Quantcast
Foto & VideoLensaNewsProduct News

Sigma 14mm F1.4 Art: Lensa Wide Angle Pertama Sigma dengan Bukaan Diafgrama Paling Besar

Kabar baik untuk para pecinta Astrofotografi. Pasalnya, Sigma meluncurkan lensa 14mm F1.4 Art. Lensa prime kelas premium ini dirancang khusus untuk memotret obyek astronomi di langit malam.

Sigma 14mm F1.4 Art

Spesifikasi Sigma 14mm F1.4 Art

Keistimewaannya ada di bukaan diafragma yang besar. Bahkan, 14mm F1.4 Art adalah lensa wide angle prime pertama dari Sigma dengan bukaan diafragma yang paling besar.

Sederetan fitur untuk menunjang astrografi juga tersedia di lensa ini. Sebut saja seperti soket tripod untuk pengambilan gambar lebih stabil dengan tripod, sistem penguncian filter pada lensa dan tersedia tombol MFL (Manual Focus Lock).

Tombol ini bisa berfungsi untuk mengunci posisi focus di mode manual focus. Jadi, bisa menghindari pergeseran focus yang disebabkan oleh pengoperasian cincin focus yang tidak disengaja. Ini akan sangat berguna untuk pengambilan gambar dengan teknik long exposure.

Sigma 14mm F1.4 Art

Fitur Lens Heater Retainer juga tersedia. Fitur ini bisa berguna untuk mencegah terjadinya kondensasi pada lensa saat suhu menurun. Paling unik adalah tutup lensa. Sigma merancang tutup lensanya dengan sistem penguncian khusus dan slot untuk menyimpan filter lensa.

Sigma 14mm F1.4 Art membawa 19 elemen lensa dalam 15 grup. Termasuk, tiga elemen super low dispersion, satu elemen lensa “F” low dispersion dan empat elemen lensa asperikal. Lensa ini juga ditambahkan lapisan khusus untuk mencegah efek kabur dan pantulan cahaya.

Meski dirancang khusus untuk astrofotografi, dengan jarak fokal 14mm lensa ini juga ideal untuk memotret lanskap, arsitektur hingga interior. Tapi, untuk kompatibilitasnya hanya untuk kamera mirrorless dengan sensor full frame.

Saat ini14mm F1.4 Art hanya tersedia model E-mount untuk mirrorless Sony dan L-Mount untuk mirrorless full frame Sigma, Leica dan Panasonic.

Harga Sigma 14mm F1.4 Art

Lensa ini rencananya akan tersedia di akhir bulan Juni 2023. Harga jualnya US$1599 atau sekitar 23 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Masuk di koleksi lensa Art kualitasnya tidak perlu lagi diragukan. Lensa ini wajib dinantikan kehadirannya untuk para pengguna yang membutuhkan lensa prime wide angle dengan bukaan diafragme besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button