Quantcast
Gadget GuideKomputerLaptopNews

Gadget Guide: Laptop Terbaik untuk Kreator 2023

Memilih laptop terbaik untuk kreator di tahun ini memang tidak mudah. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Pasalnya, tidak semua kreator memiliki kebutuhan yang sama.

Di artikel ini, kami akan membantu Anda untuk memilih laptop terbaik untuk kreator. Semua produk yang masuk dalam daftar di bawah sudah memenuhi dua kriteria utama, yaitu dijual secara resmi di Indonesia dan masih dijual oleh pabrikan resminya.

laptop terbaik untuk kreator

Menciptakan konten atau konten kreasi mencakup pada kegiatan produksi konten foto dan video oleh para kreator.

Profil kreator di panduan ini kami bagi menjadi tiga kategori. Di antaranya kreator amatir atau pemula, antusias, dan profesional. Kreator amatir atau pemula adalah pengguna yang mengutamakan harga dengan alokasi dana yang biasanya terbatas dan kualitas layar. Kreator antusias merupakan pengguna yang mempertimbangkan harga, kualitas layar dan performa. Sementara, untuk kelas profesional pengguna yang mengutamakan kualitas layar, performa, dimensi dan beragam fitur pendukung lain.

Laptop terbaik untuk kreator 2023

Berikut beberapa hal yang kami perhatikan saat memilih laptop terbaik untuk kreator di tahun 2023.

HP Zbook G9 3 e1652776508333

  • Layar dengan warna yang akurat

Laptop untuk kreator wajib memiliki layar yang jempolan. Paling penting adalah reproduksi warna yang akurat dan resolusi layar. Minimum layar laptop wajib memenuhi standar cakupan warna 100% sRGB. Akan menjadi nilai tambah jika layar sudah mendukung standar cakupan warna DCI-P3 100%, akurasi warna sudah dikalibrasi dari pabrikan dengan standar Delta E dan mendapatkan validasi dari pihak ketiga seperti Pantone dan CaIMan. Menariknya, di Tahun 2023 ini laptop untuk kreator mulai didominasi dengan panel layar OLED.

  • Performa kencang

Untuk pengalaman penyuntingan foto dan video terbaik, performa CPU dan GPU kencang wajib dimiliki laptop kreator. Di tahun 2023, prosesor yang digunakan adalah Intel Core Gen 13 dan AMD Ryzen 7000 Series. Untuk GPU, akan disuguhi pilihan mulai dari Intel Iris Xe hingga Nvidia GeForce RTX 4000 series. Namun, hingga pertengahan tahun, kebanyakan laptop untuk kreator yang beredar di pasaran kebanyakan masih menggunakan CPU dan GPU keluaran akhir tahun 2022.

Sedangkan untuk tipe RAM terkencang saat ini adalah DDR5 dengan beragam pilihan kecepatannya, serta media penyimpanan NVMe SSD yang kini mencapai kisaran 7000MB/detik untuk kecepatan baca dan 6900MB/detik untuk kecepatan tulis. Besaran RAM dan media penyimpanan juga menjadi pertimbangan penting untuk performa konten kreasi terbaik. Idealnya, kami menyarankan RAM minimal 16GB dan media penyimpanan minimum 1TB.

  • Sistem pendingin

Spesifikasi terbaik sekalipun tidak akan bisa maksimal tanpa sistem pendinginan yang baik untuk menjaga sistem tetap stabil saat bekerja dengan performa penuh. Tiap merk akan memiliki solusi pendinginan yang didukung dengan aplikasi khusus untuk mengendalikan kinerja kipas dan pendinginan.

  • Dimensi ringkas

Laptop untuk kreator tidak harus tebal dan berat. Desain yang tipis dan ringan menjadi daya tarik laptop kreator di tahun 2023. Tentu saja ini akan semakin mempermudah para kreator untuk bekerja secara mobile dan membuat konten di mana saja.

  • Fitur tambahan lain

Beragam fitur tambahan mulai dari rancangan bodi tahan banting, refresh rate layar, keyboard backlit, sertifikasi Intel Evo, sensor sidik jari, ketersediaan port Thunderbolt 4 dan slot kartu memori SD akan sangat mendukung untuk alur kerja agar lebih produktif dan kegiatan penciptaan konten semakin optimal.

Berikut deretan laptop terbaik untuk kreator di tahun 2023 versi YANGCANGGIH.COM.

Acer Swift 3 OLED SF314

Acer Swift 3 OLED

Acer Swift 3 OLED adalah laptop terbaik untuk kreator yang menawarkan keseimbangan antara performa dan harga. Laptop ini merupakan salah satu laptop dengan standar Intel EVO paling terjangkau dengan spesifikasi terbaik di kelasnya seperti prosesor Intel Core i5-12500H, RAM 16GB DDR5 dan SSD NVMe PCIe 4.0.

Paling menarik dengan harga 13 jutaan Rupiah laptop ini sudah menggunakan panel layar OLED resolusi 2.8K dan mendukung gamut warna DCI-P3 100%.

Lenovo Yoga Pro 7i

Lenovo YOGA Pro 7i

YOGA Pro 7i dari Lenovo tampil menonjol dengan mengadopsi rancangan bodi ringkas dengan standar militer serta performa kencang. Bobot laptop ini hanya sekitar 1,59 Kg. Tapi, di balik rancangan bodinya yang ringan laptop ini membawa prosesor Intel Core-13700H, RAM DDR5 16GB dan SSD NVMe PCIe 4.0 1TB. Sementara, sektor grafisnya dipercayakan pada gpu Nvidia GeForce RTX 4050 6GB.

Untuk layarnya YOGA Pro 7i membawa panel layar PureSight Pro dengan panel IPS 14.5 inci yang resolusinya 3K 3072 x 1920 pixel. Layarnya mendukung gamut warna sRGB 100% dan DCI-P3 100% serta sudah dikalibrasi dari pabrikan dengan standar Delta E kurang dari 1. Satu nilai tambah layarnya ini sudah mendukung fitur sentuhan.

ASUS Zenbook Pro Duo 14 OLED UX8402

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402 5

ASUS Zenbook Pro Duo 14 OLED UX8402 datang dengan dua layar yang tidak akan bisa ditemukan di laptop kreator manapun.

Layar tambahan yang lebar di sisi bawah bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan mulai dari menampilkan timeline saat menyunting video atau membuka aplikasi lain tanpa mengganggu layar utama.

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402) adalah laptop pertama ASUS dengan layar sentuh ASUS OLED 14.5 inci yang Resolusinya 2,8K dengan refresh rate 120 Hz. Layarnya sudah mendukung cakupan warna DCI-P3 100% dan akurasi warnanya sudah divalidasi oleh Pantone.

Untuk performanya Zenbook Pro Duo 14 OLED UX8402 hadir dengan prosesor Intel Core i7-12700H, mendukung RAM DDR5 32GB, SSD hingga 2TB dan grafis dengan Intel Iris Xe.

MSI Creator Z17HX Studio A13VGT

MSI Creator Z17HX Studio A13VGT

Laptop ini diciptakan untuk kreator konten profesional. Terlihat dari spesifikasinya yang datang dengan prosesor Intel Core i9 Gen 13, RAM DDR5 32GB, SSD 2TB, dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 4070 yang kencang.

Untuk layarnya MSI Creator Z17HX Studio A13VGT membawa panel layar True Pixel Display 17 inci yang resolusinya QHD+. Panel layarnya ini sudah mendukung fitur sentuhan dan gamut warna DCI-P3 100%. Untuk akurasi warna panel layarnya sudah diaklibrasi dari pabrikan dengan standar Delta E kurang dari 2 dan berhasil mengantongi verifikasi dari CaIMAN.

HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation

hp zbook firefly 14 G9

Seperti MSI Creator Z17HX sebelumnya, laptop ini juga ditujukan untuk para profesional. HP ZBook Firefly 14 G9 Mobile Workstation menawarkan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih spesifikasi yang diinginkan, termasuk antara kartu grafis diskrit NVIDIA RTX atau A5003.

Salah satu laptop terbaik untuk kreator ini juga mendukung konfigurasi dengan kapasitas RAM hingga 64GB. Keunggulan lainnya adalah HP DreamColor. Dengan teknologi ini, layarnya memiliki akurasi warna di atas rata-rata sehingga cocok bagi pencipta konten yang berhubungan erat dengan grafis.

Apple MacBook Pro M2 16 inci (2023)

Apple MacBook Pro 2023

Tidak perlu banyak pertimbangan untuk memasukkan Apple MacBook Pro M2 16 inci (2023)  di daftar laptop terbaik untuk kreator tahun ini. Pasalnya, Apple MacBook Pro M2 16 inci (2023) sekarang adalah varian MacBook paling kencang. MacBook Pro M2 16 inci (2023) datang dengan opsi prosesor M2 Pro atau M2 Max dengan opsi kapasitas 1TB yang bisa dikonfigurasi hingga 8TB

Layar MacBook Pro M2 16 inci (2023) hadir dengan panel Liquid Retina XDR dengan teknologi panel Mini LED. Resolusi layarnya 3456 x 2234 pixel dengan tingkat kecerahan layar maksimum 1000 nits, dan mendukung gamut warna sRGB dan DCI-P3 100%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button