Mobile GadgetNewsSmartphone

iPhone 15 dan 15 Plus Bawa Kamera 48 MP, Dynamic Island, dan Port USB-C

Apple akhirnya mengumumkan kehadiran jajaran smartphone terbarunya, yaitu iPhone 15 series. Dua di antaranya adalah iPhone 15 dan 15 Plus, yang membawa beragam upgrade dibanding generasi sebelumnya. Seperti apa?

Spesifikasi iPhone 15 dan 15 Plus

iPhone 15

Salah satu peningkatan yang bisa langsung terlihat adalah keberadaan Dynamic Island. Fitur ini sebelumnya hanya ada di seri Pro saja, namun kini diturunkan ke duo non-Pro. Fungsinya kurang lebih sama dengan Dynamic Island pada iPhone 14 Pro.

Yang tidak kalah menarik, Apple kini mulai mengadopsi port USB-C yang lebih universal. Pengguna juga dapat mengisi daya AirPods Pro terbaru lewat kabel USB-C to USB-C.

Sementara performanya dipersenjatai chipset A16 Bionic yang sebelumnya dipakai oleh iPhone 14 model Pro dan Pro Max.

Bagaimana dengan kamera? Ada peningkatan signifikan karena Apple membenamkan sensor 48 MP. Nantinya foto yang dihasilkan memiliki resolusi 24 MP secara default, serta dapat menciptakan foto portrait yang lebih tajam, warna yang oke, dan performa low-light yang lebih baik.

iPhone 15 spek dan fitur

Selain itu, kamera ini juga mampu memotret 2x zoom meski tidak punya kamera telefoto, dengan kualitas yang dijanjikan setara dengan lensa optical-zoom. Untuk lensa tele sendiri memang masih dikhususkan untuk seri Pro dan Pro Max saja.

Sementara dari segi desain, iPhone 15 dan 15 Plus mengusung finishing dengan tekstur matte, serta perlindungan Ceramic Shield di bagian depan. Pilihan warnanya lebih beragam, antara lain Pink, Yellow, Green, Blue, dan Black.

Untuk layar, cukup disayangkan kedua smartphone ini menggunakan panel OLED dengan refresh rate yang masih 60Hz saja. Meski begitu, ada peningkatan dalam hal tingkat kecerahan yang kini mencapai 2000 nits.

Apple iPhone 15

Harga iPhone 15

Bagi yang berminat, iPhone 15 dijual dengan harga mulai dari US$799 dengan pilihan kapasitas memori 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sedangkan iPhone 15 Plus harganya mulai dari US$899. Belum ada jadwal pasti kapan keduanya masuk resmi ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button