Quantcast
KomputerLaptopNewsTips

[Tips] Memilih Chromebook Untuk Pelajar

Chromebook di Indonesia memang belum sepopuler MacBook atau laptop berbasis Windows.  Tapi, perangkat ini mulai banyak dilirik untuk segmen edukasi. Harga jual yang relatif murah menjadi salah satu daya tarik. Nah, selain harga ada beberapa faktor lain yang juga perlu diperhatikan. Yuk, simak tips memilih chromebook untuk pelajar.

ASUS Chromebook CM14 dan Chromebook CM14 Flip

Tips memilih Chromebook untuk para pelajar

1. Dimensi

Dimensi wajib diperhatikan. Pilih dengan desain bodi yang ringkas. Atau, bisa juga yang bodinya tipis dan ringan. Jadi, bisa dengan mudah dibawa bepergian ke sekolah dan hemat tempat di dalam tas.

2. Performa memadai

Ada banyak model yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi yang juga beragam. Untuk performa yang memadai setidaknya pilih dengan yang menggunakan prosesor octa core. Dengan begitu, mampu memberikan pemrosesan yang lebih cepat dan efisien.

Mediatek Kompanio 520

Seperti misalnya Chromebook dengan chipset Kompanio 520 dari MediaTek. Chipset ini termasuk bertenaga dan bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi seperti konferensi video, aplikasi pendidikan seperti Tinkercad dan bermain game ringan. Chipset Kompanio 520 saat ini juga sudah dipercaya untuk menjadi otak beberapa chromebook dari pabrikan Acer, ASUS, HP dan Lenovo.

3. Kinerja senyap

Di beberapa model memang ada yang tidak dilengkapi dengan kipas pendingin. Keunggulannya akan lebih senyap saat digunakan. Jadi, tidak akan menganggu konsentrasi dan kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan tenang.

4. Keamanan

Pilih Chromebook dengan dukungan fitur keamanan terkini. Seperti misalnya, verified boot, proteksi virus dan dukungan multi guna. Dengan begitu, bisa melindungi pelajar dan para guru dari ancaman serangan siber seperti malware dan ransomware.

5. Daya tahan baterai

Daya tahan baterai juga penting diperhatikan. Dibandingkan dengan laptop pada umumnya konsumsi daya Chromebook biasanya memang lebih efisien. Bisa hingga sekitar 15 jam atau lebih. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa berjalan lebih mulus tanpa perlu khawatir baterai akan cepat habis.

Selain itu, dengan baterai yang lebih irit artinya juga lebih ramah lingkungan. Jadi, Anda bisa berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon dan ambil bagian untuk melestarikan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button