Foto & VideoKamera sakuNewsProduct News

Phase One XC: Kamera Medium Format dengan Lensa Fixed Paling Ringkas

Kamera medium format Phase One XC resmi diumumkan. Kamera ini mengadopsi desain ringkas seperti Phase One XT yang diumumkan 2019 lalu. Bedanya, XC jauh lebih praktis tanpa mengusung konsep modular.

Phase one XC

Spesifikasi Phase One XC

Di sistem kamera XT terdiri dari tiga komponen utama. Di antaranya modul digital back, bodi kamera dan lensa. Ini memungkinkan pengguna untuk mengganti modul Digital Back dan lensa sesuai dengan kebutuhan.

Nah, di XC ketiga komponen tersebut langsung diintegrasikan. Jadi, XC mirip seperti kamera saku pada umumnya. Modul digital back dan lensanya tidak lagi bisa dilepas pasang.

Phase one XC

XC hadir dengan modul digital back Phase One IQ4 yang resolusinya 150 megapixel. Opsi dengan sensor monokrom untuk penggemar foto hitam putih juga tersedia. Sementara, lensa yang digunakan adalah HR Digaron-S 23mm f/5.6 dari pabrikan Rodenstock. Perbedaan lain, di bagian bodi XC juga dilengkapi grip dari material kayu.

Phase one XC

Perlu diketahui sensor medium format di modul digital back IQ4 memiliki dimensi 53.4 x 40 mm. Ukuran sensornya ini 2,5 lebih besar dari sensor full frame. Bahkan, lebih besar 1,5 kali jika dibandingkan sensor medium format di Hasselblad X2D 100C dan Fujifilm GFX. Jadi, resolusi foto dari sensor 150 megapixel tersebut adalah 14,204 x 10,652 pixel.

Mengingat ukuran sensornya yang besar sensor IQ4 memiliki crop factor sekitar 0.64x. Artinya, lensa Rodenstock 23mm F/5.6 bawaannya akan setara lensa wide 14.7mm di kamera dengan sensor full frame. Termasuk lebar dan ideal untuk memotret lanskap hingga arsitektur.

Harga Phase One XC

Kamera ini akan dijual dalam jumlah terbatas dengan harga US$62490 atau sekitar 940 Jutaan Rupiah. Harga yang sama dengan Phase One XT kit dengan modul digital back IQ4 150 megapixel dan lensa Rodenstock 23mm f/5.6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button