sesuai standar sertifikasi CAI (Content Authenticy Initiative). Jadi, keaslian metadata seperti informasi jenis kamera, nama fotografer dan tanggal pada foto dapat diverifikasi kapan saja oleh siapa saja menggunakan alat CAI yang tersedia secara gratis.

Leica M11-P

Satu hal yang menarik teknologi Content Credentials ini bukanlah berbasis software atau perangkat lunak. M11-P dilengkapi tambahan chip khusus yang menyimpan sertifikat digital dari Kantor Percetakan Federal Jerman.

Menurut Leica, saat fitur Content Credentials di M11-P aktif hasil foto akan ditambahkan logo Content Credential. Setiap jepretan foto juga akan ditambahan model kamera, pabrikan dan atribut gambar yang tidak dapat diubah.

Untuk spesifikasinya M11-P sama dengan versi orisinilnya M11. Kamera ini membawa sensor BSI CMOS full frame 60 megapixel dengan teknologi “triple resolution”. Jadi, bisa memotret dengan format DNG dan JPEG di 60, 36 atau 18 megapixel menggunakan seluruh area sensor.

Harga Leica M11-P

M11-P saat ini sudah tersedia dan dijual dengan harga US$9195 atau sekitar 145 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button