Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNewsProduct News

Sony ZV-1 II: Kamera Saku Pertama dengan Sensor 1-inci dan Lensa 18-50mm

Sony kembali meluncurkan kamera saku untuk vlogging. Sony ZV-1 II resmi diumumkan dengan membawa pembaruan di sektor lensa. Jadi, semakin mumpuni untuk membuat konten vlog.

Sony ZV-1 II

Spesifikasi Sony ZV-1 II

Di sektor desain ZV-1 II masih terlihat mirip dengan generasi pertamanya. Tapi, bobotnya sedikit lebih ringan. Membawa modul lensa baru bobot ZV-1 II sekitar 266 gram. Sementara, bobot ZV-1 267 gram.

Sony ZV-1 II

Sensor yang digunakan juga sama. ZV-1 II tetap mempertahankan sensor stacked Exmor RS 1 inci yang resolusinya 20.1 megapixel dan prosesor Bionz X. Spesifikasinya tersebut memungkinkan ZV-1 II merekam video hingga resolusi 4K 30p. Kamera ini juga bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 24 fps. Jadi, performa foto dan videonya di atas kertas akan tetap sama seperti ZV-1 generasi pertamanya.

Perbedaan paling signifikan memang hanya di lensa saja. ZV-1 II adalah kamera saku dengan sensor 1-inci pertama yang membawa lensa wide angle zoom 18-50mm F/1.8-4. Lensa ini menggantikan lensa 24-70mm F/1.8-2.8 di ZV-1.

Sony ZV-1 II

Lensa ZV-1 II memang lebih lebar di 18mm yang akan lebih ideal untuk pengambilan gambar vlog menggunakan satu tangan. Tapi, rentang zoom-nya lebih pendek dengan maksimum di 50mm. Sebagai solusinya Sony menyematkan fitur zoom digital Clear Image Zoom yang bisa menambah jangkauan lensa ini dari 50mm menjadi 100mm.

Pembaruan kemudian merambat di sektor audio. ZV-1 II dilengkapi sistem audio dengan tiga kapsul mikrofon untuk merekam suara. Sama seperti di ZV-1. Bedanya, kapsul mikrofon tersebut diperbarui dengan dukungan tiga opsi pengaturan perekaman suara dari arah depan, belakang atau segala arah.

Untuk fitur lain di ZV-1 II tersedia dukungan proful S-Log2 dan S-Log3, ND filter terintergrasi, 10 preset Creative Look, dan dilengkapi sistem autofocus Hybrid yang cepat.

Harga Sony ZV-1 II

ZV-1 II akan mulai tersedia di bulan Juni 2023. Harga jualnya US$900 atau sekitar 13 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Memang tidak banyak pembaruan yang dibawa kamera ini. Tapi, dengan lensa 18-50mm yang sangat lebar dan beragam fitur vlogging yang komplit Sony ZV-1 II tetap lebih baik dari generasi pertamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button