Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneTech News

Mengenal Chipset Apple A17 Pro di iPhone 15 Pro Series

Selalu ada yang menarik di peluncuran iPhone generasi terbaru. Di tahun ini, chipset A17 Pro yang menjadi otak iPhone 15 Pro Series menjadi primadona. Apa saja keunggulan chipset ini?

Apple A17 Pro 2

Segala hal tentang chipset Apple A17 Pro di iPhone 15 Pro Series

1. Chipset 3 nm pertama Apple
A17 Pro adalah chipset smartphone dari Apple dengan teknologi fabrikasi 3 nm pertama. Sebelumnya, di iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max menggunakan chipset A16 Bionic dengan fabrikasi 4nm.

2. Tawarkan lompatan performa sekaligus hemat daya
apple A17 Pro 4A17 Pro hadir dengan rancangan hexa-core yang terdiri dari dua core Performance dan empat core Efficiency.

Teknologi fabrikasi 3 nm memungkinkan A17 Pro membawa jumlah transistor yang lebih banyak. Tercatat chipset ini mengemas 19 milyar transistor. Lebih banyak dari A16 Bionic yang membawa 16 milyar transistor.

Dengan jumlah transistor yang lebih banyak memungkinkan chip ini melakukan lebih banyak tugas secara bersamaan. Secara keseluruhan performanya juga lebih cepat 10% dari A16 Bionic dengan konsumsi daya lebih sedikit.

3. Standar baru chipset untuk mobile gaming

Apple A17 Pro 3
Satu hal yang paling menarik adalah peningkatan pada performa grafis. Performanya kini lebih kencang 20% dan lebih hemat daya dari generasi sebelumnya.

A17 Pro datang dengan GPU atau kartu grafis enam core. GPU tersebut untuk pertama kalinya didukung teknologi Ray Tracing berbasis hardware. Empat kali lebih baik jika dibandingkan Ray Tracing berbasis software.

Imbasnya, chipset ini mampu mendukung aplikasi AR (Augmented Reality) dan menjalankan beragam judul game dengan kualitas grafis di atas rata-rata. Menjadikannya standar baru chipset smartphone untuk mobile gaming.

the division resurgence 1

Performa grafisnya yang semakin mumpuni terbukti dengan dukungan para pengembang game mobile. Beberapa judul game yang belum pernah ada sebelumnya di smartphone seperti Resident Evil Village, Resident Evil 4, Death Stranding, dan Assassin’s Creed Mirage akan hadir dan bisa dimainkan di iPhone 15 Pro series mulai tahun depan.

4. Mendukung Spatial Video dan codec AV1

Spatial Video 1
A17 Pro juga menjadi chipset pertama Apple yang akan mendukung fitur Spatial Video untuk Apple Vision Pro. Jadi, perekaman video secara tiga dimensi dimungkinkan menggunakan iPhone 15 Pro Series.

Chipset ini juga memungkinkan pengambilan gambar di format RAW ProRAW untuk foto dan ProRes untuk video. Sementara, dengan dukungan codec AV1 memungkinkan pengalaman menonton video berkualitas tinggi yang lebih efisien lewat platform streaming.

5. Pertama mendukung USB 3.0 (10 Gbps)
Untuk pertama kalinya A17 Pro menghadirkan dukungan USB 3.0 di iPhone. Jadi, bisa memungkinkan kecepatan transfer yang lebih tinggi. Dengan bantuan aplikasi Capture One para fotografer kini bisa memotret di format ProRaw dengan iPhone dan hasil foto bisa langsung dikirimkan ke Mac. Atau, untuk para fotografer bisa mendukung perekaman video ke penyimpanan eksternal hingga resolusi 4K 60 fps HDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button