Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Sejarah Perkembangan Find X Series, Lini Flagship Andalan OPPO

OPPO Find X Series merupakan lini flagship yang selalu mengedepankan sederet teknologi terkini. Bahkan tidak jarang, Find X membawa inovasi canggih yang belum tersedia di smartphone lainnya. Menurut OPPO, Find X Series mewakili eksplorasi mereka terhadap masa depan smartphone.

Dalam artikel kali ini YANGCANGGIH.com ingin mengajak Anda kilas balik perkembangan Find X Series dari masa ke masa. Menarik untuk mencermati sejauh apa langkah yang telah diambil oleh OPPO dalam memperkenalkan inovasi teknologi terbaru dan terobosan konsep desain.

Yuk, langsung saja kita simak!

OPPO Find X

OPPO Find X

Debut Find X Series dimulai pada 19 Juni 2018 melalui anggota pertamanya yaitu OPPO Find X. Peluncurannya pun terbilang cukup istimewa. Kala itu, OPPO menggelar acara peluncuran Find X di Museum Louvre, Paris.

Inovasi yang dibawa oleh Find X adalah pivot kamera dengan teknologi yang memungkinkan menyembunyikan struktur kamera pada bagian atas frame. Pivot kamera ini terdiri dari kamera selfie 25 MP, dan kamera belakang 16 MP + 20 MP. Selain itu, terdapat juga modul 3D Structure Light yang terdiri atas beberapa komponen seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera.

Untuk fitur yang lainnya, Find X menawarkan Panoramic Arc Screen dengan teknologi COP flexible screen sehingga mampu menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. Performanya didukung Snapdragon 845 yang merupakan salah satu yang terkencang pada masanya.

OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro belakang

Generasi Find X Series dilanjutkan oleh seri Find X2 Pro pada 6 Maret 2020. OPPO membenamkan sensor SONY IMX689 yang dirancang khusus untuk memberi pengalaman foto dan video yang lebih tinggi. Layarnya juga layak disebut salah satu yang tercanggih saat itu, karena mengadopsi panel AMOLED 6,7 inci QHD+ dengan refresh rate 120Hz.

Sektor kamera tetap menjadi sorotan utama. Di bagian belakang, Find X2 Pro memiliki kamera utama 48 megapixel dengan lensa f/1.7 dan sensor gambar Sony IMX689, kamera ultra lebar 48 megapixel dengan lensa f/2.2 dan sensor gambar Sony IMX586, serta kamera telephoto 13 megapixel yang menggunakan mekanisme periskop dengan lensa f/3.0.

OPPO Find X3 Pro 5G

OPPO Find X3 Pro 5G 2

Selanjutnya ada Find X3 Pro 5G, yang meluncur di Indonesia pada 3 Juni 2021. Sekadar mengingatkan, smartphone ini merupakan yang pertama di dunia mengusung Full path Color Management System. Tampilan layarnya mendukung 1 Billion Colour Display.

Untuk urusan kamera, Find X3 Pro 5G dipersenjatai kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, kamera periskop 13 MP, dan kamera microscope 3 MP yang memiliki perbesaran hingga 60x. Kamera selfie-nya 32 MP yang disisipkan pada bagian punch hole di layar.

Smartphone ini juga dilengkapi teknologi canggih lainnya seperti 65W SuperVOOC 2.0 flash charging, chipset Qualcomm Snapdragon 888, RAM 12GB dan memori internal 256 GB.

OPPO Find X5 Pro 5G

oppo find x5 pro 4

Tahun lalu, atau tepatnya 2 Juni 2022, OPPO Find X5 Pro 5G resmi hadir sebagai penerus Find X Series sebelumnya. Untuk pertama kalinya OPPO menanamkan Neural Processing Unit (NPU) khusus bernama MariSilicon X.

Dengan MariSilicon X, Find X5 Pro 5G dapat merekam video 4K dengan kualitas yang lebih baik tanpa efek grain. Selain itu, kemampuan perekaman video saat low light atau malam hari pun meningkat. Find X5 Pro 5G memiliki Kamera wide dan ultra-wide angle dengan sensor unggulan SONY IMX766 50MP yang ukuran sensornya 1/1,56 inci, serta memiliki ukuran piksel besar 2um dengan teknologi pixel binning.

Smartphone ini juga didukung pengisian daya SUPERVOOC 80W, serta pengisian daya nirkabel AIRVOOC 50W. Performanya mengandalkan Snapdragon 8 Gen 1 generasi terbaru, RAM 12GB dan memori internal 256GB.

OPPO Find X6 Pro 5G

OPPO FInd X6 Pro

Nah, inilah generasi Find X yang paling baru! OPPO Find X6 Pro 5G baru meluncur di Tiongkok pada 21 Maret 2023 lalu. Sangat disayangkan produk ini belum tersedia di luar Tiongkok. Padahal, teknologi yang dimilikinya amat menggiurkan.

Find X6 Pro 5G mengusung konsep tiga kamera utama pada bagian belakang. OPPO menempatkan sensor 1 inchi 50 Megapixel SONY IMX 989 untuk kamera sudut lebar, 50 Megapixel SONY IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto dan 50 Megapixel SONY IMX890 yang digunakan untuk kamera sudut ultra lebar.

Kemampuan telefotonya tergolong istimewa. Meski tidak akan meluncur di Indonesia, YANGCANGGIH.com mendapat kesempatan untuk menghadiri undangan OPPO dalam acara bertajuk ‘Vitality Imaging Tour’ di Bali. Kami bersama beberapa awak media lainnya diperbolehkan menguji kemampuan kamera Find X6 Pro 5G. Penasaran dengan hasilnya? Tunggu artikel berikutnya!

Kembali ke fitur, Find X6 Pro 5G dilengkapi kemampuan perekaman Dolby Vision 4K HDR video. Performanya ditenagai Snapdragon 8 Gen 2. Baterai yang diusung menjadi yang paling besar diantara Find series yang telah beredar, 5000mAh.

Baterai besar ini dilengkapi pengisian daya paling cepat di antara Find series yakni 100W SUPERVOOC yang dapat mengisi penuh 100% dalam 28 menit. Tak lupa, OPPO juga memberikan teknologi 50W AIRVOOC untuk pengisian daya nirkabel yang bisa penuh dalam waktu 52 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button