Quantcast
KomputerAksesoris KomputerNewsProduct News

Crucial X9 dan X10 Pro SSD: SSD Portabel Mungil yang Sangat Cepat dengan Kapasitas Hingga 4TB

Micron mengumumkan Crucial X9 dan X10 Pro SSD. SSD portabel ini tampil dengan desain sangat ringkas. Selain itu, konektivitasnya juga mengusung teknologi baru yang menawarkan kemampuan pemindahan data sangat cepat.

Crucial X9 Pro dan X10 Pro

Spesifikasi Crucial X9 dan X10 Pro SSD

Kedua SSD ini bisa hadir dengan bodi yang sangat ringkas berkat chip TLC NAND dari Mikron dan arsitektur tunggal ASIC. Menjadikannya mampu menyediakan kapasitas yang sangat besar sekaligus mempertahankan dimensi bodi yang tetap ringkas. Dimensinya 65 x 50 mm. Sementara, pilihan kapasitas yang tersedia mulai dari 1TB, 2TB dan 4TB.

Crucial X9 Pro

Untuk X90 Pro memiliki bobot 38 gram dan X10 Pro 42 gram. Rancangan bodi keduanya yang mengusung material metal juga tahan bantingan dari ketinggan 2 meter.

Lalu apa bedanya Crucial X9 dan X10 Pro SSD? Perbedaan keduanya ada di kecepatan. X9 menawarkan kecepatan baca tulis hingga 1050 MB/detik. X10 Pro lebih cepat. Bisa hingga 2100 MB/detik untuk kecepatan baca dan kecepatan tulis hingga 2000 MB/detik. Menjadikannya paling cepat diantara SSD besutan Micron yang lain.

Crucial X10 Pro

Satu hal yang perlu diacungi jempol kecepatan baca tulisnya yang sangat kencang ini bisa dicapai tanpa dukungan teknologi Thunderbolt. Rahasianya, X10 Pro mengusung teknologi konektivitas USB 3.2 Gen 2×2 dengan kecepatan 10Gbps dua jalur atau 20Gbps. Untuk X9 pro konektivitasnya USB 3.2 Gen 2 dengan kecepatan satu jalur 10Gbps.

Harga Crucial X9 dan X10 Pro SSD

Keduanya sudah tersedia. Untuk X9 Pro dijual dengan harga mulai dari US$80 untuk kapasitas 1TB dan paling mahal US$240 untuk kapasitas 4TB. Untuk X10 Pro harganya mulai US$120 kapasitas 1TB dan 4TB US$340.

Kesan pertama

SSD ini bisa dengan sangat mudah menjawab solusi backup data berukuran besar seperti file foto dan video. Dimensinya yang sangat ringkas juga mudah dibawa bepergian. Dengan kecepatan baca tulis yang sangat cepat menjadikannya ideal untuk fotografer dan konten kreator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button