Quantcast
KomputerNewsPC DesktopProduct News

Zotac ZBOX Pico PI430AJ: Mini PC Pertama dengan Teknologi Pendingin AirJet

Zotac mengumumkan mini PC ZBOX Pico PI430AJ. Ini adalah mini PC pertama di dunia yang mengadopsi teknologi pendingin AirJet yang sangat inovatif.

Zotac ZBOX Pico PI430AJ

Spesifikasi Zotac ZBOX Pico PI430AJ

ZBOX Pico PI430AJ hadir dengan dimensi hanya 115 x 76 x 22mm. Umumnya mini PC seukurannya tidak dilengkapi dengan sistem pendingin.

Inilah yang membuat ZBOX Pico PI430AJ berbeda seperti mini PC pada umumnya. Mini PC dengan prosesor Intel Core i3-N300 ini membawa teknologi sistem pendingin AirJet dari Frore yang diperkenalkan awal tahun 2023.

Zotac ZBOX Pico PI430AJ

Teknologi AirJet sangat revolusioner. Pasalnya, teknologi ini tidak menggunakan kipas pendingin seperti sistem pendingin konvensional. Tanpa menggunakan kipas teknologi AirJet kinerjanya juga lebih senyap.

AirJet mengandalkan chip pendingin. Chip ini langsung dipasang ke atas komponen yang perlu didinginkan seperti misalnya prosesor atau kartu grafis.

Zotac ZBOX Pico PI430AJ

Cara kerjanya sangat unik. Modul chip AirJet memiliki membran kecil yang akan bergetar. Dengan begitu aliran udara panas akan ditarik ke bagian bawah modul. Kemudian, aliran udara panas akan keluar melalui sisi modul untuk didorong keluar melalui sistem ventilasi yang ada di komputer.

Zotac ZBOX Pico PI430AJ

Menurut Zotac, di ZBOX Pico PI430AJ bisa ditemukan dua chip AirJet. Masing-masing chip tersebut bobotnya hanya 11 gram. Jadi, tidak akan mempengaruhi bobot mini Pc ini secara keseluruhan.

Fitur lain ZBOX Pico PI430AJ mendukung penggunaan RAM LPDDR5 hingga besaran 16GB, tersedia slot M.2 untuk ruang penyimpanan SSD, dan dilengkapi port konektivitas yang lengkap. Termasuk, satu port USB-C, USB-A 3.2, microSD, HDMI, DisplayPort, 3.5mm Audio dan Ethernet.

Harga Zotac ZBOX Pico PI430AJ
ZBOX Pico PI430AJ rencananya akan mulai tersedia di pasaran kuartal keempat tahun 2023. Perkiraan harganya ada di kisaran US$500 atau sekitar 7,4 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Teknologi pendingin AirJet memang masih baru dan menjanjikan. Tapi, teknologi ini belum banyak diadopsi ke perangkat. Debutnya di Zotac ZBOX Pico PI430AJ jelas menjadi kabar baik dan wajib ditunggu kehadirannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button