Mobile GadgetNewsSmartphoneTech News

Micron UFS 4.0: Solusi Memori Internal Ponsel Paling Kencang dan Hemat Daya

Pabrikan Micron mengumumkan ruang peyimpanan UFS (Universal Flash Storage) 4.0. Standar baru ruang penyimpanan untuk ponsel kelas flagship ini menawarkan performa yang sangat kencang dan lebih hemat daya.

Micron UFS 4.0

Spesifikasi Micron UFS 4.0

UFS 4.0 ini mengusung rancangan chip 3D NAND baru dengan 232 lapis. Jumlah lapisan ini lebih banyak jika dibandingkan UFS 3.1 sebelumnya yang hanya 176 lapis. Imbasnya, performa meningkat cukup signifikan. Diklaim dua kali lebih cepat. Konsumsi daya juga sangat irit. 25% lebih efisien jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Micron UFS 4.0

Micron UFS 4.0 bisa menawarkan kecepatan tulis sekuensial hingga 4000 MB/detik. Sementara, kecepatan baca bisa hingga 4300 MB/detik. Menjadikannya UFS 4.0 paling kencang saat ini. Sebagai perbandingan performa UFS 4.0 dari pabrikan Samsung menawarkan kecepatan baca hingga 4200 MB/detik dan tulis hingga 2800 MB/detik.

Untuk pilihan kapasitas akan tersedia dengan tiga opsi yakni 256GB, 512GB dan paling besar 1TB. Keunggulan yang lain rancangannya sangat tipis. Ketebalannya hanya sekitar 0.8 – 0.9 mm. Dengan begitu kedepannya para pabrikan bisa dimungkinkan untuk merancang produk smartphone dengan profil bodi yang lebih tipis dengan performa ruang penyimpanan sangat kencang.

Ketersediaan Micron UFS 4.0

Untuk saat ini Micron UFS 4.0 sudah dikirimkan ke para pabrikan untuk tahap pengujian. Rencananya produksi dalam volume tinggi akan dimulai paruh kedua tahun ini. Jadi, bisa dipastikan kehadiran ponsel flagship yang mengusung teknologi ini belum akan tersedia dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button