Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

8 Keunggulan Canon EOS R10 yang Wajib Diketahui

EOS R10 adalah salah satu mirrorless Canon dengan sensor APS-C. Meski menyasar segmen kelas menengah kamera mirrorless ini dilengkapi fitur-fitur canggih yang ada di kamera mirrorless Canon kelas atas. Apa saja fitur dan keunggulannya? Berikut 8 Keunggulan Canon EOS R10 yang wajib diketahui.

Canon EOS R10

Keunggulan Canon EOS R10

1. EOS R Kelas Menengah Paling Ringan

Canon EOS R10
Di kelas menengah Canon memiliki dua produk kamera yakni EOS R7 dan EOS R10 yang diluncurkan bersamaan. Dari segi dimensi bobot keduanya berbeda. EOS R10 hanya sekitar 429 gram saja. Menjadikannya paling ringan di lini EOS R kelas menengah. Jadi, sangat cocok untuk diajak mobilitas.

2. Sensor Gambar 24.2 Megapixel Terbaru

Canon EOS R10
EOS R10 dibekali dengan sensor gambar APS-C terbaru yang resolusinya 24.2 megapixel. Diperkuat prosesor DIGIC X andalan Canon, kamera ini sanggup menghasilkan jepretan foto yang tajam dan detil di resolusi tinggi. Ideal untuk kebutuhan cetak berukuran besar atau hanya sekedar dipamerkan di media sosial.

3. Sangat Andal di Kondisi Minim Cahaya

Canon EOS R10 5
Sensor DIGIC X di EOS R10 juga memungkinkan pengaturan ISO tinggi dengan hasil foto dan video yang tetap tajam dan minim noise. Pengaturan ISO di modus foto bisa hingga ISO 32000 dan bisa diekspansi hingga ISO 51200. Sementara, di modus video pengaturan ISO mendukung hingga ISO 12800 dan bisa diekspansi hingga ISO 25600.

canon eos R10 14

Pasangkan dengan jajaran lensa Canon RF dengan bukaan besar, EOS R10 bisa diandalkan untuk memotret di segala kondisi pencahayaan. Sekalipun di kondisi minim cahaya atau malam hari. Atau, bisa juga memanfaatkan bantuan flash internal yang tersedia.

4. Bisa Memotret dengan Kecepatan Tinggi
EOS R10 mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan tinggi hingga 15 fps dalam mode mekanik. Hampir setara dengan kamera DSLR EOS-1D X Mark III yang bisa memotret hingga 16 fps. Jika kurang di mode Electronic Shutter EOS R10 bisa memotret hingga 23 fps di resolusi penuh 24.2 megapiksel.

Canon EOS R10
Mode Burst RAW juga tersedia untuk memotret gambar RAW resolusi penuh hingga 30 fps. Mode ini mendukung pra-pemotretan yaitu 0,5 detik sebelum pengguna menekan tombol shutter secara penuh. Dengan begitu kamera ini bisa diandalkan memotret aksi-aksi cepat dan mengabadikan momen yang tak terduga.

5. Sistem AutoFocus Canggih dengan Dukungan Kecerdasan Buatan

canon eos R10 7
EOS R10 merupakan salah satu kamera Canon yang mewarisi teknologi AutoFocus (AF) pada EOS R3, yaitu EOS iTR AF X. Teknologi ini memanfaatkan kemampuan deteksi subjek berbasis deep-learning yang secara otomatis mendeteksi dan melacak subjek dengan menganalisis data gambar subjek, seperti rona, warna dan bentuk subjek.

canon eos R10 8
Dipadukan dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF II kinerja autofocus-nya juga akan sangat cepat, responsif, dan akurat, bahkan untuk subjek yang bergerak.

Canon EOS R10 15

Selain itu, di EOS R10 juga tersedia switch untuk beralih mode focus. Hanya dengan memutar dial switch AF menekan tombol tersebut mode focus bisa sekejap dialihkan dari mode otomatis ke manual.

6. Mendukung Perekaman Video 4K

Canon EOS R10 10
Di modus video EOS R10 bisa merekam video hingga resolusi 4K 30p dengan oversampling dari format 6K. Jika dibutuhkan EOS R10 juga bisa merekam di resolusi 4K UHD 60p dengan crop hingga 1.6x.

Canon EOS R10 11
Menariknya, modus video EOS R10 juga mendukung perekaman video gerakan lambat hingga 120 fps di resolusi Full HD, zoom digital 10x, bisa merekam di format HDR PQ 10 bit 4:2:2, dan mendukung siaran langsung ke platform Youtube. Setara dengan fitur mirrorless kelas profesional.

7. Perekaman Video Lebih Stabil dengan Movie Digital IS

Canon EOS R10
Untuk mendukung perekaman video yang lebih stabil di EOS R10 tersedia dukungan fitur Movie Digital IS.
Mengandalkan sensor gyro di dalam bodinya, kamera bisa mendeteksi goyangan tangan dan memberikan efek stabilisasi yang setara fitur penstabil 5-axis.

Kemampuan stabilisasinya juga bisa dioptimalkan dengan menggunakan jajaran lensa Canon yang telah dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilizer).

8. Lebih kreatif dengan Mode Panorama Shot SCN dan Mode Panning SCN

Canon EOS R10 Panorama
Mode Panorama Shot SCN

EOS R10 dilengkapi beberapa fitur dan teknologi terbaru untuk menyederhanakan alur kerja dan meningkatkan kreativitas. Mode Panorama Shot SCN dan mode Panning SCN memberikan stabilitas gambar yang lebih baik untuk mendapatkan hasil bidikan foto panning yang sempurna. Selain itu, mode Depth Compositing secara otomatis bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar yang memiliki fokus tajam dari subjek yang di depan hingga belakang.

canon eos R10 panning
Mode Panning SCN

Mode Special Scene (SCN Mode) yang berisi beberapa mode scene pemotretan yang memudahkan dan men-trigger para pemula untuk lebih meningkatkan kreativitas. Salah satu mode yang ada di dalam SCN mode adalah mode Panning, pengguna dapat menciptakan foto panning dengan bantuan pengaturan yang disediakan dan oleh kamera.

canon eos R10 depth compositing mode
Mode Focus Bracketing

Selain itu, terdapat mode focus bracketing dengan dilengkapi in depth compositing. Secara otomatis dapat melakukan pemotretan beruntun dan langsung menggabungkan beberapa gambar tersebut menjadi satu gambar yang memiliki fokus tajam dari objek yang di depan hingga belakang yang diproses secara langsung di dalam kamera.

Canon EOS R10

Dengan fitur dan spesifikasinya tersebut EOS R10 memang setara dengan kamera DSLR EOS kelas atas. Ditambah sederetan fitur kekinian seperti sistem autofocus yang pintar dan canggih, kemampuan rekam video di resolusi tinggi, dan kemampuan memotret dengan kecepatan tinggi, EOS R10 adalah standar baru kamera mirrorless kelas menengah untuk penggemar foto dan video. Kamera ini cocok untuk fotografer dan videografer kelas amatir hingga konten kreator yang membutuhkan kamera mirrorless ringkas dengan sederetan fitur kelas profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button