Quantcast
NewsFuture TechOtomotifProduct News

Mengintip 12 Fitur Menarik di Hyundai STARGAZER X

Lewat kegiatan “Media Drive Experience: Unleash the X in You with STARGAZER X” yang dilangsungkan pada 31 Agustus – 1 September 2023 lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak para awak media dan influencer untuk merasakan langsung pengalaman berkendara dengan Hyundai STARGAZER X.

Hyundai STARGAZER X

Menempuh perjalanan dari Yogyakarta, Magelang, hingga Solo, kami menemukan banyak fitur menarik di mobil ini. Menjadikannya salah satu low MPV dengan sederetan fitur premium di kelas harganya. Berikut 12 fitur menarik yang kami temukan di Hyundai STARGAZER X.

12 Fitur Menarik di Hyundai STARGAZER X

1. Drive Mode dengan empat opsi mode berkendara
Hyundai STARGAZER X
STARGAZER X dilengkapi dengan fitur Drive Mode. Fitur ini bisa diakses lewat tombol yang ada di bagian konsol tengah dekat tuas persneling. Drive Mode menawarkan empat opsi berkendara mulai dari Eco, Comfort/Normal, Smart dan Sport.

Hyundai STARGAZER X

Eco ideal untuk jalan santai, Smart ideal untuk stop n go di kondisi jalanan yang ramai. Untuk ngebut bisa beralih ke mode Sport. Di mode ini kami bisa langsung merasakan performa mesin STARGAZER X yang sangat bertenaga.

Melewati beragam rute yang cukup menantang mulai dari jalanan lurus, berkelok, hingga tanjakan dengan elevasi tinggi dan cukup panjang, perjalanan kami dari Yogyakarta, Magelang, hingga Solo terasa lebih menyenangkan berkat keempat mode berkendara tersebut.

2. Mesin bertenaga dengan teknologi Intelligent Variable Transmission (IVT)
Hyundai STARGAZER X
STARGAZER X mengandalkan mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC. Dapur pacunya tersebut turut didukung teknologi Intelligent Variable Transmission (IVT). Teknologi ini bisa memastikan performa mesin yang maksimal sekaligus tetap efisien. Jadi, akan mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan berkendara di segala medan.

3. Cruise Control
Hyundai STARGAZER X 14
Selama menempuh perjalanan di tol Semarang-Solo lewat gerbang Tol Salatiga kami juga langsung mencoba fitur Cruise Control. Fitur ini secara otomatis akan menjaga kecepatan secara konsisten tanpa perlu kaki sering meginjak pedal gas. Kestabilan kendaaraan saat menggunakan Cruise Control menurut kami sangat membantu untuk berkendara jarak jauh.

4. Electronic Parking Brake dan Auto Hold
Hyundai STARGAZER X 15
Untuk berkendara lebih aman STARGAZER X mengandalkan sistem pengereman Rear Disc Brake yang membuat pengereman lebih optimal, termasuk ketika melalui belokan yang cukup tajam.

Saat berkendara di tanjakan fitur pengeremannya tersebut turut didukung fitur Auto Hold. Jadi, macet di kondisi jalanan menanjak bisa memastikan mobil tidak mundur ke belakang. Kaki juga tidak perlu sering menginjak pedal rem. Saat parkir tersedia dukungan fitur Electronic Parking Brake (EPB).

5. Hyundai SmartSense
Di STARGAZER X juga hadir dukungan teknologi pintar dan canggih Hyundai SmartSense. Fitur ini bisa menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Hyundai STARGAZER X 23

Sepanjang perjalanan, kami bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah berkat panduan dari fitur Lane Keeping Assist (LKA). Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol di kiri bawah area panel kanan stir.

Hyundai STARGAZER X

Fitur menarik lain adalah Lane Following Assist (LFA). Lewat fitur ini bahkan kami bisa melepas tangan dari stir kemudi dan STARGAZER X bisa berjalan otomatis di jalurnya mengikuti marka jalan. Selama marka jalan terdeteksi dengan jelas fitur ini akan berfungsi dengan maksimal. Kendati demikian, kami tetap menyarankan pengemudi untuk selalu waspada dan tetap memegang kendali stir.

Hyundai STARGAZER X 21

Kami juga bisa lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dengan memanfaatkan fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Sangat berguna untuk memastikan keamanan saat pindah lajur untuk menyalip atau berbelok.

Hyundai STARGAZER X 2

Sensor pintar lain yang kami temukan adalah sensor parkir depan. Sensor ini akan sangat membantu saat parkir di kondisi yang tidak ideal. Seperti misalnya area parkir yang sempit dan untuk menghindari bagian depan tertabrak obyek lain.

6. TPMS (Tire Pressure Monitoring System)
Hyundai STARGAZER X 19
STARGAZER X sudah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System atau TPMS. Fitur ini berguna untuk mempermudah mengetahui tekanan angin pada masing-masing ban. TPMS bisa tampil di panel LCD Cluster berukuran 4.2 inci pada area kemudi.

7. Kabin luas dan bagasi lapang
Hyundai STARGAZER X 5Pengalaman berkendara kami dengan STARGAZER X semakin nyaman berkat area kabin yang luas. Penumpang di samping kiri atau di baris tengah juga masih mendapatkan ruang kaki yang lebar. Bahkan, STARGAZER X juga menawarkan opsi varian Captain Seat yang menghadirkan sensasi lebih premium.

Hyundai STARGAZER X 24

Ingin membawa banyak barang saat berpergian? Tidak perlu khawatir. Pasalnya, di area belakang STARGAZER X memiliki area bagasi yang lapang. Kapasitasnya hingga 585 liter saat bangku di baris ketiga terlipat.

Hyundai STARGAZER X

8. Audio kelas premium dari Bose
Hyundai STARGAZER X
Untuk menemani perjalanan jauh STARGAZER X dilengkapi dengan sistem audio kelas premium dari pabrikan BOSE. Mengandalkan sistem 8 speaker selama perjalann kami bisa menikmati penglaman audio yang di atas rata-rata mobil sekelasnya.

Fitur pengaturan audionya juga komplit. Mulai dari EQ, posisi staging, hingga dukungan fitur Dynamic Speed Compensation. Jika diaktifkan fitur Dynamic Speed Compensation ini bisa menyesuaikan volume suara otomatis dengan laju kendaraan dikecepatan tinggi atau rendah.

9. Mendukung Android Auto dan Apple Car Play

Hyundai STARGAZER X
Untuk sistem hiburan STARGAZER X dilengkapi panel layar sentuh berukuran 8 inci. Dukungan fitur Android Auto dan Apple Carplay tersedia. Jadi, bisa terhubung ke iPhone dan semua smartphone Android.

Hyundai STARGAZER X

Konektivitasnya bisa mengandalkan Bluetooth atau kabel USB. Saat ponsel terhubung Anda bisa memanfaatkan fitur peta untuk navigasi, mendapatkan notifikasi pesan yang masuk ke ponsel, hingga menikmati streaming koleksi lagu favorit lewat aplikasi seperti Spotify.

10. Teknologi Bluelink
Hyundai STARGAZER X
Kecanggihan STARGAZER X semakin komplit dengan dukungan teknologi Bluelink andalan Hyundai. Bluelink adalah platform konektivitas antara aplikasi smartphone dengan sistem mobil STARGAZER X.

Hyundai STARGAZER X 22

Lewat aplikasi Bluelink pengguna bisa menjadikan smartphone sebagai remot untuk STARGAZER X. Sederet fungsi menarik didukungnya. Mulai dari membuka dan mengunci pintu, menyalakan atau mematikan mesin, mengatur AC agar menyala lebih dulu sebelum masuk ke mobil, mengontrol lampu, mengontrol klakson, hingga mengetahui lokasi posisi mobil terparkir lewat fitur Find My Car.

Untuk memberikan rasa aman kepada pengguna Bluelink turut didukung Stolen Vehicle Notification dan Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi. Sistem pada mobil akan mengirimkan notifikasi ke smartphone dan memudahkan untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka. Fitur Stolen Vehicle Immobilization juga menjadi layanan penting yang tersedia agar pengguna dapat menghubungi Call Center dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

11. ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA)
Hyundai STARGAZER X

STARGAZER X juga sudah mendapat dukungan fitur ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) yang akan sangat berguna di kondisi darurat.

Saat membutuhkan bantuan medis atau saat mobil mengalami kerusakan di perjalanan, Anda hanya perlu menekan tombol SOS yang berada di area panel atas depan. Setelah tombol ditekan Anda akan langsung terhubung ke Call Center dan customer service Hyundai akan segera mengirimkan bantuan ke lokasi.

12. Alas pengisian daya nirkabel
Hyundai STARGAZER X
Fitur menarik terakhir di STARGAZER X adalah tersedia alas pengisian daya nirkabel di konsol tengah. Fitur ini terkesan sederhana. Tapi, sangat berguna untuk pengguna ponsel kekinian yang sudah mendukung pengisian daya nirkabel dengan standar Qi Wireless Charging. Jadi, tidak perlu lagi repot menggunakan kabel untuk mengisi daya smartphone.

Harga Hyundai STARGAZER X

STARGAZER X saat ini sudah tersedia di Indonesia. Ada dua tipe yang tersedia yakni Style dan Style. Untuk harga On The Road (OTR) STARGAZER X Style Rp325.600.000 dan STARGAZER X Prime Rp336.200.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button