Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Sony ILX-LR1: Kamera Mirrorless Mini dengan Sensor Full Frame 61 Megapixel untuk Drone

Sony mengumumkan kamera mirrorless ILX-LR1. Lewat kamera ini Sony sekali lagi membuktikan kamera mirrorless dengan sensor full frame bisa hadir dengan dimensi yang sangat ringkas dan ringan.

Sony ILX-LR1

Spesifikasi Sony ILX-LR1

ILX-LR1 adalah kamera mirrorless full frame kelas profesional untuk kebutuhan industri. Untuk mengambil gambar kamera ini mengandalkan sensor CMOS Exmor R 61 megapixel yang dipasangkan dengan prosesor BIONZ XR. Sama seperti kamera mirrorless a7R V dan a7CR yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

Sony ILX-LR1

Meski menggunakan sensor dan prosesor yang sama,  ILX-LR1 menawarkan kemampuan yang lebih terbatas. Untuk pengambilan gambar tanpa henti atau continuos shoot hanya sanggup hingga 3 fps saja. Lebih lambat jika dibandingkan a7R V yang bisa hingga 10 fps. Kemudian, kamera ini juga tidak dilengkapi fitur penstabil langsung di bodinya.

Kendati demikian, ILX-LR1 unggul di dimensi. ILX-LR1 sangat mini. Bobotnya hanya 240 gram saja. Sementara, bobot a7R V 723 gram dan a7CR sekitar 515 gram.

Sony ILX-LR1

Dimensinya yang sangat ringkas dan ringan bukan tanpa alasan. Ini karena ILX-LR1 dirancang khusus untuk terpasang ke drone. Jadi, bisa diandalkan untuk kegiatan inspeksi, investigasi, dan pemetaan secara aerial lewat udara.

Bobot ILX-LR1 bisa sangat ringan karena tidak dilengkapi layar, jendela bidik, dan baterai. Untuk asupan daya mengandalkan arus DC 10-18V. Dengan begitu bisa mendukung pengambilan gambar lebih lama tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Untuk fitur lain kamera ini sudah dilengkapi port USB Type-C, microHDMI dan tersedia slot kartu memori. Untuk lensa ILX-LR1 kompatibel dengan ekosistem lensa Sony E-mount.

Harga Sony ILX-LR1

Jika berminat ILX-LR1 dijual dengan harga US$2950 atau sekitar 45 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Kamera ini memang khusus dirancang untuk kebutuhan industri. Kendati demikian, kehadirannya bisa menjadi gambaran pengembangan kamera full frame masih terus berlanjut dan tidak menutup kemungkinan bisa semakin ringkas di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button