Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Panasonic Lumix G9 II: Mirrorless Lumix G Series Pertama dengan Teknologi Autofocus Hibrid PDAF

Panasonic resmi mengumumkan kehadiran Lumix G9 II. Kamera mirrorless dengan sensor Micro Four Third (MFT) ini adalah suksesor Lumix G9 yang diluncurkan tahun 2018 lalu.

Panasonic Lumix G9 II

Spesifikasi Panasonic Lumix G9 II

Enam tahun memang waktu yang cukup lama untuk regenerasi. Tapi, Panasonic menjanjikan banyak peningkatan di G9 II. Terutama di sektor autofocus. Lumix G9 II adalah mirrorless Lumix G Series pertama yang mengadopsi teknologi phase-detect autofocus (PDAF). Sebelumnya, teknologi ini sudah lebih dulu hadir di mirrorless full frame Lumix S5 II dan S5 II X.

Panasonic Lumix G9 II

Sistem autofocus hibrid di Lumix G9 II juga didukung teknologi AI. Jadi, bisa melacak dan mengenali subyek apapun. Mulai dari motor, mobil, mata binatang dan masih banyak lagi dengan sangat cepat dan akurat. Sistem autofocus PDAF 779 titik yang dibawanya juga mencakup hampir seluruh area gambar.

Seperti generasi pertamanya, Lumix G9, kamera ini masih fokus untuk fotografi. Lumix G9 II kini hadir dengan sensor Live MOS yang resolusinya 25.2 megapixel.

Panasonic Lumix G9 II

Kemampuan memotret tanpa henti atau continuos shoot ditingkatkan. Lumix G9 II bisa memotret tanpa henti di format RAW+JPEG hingga 60 fps dengan sistem autofocus. Bahkan, di mode fixed focus kecepatannya bisa ditingkatkan hingga 75 fps. Menjadikannya sangat ideal untuk memotret aksi-aksi cepat.

Untunglah, meski fokus untuk fotografi kemampuan rekam videonya tidak dikorbankan. Lumix G9 II masih sanggup merekam video hingga resolusi 5.9K di format 4:2:0 10 bit dengan rasio 4:3. Sementara, di rasio 17:9 bisa di resolusi 5.7K.

Panasonic Lumix G9 II

Kamera ini juga mendukung perekaman video 120p di format 4:2:0 10-bit C4K/4K dan bisa merekam di format Apple ProRes. Modus videonya turut didukung fitur penstabil Active I.S dengan kemampuan stabilisasi hingga 8 stop. Selain itu, pengguna juga dimungkinkan untuk merekam video ke SSD eksternal dan mengaplikasikan LUT langsung di kamera untuk alur kerja yang lebih cepat.

Fitur menarik lain di Lumix G9 II kini tersedia opsi memotret hitam putih di mode Leica Monochrome. Untuk konektivitas sudah tersedia dukungan port Type-C dengan fitur Power Delivery, HDMI, WiFi dan Bluetooth.

Harga Panasonic Lumix G9 II

Lumix G9 II rencananya akan tersedia di awal November 2023. Harga Lumix G9 II U$1900 atau sekitar 29 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Lumix G9 II adalah kamera mirrorless yang sangat menarik. Kamera ini menawarkan banyak peningkatan dari pendahulunya. Meski difokuskan untuk fotografi, spesifikasinya yang sangat mumpuni tetap bisa juga diandalkan untuk videografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button