Quantcast
KomputerMobile GadgetNewsTech News

Mediatek Perkenalkan Jajaran Chipset untuk Smartphone, Chromebook dan Perangkat IoT

Mediatek menggelar acara Media Gathering pertama di tahun 2023 dengan awak media di Indonesia. Di acara ini Mediatek memamerkan sederetan inovasi chipset teranyarnya yang semakin variatif untuk beragam perangkat.

Mediatek Media Gathering 2023

MediaTek Dimensity

Dimulai dari chipset untuk smartphone MediaTek Dimensity. Beberapa waktu lalu chipset Dimensity 9200+ resmi diperkenalkan dan merupakan salah satu chipset kelas atas.

Mediatek Media Gathering 2023

Chipset ini adalah versi pembaruan dari Dimensity 9200 sebelumnya. Peningkatan ada di sektor performa dan efisiensi daya. Dimensity 9200+ lebih kencang dengan menawarkan peningkatan performa CPU sekitar 10% dan GPU 17% dari Dimensity 9200.

Mediatek Media Gathering 2023

Paling menarik dari chipset ini ada di kemampuan AI atau kecerdasan buatan. Menurut Finbarr Moynihan, VP Corporate Marketing Mediatek, AI di chipset Dimensity 9200+ kini semankin andal untuk foto dan video.

Mediatek Media Gathering 2023

Selain Dimensity 9200+, chipset lain seperti Dimensity 9200, Dimensity 8200 dan Dimensity 7200 juga hadir untuk menjadi otak smartphone kelas flagship di tahun ini.

Mediatek Kompanio

Di acara ini Mediatek juga memperkenalkan chipset untuk perangkat chromebook yakni Mediatek Kompanio. Ada tiga varian prosesor yang tersedia yakni Kompanio 500 Series untuk kelas entry, 800 Series untuk kelas menengah dan 1000 Series untuk kelas premium.

Mediatek Media Gathering 2023

Kompanio adalah solusi prosesor untuk chromebook dengan desain tipis dan ringan. Selain itu, prosesor ini juga menawarkan daya tahan baterai lebih lama dan performa lebih kencang jika dibandingkan prosesor untuk chromebook lain sekelasnya.

Kabar baiknya, di tahun ini chromebook yang ditenagai Kompanio juga akan hadir di Indonesia. Beberapa vendor PC lokal yang siap menghadirkan chromebook dengan prosesor ini adalah Axioo, Advan, Evercoss, SPC dan Zyrex.

Mediatek Genio

Mediatek Media Gathering 2023

Terakhir adalah chipset Mediatek Genio. Berbeda dengan dua chipset sebelumnya, chipset ini diperuntukkan untuk perangkat IoT untuk segmen komersial.

Chipset Genio menawarkan performa multi core yang kencang dan tetap hemat daya. Selain itu, chipset ini juga mendukung sistem operasi dan sistem keamanan yang bisa diperbarui, konektivitas WiFi dan 5G, serta SDK yang mudah dikembangkan menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button