Quantcast
News

5 Hal yang Wajib Diketahui dari Chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2

Qualcomm resmi mengumumkan chipset Snapdragon 4 Gen 2 (SM4450). Chipset ini akan menggantikan Snapdragon 4 Gen 1 yang hadir di tahun lalu. Ada banyak pembaruan yang dibawanya. Termasuk, peningkatan performa dan fitur yang lebih mumpuni.

qualcomm snapdragon 4 Gen 2

Berikut 5 hal yang wajib diketahui dari chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2

1. Pertama dengan fabrikasi 4nm
Snapdragon 4 Gen 2 adalah chipset 4nm pertama di lini Snapdragon 4-series. Dengan begitu chipset ini bisa lebih efisien jika dibandingkan Gen 1 sebelumnya dengan fabrikasi 6nm dan Snapdragon 480 dengan fabrikasi 8nm.

2. Performa lebih kencang
Chipset ini membawa rancangan CPU 8-core yang terdiri dari dua core untuk performa dengan kecepatan 2.2 GHz dan enam core yang mengedepankan efisiensi daya dengan kecepatan 2.0 GHz. Hasilnya, Snapdragon 4 Gen 2 menawarkan peningkatan performa hingga 10% jika dibandingkan generasi sebelumnya.

3. Mendukung RAM dan memori internal yang lebih cepat
Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 kini akan mendukung RAM dan memori internal yang lebih cepat. RAM yang didukungnya LPDDR5x 3200 MHz. Menggantikan RAM LPDDR4x 2133 MHz di Gen 1 sebelumnya.

Untuk ruang penyimpanan Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 mendukung teknologi UFS 3.1 dua jalur. Sebelumnya, Snapdragon 4 Gen 1 hanya mendukung UFS 2.2.

4. Pertama dengan 3GPP Release 16 5G
Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 adalah chipset Snapdragon 4-series pertama yang mendukung teknologi 5G 3GPP Release 16. Teknologi 5G ini menawarkan fitur hemat daya, meningkatkan jangkauan dan lebih akurat.

Selain itu, modem X61 di chipset ini juga dapat mendukung 4×4 MIMO dengan bandwith hingga 100 MHz. Jadi, bisa menawarkan kecepatan download hingga 2.5Gbps dan upload hingga 900Mbps.

5. Mendukung fitur Multi-Camera Temporal Filtering (MCTF)
Untuk mendukung fitur fotografi di ponsel, Snapdragon 4 Gen 2 bisa mendukung sensor kamera hingga resolusi 108 MP dan kemampuan autofocus yang ditingkatkan.

Chipset ini membawa fitur Dual ISP dan fitur bernama Multi-Camera Temporal Filtering (MCTF). Fitur baru ini diklaim bisa menghasilkan tangkapan gambar yang tajam dengan kendali noise lebih baik khususnya di modus video.

Snapdragon 4 Gen 2 tetap masih hanya mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p di 60 fps atau 720p 120 fps untuk perekaman video gerakan lambat. Tapi, perekaman video kini bisa lebih stabil berkat dukungan fitur penstabil elektronik.

Jadwal ketersediaan

Perangkat berbasis Snapdragon 4 Gen 2 akan mulai tersedia di semester dua tahun 2023. Pabrikan pertama yang akan menggunakan chipset ini adalah Redmi dan vivo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button