Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Nikon Rilis Firmware v4.0 untuk Z9 dengan Tambahan Fitur Pengambilan Gambar Otomatis

Nikon Z9 semakin canggih. Lewat pembaruan firmware v4.0 Nikon merilis sederetan fitur baru. Paling menarik adalah fitur Auto Capture yang memungkinkan kamera ini untuk mengambil gambar otomatis.

 

Nikon Z9 1

Firmware v4.0 Nikon Z9

Menurut Nikon, fitur Auto Capture bisa digunakan di modus foto dan video. Agar Z9 bisa menekan shutter secara otomatis untuk mengambil gambar ada tiga kriteria pengaturan yang bisa diatur. Di antaranya berdasarakan gerakan, jarak dan deteksi subyek.

Di opsi gerakan kamera secara otomatis akan menekan shutter untuk mengambil gambar saat mendeteksi subyek melakukan gerakan tertentu. Kemudian, di opsi jarak pengambilan gambar otomatis akan dilakukan jika subyek berada di jarak tertentu dengan kamera. Terakhir, di opsi deteksi subyek gambar akan otomatis diambil saat kamera mendeteksi ada subyek apapun seperti orang, binatang atau kendaraan di dalam frame. Tiga opsi kriteria pengaturan tersebut bisa digunakan secara individu. Atau, bisa juga dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan dan skenario pengambilan gambar.

Dengan fitur Auto Capture ini akan banyak keuntungan untuk pengguna. Pertama, pengambilan gambar secara remot kini bisa dilakukan secara mandiri oleh kamera langsung tanpa perlu kehadiran pengguna. Pengguna juga tidak perlu lagi harus menentukan waktu pemotretan atau perekaman video secara manual.

Akan sangat berguna untuk skenario pengambilan gambar satwa di alam liar hingga aksi-aksi olahraga. Fotografer kini bisa lebih bebas dan bereksperimen dengan pengambilan gambar.

Selain fitur Auto Capture firmware v4.0 juga membawa pembaruan di modus video. Pengguna Z9 kini bisa merekam video dengan pengaturan ISO minimum ISO 200 dengan N-Log. Opsi perekaman video Hi-Res Zoom juga ditingkatan dari 3 kecepatan ke 11 untuk kendali yang lebih presisi. Selain itu, Z9 kini juga akan mendukung perekaman video gerakan lambat dengan efek 4x atau 5x lebih lambat untuk pengambilan gambar yang lebih sinematis.

Fitur baru lain tersedia lima opsi pengaturan suara shutter, peningkatan di sektor focus dengan dukungan pelacakan 3D, mode eksposur delay, antarmuka kendali focus manual yang diperbarui dan masih banyak lagi.

Ketersediaan firmware v4.00 Nikon Z9

Jika penasaran ingin mencobanya firmware v4.0 untuk Z9 saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh melalui situs Nikon berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button