Mobile GadgetNewsProduct NewsWearable

Apple Watch Series 9: Pertama dengan Chipset S9 SiP dan Paling Ramah Lingkungan

Jam tangan pintar Apple Watch semakin canggih. Apple Watch Series 9 kini lebih pintar dan ditenagai chipset baru yang lebih bertenaga.

Apple Watch Series 9 1

Spesifikasi Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 7

Sekilas desainnya masih mirip dengan Series 8 sebelumnya. Perbedaan paling signifikan ada di material. Series 9 kini mengusung material daur ulang. Menjadikannya perangkat Apple pertama yang paling ramah lingkungan.

Sebagai pasangannya hadir strap baru bernama “Fine Woven”. Strap ini terbuat dari daur ulang plastik pasca-konsumen. Dengan begitu Apple bisa mempercepat resolusinya untuk menuju karbon netral di tahun 2030.

Apple Watch Series 9 2

Perbedaan lain ada di layar. Series 9 kini datang layar ultra-curved dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Maksimum bisa hingga 2000 nits. Series 8 sebelumnya hanya 1000 nits. Tingkat kecerahan layarnya ini bahkan bisa diredupkan hingga 1 nit jika dibutuhkan.

Apple Watch Series 9 4

Untuk performa Watch Series 9 kini ditenagai chipset S9 SiP (System-in-Package) terbaru. Dibandingkan chipset S8 di Series 8 sebelumnya, chipset S9 menawarkan peningkatan CPU dan sektor grafis hingga 30% lebih cepat. Chipset ini juga membawa 4 core Neural Engine baru dengan performa 2 kali lebih cepat.

Imbasnya, di Series 9 Anda bisa menikmati sederet fitur baru yang lebih pintar dan canggih. Pertama, adalah duet Siri+Health. Integrasi Siri dan Health bisa memungkinkan Anda untuk meminta Siri melakukan banyak hal seputar kebugaran. Seperti misalnya menanyakan kualitas tidur, memulai latihan, pengingat untuk minum obat, dan masih banyak lagi.

Apple Watch Series 9 6

Paling menarik adalah fitur Double Tap. Pertama di jam tangan pintar fitur ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan Apple Watch hanya dengan melakukan gerakan seperti mencubit.

Fitur ini mengandalkan sensor akselorometer, giroskop, dan sensor detak jantung untuk mendeteksi gestur jari telunjuk dan jempol. Fitur Double Tap bisa digunakan untuk menjawab panggilan, membalas pesan, mematikan alarm, mengendalikan musik, menggulirkan layar, mengambil foto, dan masih banyak lagi.

apple watch series 9 UWB

Pembaruan terakhir ada di chip Ultra-Wide Band (UWB) yang kini menggunakan generasi kedua. Peningkatannya ada di kemampuan pelacakan untuk menemukan lokasi iPhone yang lebih presisi dari sebelumnya. Hanya saja fitur ini akan lebih efektif jika digunakan dengan seri iPhone 15 yang mengusung chip UWB generasi kedua yang sama.

Harga Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 dijual dengan harga mulai US$399. Jam tangan pintar ini rencananya akan mulai tersedia di 22 September 2023.

Kesan pertama

Paling ramah lingkungan dan peningkatan pada performanya memang sangat menarik. Beragam fitur yang dibawa Watch series 9 juga akan menjadikannya standar baru di segmen jam tangan pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button